- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penguatan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572Keywords:
moderasi beragama, anak usia dini, radikalismeAbstract
Gerakan radikalisme terus berkembang dan merambah pada kalangan anak usia dini. Polemik radikalisme pada anak usia dini juga muncul di lembaga formal. Penataan pendidikan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh melalui penguatan Islam yang moderat pada anak sejak dini agar terhindar dari paham radikal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman upaya penguatan moderasi beragama pada anak usia dini sebagai upaya pencegahan radikalisme. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yakni reduksi data, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama pada anak usia dini meliputi empat aspek moderasi beragama yaitu penanaman komitmen kebangsaan, penguatan toleransi, anti kekerasan, dan pengenalan dan pelestarian kebudayaan lokal. Menguatkan moderasi beragama perlu diajarkan pada anak sejak dini agar anak mampu memiliki sifat-sifat moderat dan mencegah terjadinya radikalisme di masa yang akan datang.
Downloads
References
Al-Asfahaniy, A.-A. al-R. (2009) MufradÄt al-Fadz al-Qur'an. Beirut: Darel Qalam.
Alfina, A. and Anwar, R. N. (2020) 'Manajemen Sekolah Ramah Anak PAUD Inklusi', Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), pp. 36-47.
https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975
Anwar, R. N. (2021a) 'Keterlibatan Orangtua dalam Membentuk Disiplin Ibadah Sholat Anak Usia Dini di Era New Normal', in KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana, pp. 1-7.
Anwar, R. N. (2021b) 'Management of Islamic Religious Education Learning in Children with Special Needs', Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 539-548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.971
Anwar, R. N. (2021c) 'Mengelola Stres Mengasuh Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid-19 Perspektif Islam', in Seminar Nasional Prasekolah, Sekolah Dasar Dan Manajemen Pendidikan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat, pp. 135-140.
Anwar, R. N. (2021d) 'Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme', Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2), pp. 155-163.
Anwar, R. N. and Azizah, N. (2020) 'Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam', Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), pp. 1-9.
https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i2.8966
Anwar, R. N. and Muhayati, S. (2021) 'Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum', Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), pp. 1-15.
Anwar, R. N. and Zaenullah (2020) 'Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus', Jurnal Care, 8(1), pp. 56-66.
Arifin, Z. and Rizal, S. (2017) 'Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah', Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 12(1), pp. 79-91.
Arriani, F. (2014) 'Perilaku Agresif Anak Usia Dini', Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), pp. 263-274.
Asrori, S. (2019) 'Mengikuti Panggilan Jihad; Argumentasi Radikalisme dan Ekstremisme di Indonesia', Jurnal Aqlam-Journal of Islam and Plurality, 4(1), pp. 118-133.
Barela, J. A. (2013) 'Fundamental Motor Skill Proficiency Is Necessary For Children's Motor Activity Inclusion', Motriz. Revista de Educacao Fisica, 19(3), pp. 548-551. https://doi.org/10.1590/S1980-65742013000300003
Cifuentes-Faura, J. (2020) 'Infodemics During COVID-19: Resources and Recommendations to Combat it', Online Information Review. https://doi.org/10.1108/OIR-08-2020-0352
Darlis (2017) 'Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikultur', Rausyan Fikr, 13(2), pp. 225-255. https://doi.org/10.24239/rsy.v13i2.266
Darmiyanti, A. (2018) 'Islamic Parenting Pada Anak Usia Dini (Studi Analisis Buku Islamic Parenting Karya Syaikh Jamaal 'Abdurrahman)', Jurnal JPI-Rabbani, 2(9), pp. 1689-1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2017) Kamus Besar Bahasa Indonesia. V. Jakarta: Balai Pustaka.
Fahri, M. and Zainuri, A. (2019) 'Moderasi Beragama di Indonesia', Intizar, 25(2), pp. 95-100.
Faiqah, N. and Pransiska, T. (2018) 'Radikalisme Islam Vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia Yang Damai', Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), p. 33. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5212
Faizah, R. (2020) 'Penguatan Wawasan Kebangsaan Dan Moderasi Islam Untuk Generasi Millenial', Jurnal Progress: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 8(1), pp. 38-61. https://doi.org/10.31942/pgrs.v8i1.3442
Fajarwati, I. (2014) 'Konsep Montessori Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam', Pendidikan Agama Islam, XI(1), pp. 37-52.
