- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Manajemen Soft skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1584Keywords:
kualitas lembaga paud, manajemen soft skills, guru paudAbstract
Kualitas lembaga PAUD menjadi faktor kunci bagi kualitas pendidikan bagi anak usia dini. Guru memiliki posisi strategis bagi pencapaian lembaga PAUD yang bermutu. Guru yang ideal harus memiliki kapasitas hard skills dan soft skills yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan memberikan penguatan atas kemampuan soft skills guru PAUD untuk mendorong peningkatkan kualitas lembaga PAUD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan pada sebuah TK Swasta Unggulan di Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Partisipan yang bersedia terlibat dalam penelitian ini sebanyak 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama tercapainya kualitas lembaga PAUD berasal dari kompetensi soft skills guru, meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, maupun profesionalitas. Oleh karena itu, sangat diperlukannya manajemen soft skills bagi guru PAUD. Manajemen Soft Skills berdampak pada peningkatan kemampuan soft skills guru dan kualitas lembaga PAUDDownloads
References
Agustina, P., & Mukarromah, T. T. (2021). Efektivitas Teknik Modifikasi Perilaku Token. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(3), 235-241.
Alwi, B. M., Ramadani, S., Suhanir, S., Safira, Z., & Herma, T. (2018). Manajemen Peserta Didik Pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do'a Ibu. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6906
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 366. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151
Elliott, A. (2006). Early Childhood Education: Pathways to Quality and Equity for All Children. In Australian Council for Education Research.
Febrialismanto. (2017). Kompentensi Profesional, Guru Pg Paud Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121-136.
https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700
Hassan, A., Maharoff, M., Zainal Abiddin, N., SUPER, To, S., Progress, A. R., … Yadav, A. (2013). Soft Skills Competency Tool for Secondary Teachers in Strengthening Effective. University of Portland, USA, 2(March), 146-155.
https://doi.org/10.11114/jets.v2i3.455
Huberman, A., & Miles, M. (2012). Understanding and Validity in Qualitative Research. In The Qualitative Researcher's Companion. https://doi.org/10.4135/9781412986274.n2
Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Jakarta.
Khoeroni, F., & Tengah, J. (2018). Problematika Soft Skills.
Laureta, B., Zealand, N., & College, T. (2019). Encouraging the development of soft skills through play. He Kupu, 6(2), 26-29. Retrieved from https://www.hekupu.ac.nz/article/encouraging-development-soft-skills-through-play
Lisnawati, I. (2018). The Professionalism of Indonesian Teachers in The Future. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning). https://doi.org/10.26737/jetl.v1i1.458
Luo, W., Berson, I. R., Berson, M. J., & Li, H. (2021). Are early childhood teachers ready for digital transformation of instruction in Mainland China? A systematic literature review. Children and Youth Services Review, 120(June 2020), 105718. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105718
Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah.
Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Kartini, K. S., & ... (2020). Peningkatan Softskill Ict Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Dan Sosial Media. JMM (Jurnal …, 4(4), 6-9. https://doi.org/doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2081
Robbie, I., & Marsudi, M. (2021). Penerapan Manajemen Kinerja Berbasis 3C (Communication, Collaboration and Creativity) Dalam Membentuk Karakter Pada Guru Paud dan TK di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Wisata Batu. Jurnal Pengabdi, 4(1), 13. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.42317
Sofia, A., & Yulista, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Motivasi Kerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 12-18. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3445
Sukamto, Y., & Pardjono, P. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Andalan Di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 165. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12917
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Sumiyati. (2020). Pelatihan soft skill untuk meningkatkan kualitas dan mutu layanan PAUD di Desa Ngagel,. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 31-42.
https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2425
Sutarmanto. (2019). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendiidkan, 16-31.
Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Yuniendel, R. K. (2018). Kontribusi Soft Skill dan Hard Skill dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 48-59. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i1.286
Yusutria. (2017). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 40. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2026
Yusutria. (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan Fungsi Manajemen Di Pondok Pesantren Thawalib Padang Sumatera Barat. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, vii(2), 84-95. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3833