Efektivitas Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak-Kanak

Author


Sean Marta Efastri(1), Chitra Charisma Islami(2Mail),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 236KB]  Language: id
Available online: 2021-07-18  |  Published : 2021-07-18
Copyright (c) 2021 Sean Marta Efastri, Chitra Charisma Islami
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 397 times PDF Downloaded: 146 times

Abstract


Penelitian yang dilatarbelakangi dengan kondisi pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 yang harus tetap berjalan, serta guru dituntut untuk tetap memberikan pembelajaran yang membuat siswanya mengerti dan paham sesuai dengan capaian yang diharapkan. Tujuan penelitian mengetahui efektivitas pembelajaran online yang dilakukan oleh guru PAUD di tengah pandemi Covid-19. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Dengan sampel Guru PAUD Gugus Mawar Kecamatan Rumbai Pesisir yang terdiri dari 8 lembaga. Menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 30 guru dengan mengisi lembar angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dimana data diolah berdasarkan jawaban yang diberikan kepada responden terhadap pernyataan dari setiap angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh guru dan anak di TK sudah efektif


Keywords


efektivitas pembelajaran online; guru paud; covid-19

References


Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Cahyati, N., & Kusuma, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 10(1).

Kemendikbud, & Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Republik Indonesia. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan- pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasannya. Media Wacana Press.

Mendikbud. (2020). Surat edaran Mendikbud: Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease (COVID-19).

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Owen, L. (2020). Virus corona: Bagaimana Covid-19 pengaruhi kehidupan sosial perempuan di Asia. Www.Bbc.Com/Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51717312

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116-124.

Ramadhani, M. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109-119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan Pembelajaran. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suhati1, S., & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 58-65. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/436

Waryanto, N. H. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. In Pythagoras (Vol. 2, Issue 1, pp. 10-23). http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf

Yuni Sri Utami, C. C. I. (2021). Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Introvert pada Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.