Increasing Religious Value through Singing Methods to Students of Kindergarten

Riwayati Zein(1Mail), Sukmayanti Sukmayanti(2),
(1) Prodi PG-PAUD STKIP Adzkia Padang, Indonesia
(2) Prodi PG-PAUD STKIP Adzkia Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Riwayati Zein, Sukmayanti Sukmayanti

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.16

Full Text:    Language : en
Submitted : 2018-07-07
Published : 2018-06-10

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai respon terhadap masalah bahwa pembelajaran siswa TK Adzkia V Padang dalam nilai-nilai agama berdasarkan masih rendah. Sementara itu, nilai-nilai agama adalah salah satu aspek yang perlu dirangsang dalam mengajar siswa TK di kelas B. Masalah yang ditemukan di lapangan adalah: 1) Hanya 5 anak yang dapat sembahyang dan 11 siswa lainnya tidak dapat berdoa dan mengangkat tangan mereka sambil berdoa. 2) Dalam praktek sholat 6 anak dapat melakukan dengan baik sedangkan 10 anak lainnya melakukan sholat yang terburu-buru bahkan berteriak-teriak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan nilai-nilai agama melalui metode nyanyi dalam mengajar siswa TK B Adzkia V Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Desain setiap siklus dilakukan dalam 5 pelajaran melalui empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Dengan demikian, data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil siklus II menunjukkan peningkatan nilai agama anak cukup signifikan hingga mencapai 90% dan penelitian dinyatakan berhasil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian metode nyanyi dapat meningkatkan nilai-nilai agama anak-anak di taman kanak-kanak B Adzkia V Padang.


Keywords


Nilai-nilai agama; metode Menyanyi

References


Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal Of Early Childhood Education, 1(1), 19-31. doi:10.31004/obsesi.v1i1.22

Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Armstrong, Thomas. 2009. Multiple Intelligences in The class Room. Alexandria : ASCD Publication Press.

Berk, Laura E. 2006. Child Development. London: Prentice Hall, Inc.

Busthomi, Yazid. 2012. Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Bandung : Citra Publishing.

Hadis Riwayat Muslim. 2009.Syarah Riyadhus Shalihin, Jilid 2 Cetakan 2. Jakarta : Darussalam Press.

Hidayat,Otib Hidayat.2004. Metode PengembanganMoral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Kamtini dan Husni Wardi Tanjung. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu. Jakarta : DIKTI Direktorat Pembinaan Tenaga Pendidik dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam melalui Bermain pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). Jurnal Obsesi : Journal Of Early Childhood Education, 2(2), 8-17. doi:10.31004/obsesi.v2i2.52

Moeslichatoen. 2005. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Masitoh. 2005. Strategi Pembelajaran di TK. Jakarta; Universitas Terbuka

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Formal. Jakarta : Kemendikbud.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yokjakarta : Pustaka Pelajar.

Rachmawati, Yeni. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitad pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : DIKTI Direktorat Pembinaan Tenaga Pendidik dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sayyid,Sabiq, M. 1994.Terjemah Fiqih Sunnah. Jilid 4 cetakan I. Bandung: PT Al Ma’rif.

Whorthman, Sue C. 2005. Assessment in Early Childhood Education Fourth Edition. New Jersey:Pearson Education.


Article Metrics

 Abstract Views : 133 times
 PDF Full Text Downloaded : 203 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.