Author
Nana Sutarna(1), Arrofa Acesta(2), Nika Cahyati(3), Sendi Fauzi Giwangsa(4), Dedi Iskandar(5), Harmawati Harmawati(6),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kuningan, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(4)
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia(6) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 236KB]
Published : 2021-04-27
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 3054 times PDF Downloaded: 1147 timesAbstract
Dampak yang terjadi saat pandemi covid 19 bukan hanya pada sector ekonomi, namun juga dalam pendidikan, salah satunya adalah mengakibatkan pembelajaran daring, banyak dampak yang di rasakan saat pembelajaran daring, dampak negative lebih menonjol dari pada dampak positif saat menjalani pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap siswa usia 5-8 tahun saat pandemi covid 19. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif fenomenologis, data di peroleh melalui angket, subjek dari penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-8 tahun guru PAUD dan Guru SD tingkat rendah Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran daring memiliki beberapa dampak pada siswa yaitu siswa menjadi kurang bersosialisasi, siswa mengalami kekerasan verbal, kurangnya kedisiplinan dalam pembelajaran di rumah, fasilitas pembelajaran yang tidak memadai, dan tidak tercapai tujuan pembelajaran pada siswa
Keywords
References
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). The Role of Parents in Applying Learning at Home During the Covid Pandemic 19. Journal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4-6.
Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1-22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22
Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433-2441.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Gubernur Provinsi Jawa Barat. (2020). Surat Edaran Gubernur Provinsi Jawa Barat Nomor 400/27/hukham Tahun 2020. Https://Covid19.Hukumonline.Com/2020/03/13/Surat-Edaran-Gubernur-Provinsi-Jawa-Barat-Nomor-400-27-Hukham-Tahun-2020/.
Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, 3(1), 1-12.
Haerudin, D. A. . N. C. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
KPAI. (2021). Kekerasan Meningkat saat Pandemi Covid-19, Tumbuh Kembang Anak Terganggu. Https://Www.Kpai.Go.Id/Kanal/Informasi-Publik/Himbauan.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1-8.
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 634.
Nafilah sri nagita. (2020). WHO Sebut Virus Corona Krisis Kesehatan Terburuk di Dunia, Ini Alasannya. Https://Health.Detik.Com/Berita-Detikhealth/d-5110552/Who-Sebut-Virus-Corona-Krisis-Kesehatan-Terburuk-Di-Dunia-Ini-Alasannya.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116-124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2017). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 165-170.
Santrock, J. W. (2007). Child Development (8th ed.). McGraw-Hill.
Santrock, J. W. (2014). Life span development : Australia. In Erlangga (13th ed.). The McGraw-Hill Companies. https://ecu.on.worldcat.org/oclc/862301039
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9-15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
WHO. (2019). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic. Https://Www.Who.Int/Emergencies/Diseases/Novel-Coronavirus-2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.