Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini

Author


Hidayatu Munawaroh(1Mail), Mohammad Fauziddin(2), Sri Haryanto(3), Afifah Eka Yulia Widiyani(4), Shinta Nuri(5), Robingun Suyud El-Syam(6), Salis Wahyu Hidayati(7),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Alqur’an, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Alqur’an, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Alqur’an, Indonesia(4)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Alqur’an, Indonesia(5)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia(6)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sains Alqur’an, Indonesia(7)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 534KB]  Language: id
Published : 2022-04-08
Copyright (c) 2022 Hidayatu Munawaroh

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 532 times PDF Downloaded: 558 times

Abstract


Media pembelajaran bahasa daerah yang menarik akan membuat siswa lebih mudah mengingat materi yang disampaikan  oleh guru serta menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap bahasa daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pada anak usia dini melalui multimedia interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapati bahwa pembelajaran bahasa daerah pada anak usia dini masih kurang, karena pendidik masih menggunakan metode pembelajaran yang membosankan dan media pembelajaran yang kurang menarik, dan penggunaan multimedia interaktif sangat berpengaruh dalam pembelajaran bahasa daerah pada anak. Implikasi dari penelitian ini adalah produk game education ini dapat menjadi solusi atas permasalahan pada pembelajaran daring, karena media ini bersifat fleksibel dan bisa membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi.


Keywords


pembelajaran; bahasa daerah; multimedia interaktif

References


Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20-26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 5, Issue 1). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anqk Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. PGPAUD Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 8(ISSN: 2655-870X), 50-58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965-1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Budhiono, R. H. (2009). Bahasa Ibu (Bahasa Daerah) Di Palangkaraya: Pergeseran Dan Pemertahanannya. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 195. https://doi.org/10.14421/ajbs.2009.08110

Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229

Haanuddin, S. M. (2017). Pembelajaran huruf Hijaiyah bagi anak usia dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 175-188.

Holida, S. M., Alawiyah, T., & Sutisna, H. (2016). Penerapan Animasi Interaktif dalam Pengenalan Aksara Sunda. Jurnal Informatika, 1(2). https://doi.org/10.31311/ji.v1i2.39

Hulukati, W., Rahim, M., & Djafar, Y. (2017). Pembelajaran Bahasa Daerah Gorontalo Pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 81-88. https://doi.org/10.21009/JIV.1201.8

Karmila, M., & Purwadi. (2015). "Pembelajaran Bahasa untuk Anak Usia Dini." UPT Penerbit Universitas PGRI Semarang Press.

Kompas.com. (2021). Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah, Ini Faktor Pemicunya. https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/24/183300423/bahasa-daerah-di-indonesia-terancam-punah-ini-faktor-pemicunya?page=all

M, R., Nurlina, N., Lilianti, L., Usman, U., Risnajayanti, R., Salma, S., & Amaliah, W. O. S. (2021). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527-1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802

Muflihah. (2014). Pentingnya Peran Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(2), 337.
https://doi.org/10.21043/thufula.v2i2.4642

Mulyaningsih, I. (2015). Pemerolehan Bahasa Anak Pada Usia 4 Tahun Dengan Whole Language. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2). https://doi.org/10.24235/awlady.v1i2.741

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369-380. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164-1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Na'imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564-2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nurlaila, M. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah (Ciacia) terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia 2 Sampai 6 di Desa Holimombo Jaya. Jurnal Retorika, 9(2), 90-163. https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3801

Pemerintah RI. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Fauziah, S. (2019). Media Compact Disk Interaktif Berbudaya Sehat untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 377. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.149

Putri, T. U., Israwati, & Hijriati. (2019). Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Metode Main Peran di PAUD Nurul Iman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(4), 11-15.

Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 195-202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195

Rahman, A. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 Sd Inpres Maki Kecamatan Lamba-Leda Kabupaten Manggarai. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 71-79. https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a3.2016

Rozalena, R., Kristiawan, M., Kristiawan, R., & Muhammad. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76-86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155

Sumarwati. (2018). Santun Berbahasa Di Media Sosial : Simbol Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Linguistik, 1-12. https://www.kompasiana.com/mansar/5bf80a41aeebe10ad3654113/santun-berbahasa-di-media-sosial-kajian-linguistik-forensik?page=all&page_images=1

Supardi, A. (2014). Inovasi dalam pemenuhan kebutuhan bahan ajar suplemen diharapkan mampu mengurangi rendahnya minat baca. Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar, 1(2), 161-167. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/749

Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Keteladanan K.H Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2506-2518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2167

Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799-1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Tri Widyahening, C. E., & Sufa, F. F. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135-1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1638

Yuliah, S., Bakhti, K. Y., & Setiawan, D. (2016). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahasa Inggris Melalui Iklan Lowongan Pekerjaan Di Media Cetak. Jurnal Bahasa Inggris Terapan, 2(2), 39-51. https://doi.org/10.35313/jbit.v2i2.1290


Refbacks

  • There are currently no refbacks.