Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat

Sri Tatminingsih(1Mail),
(1) Universitas Terbuka, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Sri Tatminingsih

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-02-20
Published : 2019-07-30

Abstract


Masa usia TK merupakan masa bagi seseorang untuk belajar bersosialisasi dan mengelola emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan kemampuan sosial emosional anak usia TK di Nusa Tenggara Barat. Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan alat pengumpulan data berupa instrument asesmen kemampuan sosial emosional yang terdiri dari 37 item indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sampel adalah anak-anak TK kelompok B dari 10 TK Pembina di Kabupaten/Kota di Seluruh NTB dengan total jumlah responden sebanyak 339 anak. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan Bulan Juli-September 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan sosial-emosional anak usia TK kelompok B di NTB berada pada tingkat mampu dengan sedikit bantuan artinya rata-rata anak sudah memiliki potensi untuk berkembang dengan baik namun dalam beberapa hal masih perlu bimbingan dan contoh dari gurunya.


Keywords


kemampuan sosial-emosional; anak usia dini; nusa tenggara barat

References


Dodge and Colker. (2001). The Creative curriculum for Early Chilhood. Washington: Teaching Strategies. Inc.

Agustriana, N. (2013). Pengaruh Metode Edutainment dan Konsep Diri terhadap Keterampilan Sosial Anak (Eksperimen di Kelompok A TK Auladuna Bengkulu tahun 2013). Jurnal. Pendidikan Usia Dini Volume 7 No. 2 November . Jakarta: Universitas negeri jakarta.

Ananda and Fadhilaturrahmi. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2 No 1. Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Berk, L. E. (2006:396). Child Development. Seven Ed. Boston: Pearson International Edition.

Fitria, A. (2013). Pendidikan Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kompasiana: https://www.kompasiana.com/anis_fitria/55207d42a33311b14646cfad/pendidikan-taman-kanak-kanak-tk.

Hurlock, E. B. (1997: 268). Child Development 6thEd. Tokyo: McGraw Hill Inc.International Student Ed.

Indonesia, P. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah. Jakarta: Kementerian Sekertaris negara Indonesia.

Klaus, S. (2016). Early-Childhood-Development Research Is 'Unassailable'. Journal of Education Week Commentary Vol. 35, Issue 25,, 21-25.

M.Sim, & K.Brettig. (2018). Early childhood education and early childhood development: Do the differences matter? . Journal of Power and Education 0 (0), 1-13.

Moss, P. (2019). Alternative Narratives in Early Childhood,. London: UCL Institute of Education, University College London.

Papalia, D. E. (2008). A Child’s World. New York: McGraw-Hills Publishing Company.

Rezka A. Rahma, dkk. (2018). The Social Emotional Development of Homeschooling Children. Journal of Nonformal Education, JNE Vol 4 (2), 151-160.

Robbiyah, Ekasari and Witarsa. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak USia Dini Vol 2 No 1 . Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Saodih, E. (2013:16). Pengembangan Prilaku Sosial-Emosional Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Layanan Bimbingan Konseling Perkembangan. Bandung : Direktori-FIP-Jur PGTK.

Shulamit N. Ritblatt, et.al. (2017). Investing in the Early Childhood Mental Health Workforce Development: Enhancing Professionals' Competencies to Support Emotion and Behavior Regulation in Young Children. Journal of Brain Sciences 7 (120), 1-19.

Syamsuddin. (2000). Psikologi Pendidikan (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tatminingsih, S. (2016). Pengembangan model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sosial-emosional Anak (Studi di TK Islam Fithria Jakarta Selatan), Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 113 times
 PDF Downloaded : 61 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.