Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik

Author


Rosyida Nurul Anwar(1Mail), Mulyadi Mulyadi(2), Achmad Khudori Soleh(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Madiun, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Malang, Indonesia(2)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Malang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 249KB]

Published : 2022-02-04

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1012 times PDF Downloaded: 386 times

Abstract


Kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan melakukan perubahan untuk mencapai performa lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan transformasional kepala PAUD meningkatkan mutu pendidik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala PAUD untuk meningkatkan mutu pendidik melalui empat aspek yakni: Idealized influence yang ditunjukkan melalui keteladanan, kewibawaan, menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, semangat tinggi dan keteguhan dalam menjalankan komitmen, etos kerja serta sikap religius. Inspirational motivation melalui perilaku yang memotivasi pendidik untuk terus berupaya meningkatkan kinerja dengan standar yang menjadi tugas pokok pendidik. Intellectual stimulation dengan kegiatan pengembangan wawasan pendidik seperti pelatihan dan pendidik, seminar, worksop. Individualized consideration melalui pemberian perhatian secara personal kepada pendidik dengan cara perenungan, pertimbangan dengan proses berfikir serta indentifikasi kebutuhan para pendidik.


Keywords


kepemimpinan transformasional; kepala PAUD; mutu pendidik

References


Anwar, R. N. (2019). Motivasi Belajar Baca Tulis Al Quran Pada Ibu Rumah Tangga Di TPQ Anwarul Qulub Sidorejo. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, (April), 162-166. Malang: Universitas Negeri Malang.

Anwar, R. N. (2021). Management of Islamic Religious Education Learning in Children with Special Needs. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 539-548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.971

Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019a). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari. Conference on Research & Community Services, 51-56. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019b). Manajemen Sumber Daya Manusia Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari (Studi Kasus Pengembangan Guru). Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2), 1-12. https://doi.org/10.33474/thufuli.v1i2.4876

Anwar, R. N., & Umar, M. (2021). Motivasi Guru Dalam Bekerja Perspektif Islam. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 296-302.

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56-66.

Aqib, Z. (2017). Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan Melalui Akreditasi Sekolah. Jurnal Annaba, 3(2).

Bass, B. M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectations. New York: Free Press.

Bass, B. M. (1988). Evolving Perspectives On Charismatic Leadership. San Fransisco: Josey-Bass.

Bass, B. M. (1990). Bass & Stogdill's Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Application. New York: Free Press.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1993). Transformational Leadership And Organizational Culture. Spring, 17(1), 112-121.

Berson, Y., & Avolio, B. J. (2004). Transformational Leadership And The Dissemination Of Organizational Goals: A Case Study Of A Telecommunication Firm. Leadership Quarterly, 15(5), 625-646. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2004.07.003

Boyd, M. (2013). " I love My Work But …" The Professionalization of Early Childhood Education. The Qualitative Report, 18(36), 1-20.

Brata, D. P. N. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter (Studi Multisitus di SMKN 1 Kota Jombang, SMKN 1 Kota Mojokerto, dan SMKN Sooko Kabupaten Mojokerto), Disertasi Doktor. Universitas Negeri Malang.

Burns, J. M. (1978). Leadership. New York: Free Press.

Cikita, N. P. (2018). Studi Kualifikasi Akademik Guru Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(7), 658-667.

Eyal, O., & Roth, G. (2011). Principals' leadership and Teachers' Motivation Self-Determination Theory Analysis. Journal of Educational Administration, 49(3), 256-275.
https://doi.org/10.1108/09578231111129055

Fadhli, M. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Dalam Menciptakan Sekolah Efektif. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 23-44.

Gumusluoglu, L., & Ilsev, A. (2009). Transformational Leadership, Creativity, And Organizational Innovation. Journal of Business Research, 62(4), 461-473. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.07.032

Hafidz, A. Y. N. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Berciri Agama Islam di Kota Banjarmasin (Studi Multi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah, Sekolah Dasar Muhammadiyah 10 dan Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin), Disertasi Doktor. Universitas Negeri Malang.

Herminingsih, A. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Budaya Organisasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Dan Kewirausahaan "Optimal," 5(1), 22-37.

Hoy, W. K., & Miskey, C. G. (2013). Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York: MCGraw Hill.

Istiqomah, L. (2017). Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah Dalam Pembinaan Paud. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 57-66. https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-05

Jung, D. I. (2001). Transformational And Transactional Leadership And Their Effects On Creativity In Groups. Creativity Research Journal, 13(2), 185-195. https://doi.org/10.1207/S15326934CRJ1302_6

Kartono, K. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan: Aapakah Kepemimpinan Abnormal itu? Jakarta: Rajawali Press.

Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. , Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini § (2014).

Kosasih, A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Serta Implikasinya Pada Kinerja Pegawai PDAM Di Provinsi Banten, Disertasi Doktor. Universitas Pasundan.
https://doi.org/10.31000/jgcs.v1i2.442

Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2017). The Leadership Challenge: How to Make Extraordinary Things Happen in Organizations (6th ed.). Hoboken: Wiley.

Lickona, T. (1992). Educating for Character How Our Schools and Responsibility. New York: Bantam Books.

Machasin. (1996). Menyelami Kebebasan Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marginingsih, R. (2016). Kepemimpinan Karismatik Sebagai Employer Branding. Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(2), 32-51.

Maris, I. S., Komariah, A., & Abubakar. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2), 173-188.

Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud No 137 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (No. 137). Jakarta.

Mohammad Muchlis, S. (2007). Fitrah; Konsep Dan Pengembangannya Dalam Pendidikan Islam. Tadrîs, 2(2), 236-249.

Muhardi. (2005). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, XX(4), 478-492. Retrieved from https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.153

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Rosdakarya.

Nguyen, T. T., Mia, L., Winata, L., & Chong, V. K. (2016). Effect Of Transformational-Leadership Style And Management Control System On Managerial Performance. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.08.018

Nurhaya. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 4 Sungai Nilam Jawai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11), 1-10. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1012

Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13-24. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.646

Priansa, D. . (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru Fokus pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, Sekolah dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Saifulloh, S. (2010). Etos Kerja Dalam Perspektif Islam. Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 54-69. https://doi.org/10.12962/j24433527.v3i1.654

Sakdiah. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam ( Kajian Historis Filosofis ) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan, 22(33), 29-49.

Saleh, A. R., & Utomo, H. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Di Pt. Inko Java Semarang. Among Makarti, 11(1), 28-50. https://doi.org/10.52353/ama.v11i1.160

Setiawan, B. A., & Muhith, A. (2013). Transformational Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Smith, K., Hodson, E., & Brown, T. (2013). Teacher Educator Changing Perceptions of Theory. Educational Action Research, 21(2), 237-252. https://doi.org/10.1080/09650792.2013.789723

Sosik, J. J., Kahai, S. S., & Avolio, B. J. (1998). Transformational Leadership And Dimensions Of Creativity: Motivating Idea Generation In Computer-Mediated Groups. Creativity Research Journal, 11(2), 111-121. https://doi.org/10.1207/s15326934crj1102_3

Sumual, T. E. M. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Negeri Manado. Jurnal Mimbar, 31(1), 71-80.
https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i1.1296

Wahyusumidjo. (2011). Kepemimpian Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Press.

Wang, H. J., Demerouti, E., & Le Blanc, P. (2017). Transformational Leadership, Adaptability, and Job Crafting: The Moderating Role of Organizational Identification. Journal of Vocational Behavior, 100, 185-195. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2017.03.009

Yunus, S. (2017, November 24). Mengkritisi Kompetensi Guru. Detik News.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.