Manajemen Soft skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD

Author


Upik Elok Endang Rasmani(1Mail), Anayanti Rahmawati(2), Warananingtyas Palupi(3), Jumiatmoko Jumiatmoko(4), Nurul Shofiatin Zuhro(5), Anjar Fitrianingtyas(6),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(4) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(5) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(6) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 264KB]  Language: id
Available online: 2021-07-22  |  Published : 2021-07-22
Copyright (c) 2021 Upik Elok Endang Rasmani, Anayanti Rahmawati, Warananingtyas Palupi, Jumiatmoko Jumiatmoko, Nurul Shofiatin Zuhro, Anjar Fitrianingtyas
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 110 times PDF Downloaded: 25 times

Abstract


Kualitas lembaga PAUD menjadi faktor kunci bagi kualitas pendidikan bagi anak usia dini. Guru memiliki posisi strategis bagi pencapaian lembaga PAUD yang bermutu. Guru yang ideal harus memiliki kapasitas hard skills dan soft skills yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan memberikan penguatan atas kemampuan soft skills guru PAUD untuk mendorong peningkatkan kualitas lembaga PAUD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan pada sebuah TK Swasta Unggulan di Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Partisipan yang bersedia terlibat dalam penelitian ini sebanyak 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama tercapainya kualitas lembaga PAUD berasal dari kompetensi soft skills guru, meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, maupun profesionalitas. Oleh karena itu, sangat diperlukannya manajemen soft skills bagi guru PAUD. Manajemen Soft Skills berdampak pada peningkatan kemampuan soft skills guru dan kualitas lembaga PAUD

Keywords


kualitas lembaga paud; manajemen soft skills; guru paud

References


Agustina, P., & Mukarromah, T. T. (2021). Efektivitas Teknik Modifikasi Perilaku Token. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(3), 235-241.

Alwi, B. M., Ramadani, S., Suhanir, S., Safira, Z., & Herma, T. (2018). Manajemen Peserta Didik Pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do'a Ibu. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6906

Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 366. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151

Elliott, A. (2006). Early Childhood Education: Pathways to Quality and Equity for All Children. In Australian Council for Education Research.

Febrialismanto. (2017). Kompentensi Profesional, Guru Pg Paud Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121-136.
https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700

Hassan, A., Maharoff, M., Zainal Abiddin, N., SUPER, To, S., Progress, A. R., … Yadav, A. (2013). Soft Skills Competency Tool for Secondary Teachers in Strengthening Effective. University of Portland, USA, 2(March), 146-155.
https://doi.org/10.11114/jets.v2i3.455

Huberman, A., & Miles, M. (2012). Understanding and Validity in Qualitative Research. In The Qualitative Researcher's Companion. https://doi.org/10.4135/9781412986274.n2

Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Jakarta.

Khoeroni, F., & Tengah, J. (2018). Problematika Soft Skills.

Laureta, B., Zealand, N., & College, T. (2019). Encouraging the development of soft skills through play. He Kupu, 6(2), 26-29. Retrieved from https://www.hekupu.ac.nz/article/encouraging-development-soft-skills-through-play

Lisnawati, I. (2018). The Professionalism of Indonesian Teachers in The Future. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning). https://doi.org/10.26737/jetl.v1i1.458

Luo, W., Berson, I. R., Berson, M. J., & Li, H. (2021). Are early childhood teachers ready for digital transformation of instruction in Mainland China? A systematic literature review. Children and Youth Services Review, 120(June 2020), 105718. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105718

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah.

Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Kartini, K. S., & ... (2020). Peningkatan Softskill Ict Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Dan Sosial Media. JMM (Jurnal …, 4(4), 6-9. https://doi.org/doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2081

Robbie, I., & Marsudi, M. (2021). Penerapan Manajemen Kinerja Berbasis 3C (Communication, Collaboration and Creativity) Dalam Membentuk Karakter Pada Guru Paud dan TK di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Wisata Batu. Jurnal Pengabdi, 4(1), 13. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.42317

Sofia, A., & Yulista, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Motivasi Kerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 12-18. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3445

Sukamto, Y., & Pardjono, P. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Andalan Di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 165. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12917

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Sumiyati. (2020). Pelatihan soft skill untuk meningkatkan kualitas dan mutu layanan PAUD di Desa Ngagel,. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 31-42.
https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2425

Sutarmanto. (2019). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendiidkan, 16-31.

Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Yuniendel, R. K. (2018). Kontribusi Soft Skill dan Hard Skill dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 48-59. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i1.286

Yusutria. (2017). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 40. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2026

Yusutria. (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan Fungsi Manajemen Di Pondok Pesantren Thawalib Padang Sumatera Barat. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, vii(2), 84-95. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3833


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.