Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi

Author


Kholida Munasti(1Mail), Suyadi Suyadi(2),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 319KB]  Language: id
Available online: 2021-07-19  |  Published : 2021-07-19
Copyright (c) 2021 Kholida Munasti
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 168 times PDF Downloaded: 38 times

Abstract


Pandemi Covid-19 membuat sekolah dilakukan secara online, media pembelajaran yang digunakan harus mendukung proses pembelajaran online. Penggunaan media pembelajaran yang menarik akan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan interaktif, salah satunya dengan penggunaan Power Point 2013. Tujuan penelitian ini untuk memastikan keefektifan Power Point sebagai media pembelajaran interaktif di masa pandemi dengan melihat ketertarikan dan juga respon belajar yang ditimbulkan oleh anak. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, teknik analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan seluruh kejadian dengan apa adanya saat penelitian berlangsung. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa  penggunaan Power Point di masa pandemi sangat efektif, karena: (1) Penggunaan Power Point dapat membangkitkan motivasi belajar, (2) Membuat senang dan tidak membosankan, (3) Meningkatkan antusiasme, (4) Membuat lebih mudah mengingat. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, akan semakin banyak sekolah yang menggunakan Power Piont sebagai media pembelajaran interaktif untuk menjalin komunikasi dua arah antara guru dengan murid.


Keywords


power point; media pembelajaran anak; pandemi

References


Adinugraha, & Hermawan, H. (2021). Tetap Kreatif Dan Inovatif Di Tengah Pandemi Covid-19. PT. Nasya Expanding Management.

Ah-Sanaky, H. (2011). Media pembelajaran buku pegangan wajib guru dan dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119-129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/DINAMIKA.V8I1.943

Cahyani, R., & Suyadi, S. (2019). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 219-230. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-01

Cholid, N. (2015). Menjadi Guru Profesional. CV Presisi Cipta Media.

Fitria, R. A. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Tangram dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di TK Qurrota A'yun Ponorogo. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 1-6. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.83

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Hilda Handayani, Yetri, F. G. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(2), 87-100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95

Kustiawan, U. (2018). Children ' S Songs Creation Technique Development.

Maharani, S., Nusantara, T., As'ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking : Media Pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam Matematika PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975-984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769

Masitoh. (2011). Strategi Pembelajaran TK. Universitas Terbuka.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19-35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Permana, B., & Pratita, G. B. (2019). 36 Jam Belajar komputer Microsoft PowerPoint 2019.

Philips Parette, H., Jack J. Hourcade, Nichole M.Boeckmann, & Craig Blum. (2008). Using microsoft PowerPoint to Support Emergent Literacy Skill Development for Young Children at-Risk or Who Have Disabilities. Early Childhood Education Journal, 36(3), 233-239. https://doi.org/10.1007/s10643-008-0275-y

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak: Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. PT Elex Media Komputindo.

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon's Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362-373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353

Septiana, N. (2019). ICT dalam Pembelajaran MI/SD. Duta Media Publishing.

Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Muhammad, I., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan.

Sujiono, & Yuliani, N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126-137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Ulfadhilah, K., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Box of Number and Alfabeth untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitf, Bahasa dalam Mengenal Angka, dan Abjad. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 67-77. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.93

Wibowo, T. G. (2016). Menjadi Guru Kreatif.

Yunianto, T., Suyadi, S., & Suherman, S. (2020). Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6339

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini (p. 114). Kencana Prenadamedia Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.