- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.1226Keywords:
media pembelajaran, ular tangga, keterampilan berbicaraAbstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari jarangnya guru menggunakan media dalam bentuk permainan sebagai alat bantu pembelajaran, apalagi media berbentuk permainan ular tangga pada proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan dalam rangka pengembangan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan media ular tangga untuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Research and Development ( R & D) menggunakan teori Sugiyono (20013). Satu tahap terakhir yang tidak penulis lakukan yaitu tahap penyebaran (dessemination) dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih mewabah ketika penelitian dilakukan. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media ular tangga sudah valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Aktivitas bermain ular tangga dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan berbicara karena dilaksanakan dalam bentuk bermain
Downloads
References
Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, The Importance of Childhood Education for Child Development, Jurnal Dinamika Pendidikan dasar, Volume 8, No.1, Maret 2016, hlm. 50. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 51. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943
Damayanti, L., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmeneted Reality Pengenalan Perangkat Keras Komputer. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 6(1), 10–19. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i1.1807
Dhieni, N., Pujiastuti, S. I., & Aryanti, A. (2010). Meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui menonton vcd cerita anak. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 122–131. https://doi.org/10.21009/PIP.222.3
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran (Uswan Khasanah (Ed.); 1st ed.). Tahta Media Group.
Jendriadi, J., Sukandar, W., & Rossa, R. (2018). Life Skills Education for People with Disabilities at Blind Orphanage “Tuah Sakato†West Sumatra Indonesia. Journal of ICSAR, 2(2), 171–174. https://doi.org/10.17977/um005v2i22018p171
Kurniasih, R. (2018). Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 119–125. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10505
Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 152–175. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/18
Maisyarah, E., & Firman. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 32–38.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Mulyana, E. (2017). Panduan Penggunaan Permainan Ular Tangga. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pujiyanto, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Continuously Variable Transmission Pada Mata Pelajaran Memelihara Transmisi Bidang Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Nasional Berbah Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/62705
Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846–3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rochanah, R. (2018). Lingkungan alam sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan kekuasaan Allah pada anak usia sekolah dasar di pondok pesantren al mawaddah kudus. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(1), 101–119. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i1.3617
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Sari, M., & Effendi, D. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 78–88. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.8043
Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal Petik, 5(1), 85–91. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494
Setiyorini, E. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2013-3014 [Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung]. http://repo.uinsatu.ac.id/345
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Media.
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728