https://doi.org/10.14421/jpai.2014.111-03
Hefni, W. (2020) 'Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri', Jurnal Bimas Islam, 13(1), pp. 1-22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182
Hilmy, M. (2013) 'Whither Indonesia's Islamic Moderatism?: A Reexamination on the Moderate Vision of Muhammadiyah and NU', Journal of Indonesian Islam, 7(1), pp. 24-48. https://doi.org/10.15642/JIIS.2013.7.1.24-48
Iffaty Zamimah (2018) 'Moderatisme Islam Dalam Konteks Keindonesiaan', Jurnal Al-Fanar, 1(1), pp. 75-90. https://doi.org/10.33511/alfanar.v1n1.75-90
Karim, H. A. (2019) 'Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil 'Alamin dengan Nilai- Nilai Islam', Ri'ayah, 4(1), pp. 1-20. https://doi.org/10.32332/riayah.v4i01.1486
Kementerian Agama (2014) Radikalisme Agama dan Tantangan Kebangsaan. Jakarta: Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam.
Kementerian Agama Republik Indonesia (2019) Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.
Khusni, M. F. (2018) 'Fase Perkembangan Anak Dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam', Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(2), pp. 361-382. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.361-382
Kompas.com (2018) 'Viral Peserta Karnaval Bawa Senjata Mainan', Kompas.com, 18 August. Available at: https://regional.kompas.com/read/2018/08/18/20314801/viral-peserta-karnaval-bawa-senjata-mainan-ini-kata-kadisdik-probolinggo.
Ma'arif, M. A. (2019) 'Internalisasi Nilai Multikulutural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi ( Studi Di Di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang)', Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), pp. 164-189. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.179
Misrawi, Z. (2013) 'Kesadaran Multikultural dan Deradikalisasi Pendidikan Islam: Pengalaman Bhinneka Tunggal Ika dan Qabul al-Akhar', Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), p. 197. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.197-215
Mubayyinah, F. (2017) 'SEMAI : Sembilan Nilai Anti Korupsi dalam Pendidikan Anak Usia Dini', Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), pp. 223-238. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i2.15
Mulyasa, E. (2012) Manajemen PAUD. Bandung: PT Rosdakarya.
Naharong, A. M. (2014) 'Terorisme atas Nama Agama', Refleksi, 13(5), pp. 593-622. https://doi.org/10.15408/ref.v13i5.915
Nur, A. and Mukhlis, L. (2015) 'Konsep Wasathiyah dalam Al-Quran (Studi Komparatif antara Tafsir al-Tahrîr wa at-Tanwîr dan Aisar at-Tafâsîr)', An-Nur, 4(2), pp. 205-225.
Patmonodewo, S. (2008) Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Purba, E., Yusuf, A. and Astuti, I. (2016) 'Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun', Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).
Republika.co.id (2020) 'Kemenag: Moderasi Beragama Harus Diperkenalkan Sejak Dini', Republika.co.id. Available at: https://www.republika.co.id/berita/qd0fq9327/kemenag-moderasi-beragama-harus-diperkenalkan-sejak-dini.
Setiani, R. E. (2016) 'Pendidikan Anti Kekerasan Untuk Anak Usia Dini: Konsepsi dan Implementasinya', Golden Age, 1(2), pp. 39-56. https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-04
Suara.com (2018) 'Biadab! Ibu Gandeng 2 Putri Kecil Lakukan Bom Bunuh Diri', Suara.com, 13 May. Available at: https://www.suara.com/news/2018/05/13/192039/biadab-ibu-gandeng-2-putri-kecil-lakukan-bom-bunuh-diri?page=all.
Suryana, D. (2013) Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.
Susanto, A. (2017) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.
Sya'bani, M. A. Y., Sejati, Y. G. and Fatmawati, A. F. (2020) 'Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Wasaá¹iyyah Melalui budaya Moderasi Beragama Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kerukunan Dan Toleransi Umat Beragama Di Kebomas Gresik', Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, p. 271.
Wuryandani, W. et al. (2018) 'Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak', Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), pp. 86-94.
https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789
Yani, A. and Jazariyah, J. (2020) 'Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini', Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p. 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503
Yuliana et al. (2021) 'Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Pada Anak Usia Dini', Seminar Nasional Paedagoria, 1(September), pp. 9-15.
Yusuf, A. (2018) 'Moderasi Islam Dalam Dimensi Trilogi Islam (Akidah, Syariah, Dan Tasawuf)', Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 203, pp. 203-216. Available at: http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai.
Zuhdi, M. H. (2017) 'Radikalisme Agama dan Upaya Deradikalisasi Pemahaman Keagamaan', Akademika, 22(11), pp. 199-224. https://doi.org/10.32332/akademika.v22i1.568


