Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara

Author


Jendriadi Jendriadi(1), Rima Rahayu Melati(2Mail), Warlan Sukandar(3), Ismira Ismira(4), Vivi Puspita(5), Zaturrahmi Zaturrahmi(6), Rahmi Anwar(7), Evi Desmariani(8),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Adzkia, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia, Indonesia(5)
Pendidikan Fisika, Universitas Adzkia, Indonesia(6)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bunghatta, Indonesia(7)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Adzkia, Indonesia(8)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 384KB]

Published : 2023-01-23

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 720 times PDF Downloaded: 1061 times

Abstract


Latar belakang penelitian ini berawal dari jarangnya guru menggunakan media dalam bentuk permainan sebagai alat bantu pembelajaran, apalagi media berbentuk permainan ular tangga pada proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan dalam rangka pengembangan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan media ular  tangga untuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Research and Development ( R & D) menggunakan teori Sugiyono (20013). Satu tahap terakhir yang tidak penulis lakukan yaitu tahap penyebaran (dessemination) dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih mewabah ketika penelitian dilakukan. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media ular tangga sudah valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Aktivitas bermain ular tangga dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan berbicara karena dilaksanakan dalam bentuk bermain


Keywords


media pembelajaran; ular tangga; keterampilan berbicara

References


Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, The Importance of Childhood Education for Child Development, Jurnal Dinamika Pendidikan dasar, Volume 8, No.1, Maret 2016, hlm. 50. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 51. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943

Damayanti, L., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmeneted Reality Pengenalan Perangkat Keras Komputer. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 6(1), 10–19. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i1.1807

Dhieni, N., Pujiastuti, S. I., & Aryanti, A. (2010). Meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui menonton vcd cerita anak. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 122–131. https://doi.org/10.21009/PIP.222.3

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran (Uswan Khasanah (Ed.); 1st ed.). Tahta Media Group.

Jendriadi, J., Sukandar, W., & Rossa, R. (2018). Life Skills Education for People with Disabilities at Blind Orphanage “Tuah Sakato” West Sumatra Indonesia. Journal of ICSAR, 2(2), 171–174. https://doi.org/10.17977/um005v2i22018p171

Kurniasih, R. (2018). Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 119–125. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10505

Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 152–175. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/18

Maisyarah, E., & Firman. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 32–38.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152

Mulyana, E. (2017). Panduan Penggunaan Permainan Ular Tangga. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pujiyanto, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Continuously Variable Transmission Pada Mata Pelajaran Memelihara Transmisi Bidang Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Nasional Berbah Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/62705

Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846–3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rochanah, R. (2018). Lingkungan alam sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan kekuasaan Allah pada anak usia sekolah dasar di pondok pesantren al mawaddah kudus. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(1), 101–119. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i1.3617

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Sari, M., & Effendi, D. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatik. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 78–88. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.8043

Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal Petik, 5(1), 85–91. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494

Setiyorini, E. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2013-3014 [Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung]. http://repo.uinsatu.ac.id/345

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Media.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728


Refbacks

  • There are currently no refbacks.