Manajemen Sarana dan Prasarana Taman Penitipan Anak di Lampung


Romlah Romlah(1Mail), Rumadani Sagala(2),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
(2) Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Raden intan Lampung, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Romlah Romlah
Article Analytic
  [File Size: 279KB]  Language: id
Received : 2021-03-19  |  Published : 2021-04-19
Article can trace at:

Abstract


Terpenuhinya sarana dan prasarana pada lembaga taman penitipan anak (TPA) yang memadai dan berkualitas berpengaruh pada tumbuh kembang anak usia dini. Fokus penelitian ini mengkaji proses manajemen sarana dan prasarana yang meliputi perencanaan (planning), pengoranisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling) (POAC) di TPA Pinggungan Sebuai dan TPA Cut Muthia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis terkait kegiatan manajemen POAC di TPA Pinggungan Sebuai dan TPA Cut Muthia dilakukan dengan mengikuti setiap prosedur manajemen POAC dan secara umum sudah dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu, dengan meningkatkan kembali manajemen sarana dan prasarana melalui kegiatan manajemen yang tepat pada taman penitipan anak menjadi salah satu sumber daya yang penting dalam menunjang proses tumbuh kembang anak usia dini.

Keywords


manajemen pendidikan; manajemen sarana dan parasaranai; taman penenitipan anak

References


Agustina, F. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter Dan Metode Story Telling. Jurnal: Penelitian Medan Agama, 10(2).

Ananda, R. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. CV. Widya Puspita.

Beauvais, C. (2016). Ages and ages: The multiplication of children's 'ages' in early twentieth-century child psychology. History of Education, 45(3), 304-318. https://doi.org/10.1080/0046760X.2015.1136359

Binsa, U. H. (2021). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini di TK Pelangi Anak Negeri Yogyakarta. Jurnal CARE, 8(2), 1-10.

Brebner, C., Hammond, L., Schaumloffel, N., & Lind, C. (2015). Using relationships as a tool: early childhood educators' perspectives of the child-caregiver relationship in a childcare setting. Early Child Development and Care, 185(5), 709-726. https://doi.org/10.1080/03004430.2014.951928

Ellong, T. D. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Iqra', 11(1), 1-8. https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.574

Esha, M. I. K., & Abtokhi, A. (2020). Guruku Sayang, Guruku Berkembang: Problem Mapping Model dalam Proses Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 066-081. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.178

Falhatunnisa, I., Santika, T., & Sutarjo. (2020). Persepsi Keluarga Tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pembentukan Karakter. JoCE; Journal of Community Education, 1(1), 1-6.

Ha, K. M. (2020). Conceptualization of Major Stakeholders in Emergency Management of Childcare Facilities. Journal of Evidence-Based Social Work (United States), 17(5), 514-526. https://doi.org/10.1080/26408066.2020.1768192

Hadi, S. (2020). Model pengembangan mutu di lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 321-347.

Hamer, W., Rachman, T. A., Lisdiana, A., Wardani, W., Karsiwan, K., & Purwasih, A. (2020). Potret Full Daycare sebagai Solusi Pengasuhan Anak bagi Orang Tua Perkerja. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 75. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1955

Hardiyanti, D. (2020). Apakah Kualitas Penitipan Anak itu Penting ? Sebuah Gambaran Perkembangan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 1(1), 1-7.
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2605

Jumari. (2019). Urgensi Manajemen Sarana dan Prasarana Berkualitas dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Widya Balina, 4(7).
https://doi.org/10.31227/osf.io/xj2b5

Junaidi, U., & Danim, S. (2020). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 10 Bengkulu Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 72-83.
https://doi.org/10.17509/edukid.v14i1.17093

Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 123-130.
https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123

Koedel, C., Li, J., Springer, M. G., & Tan, L. (2019). Teacher Performance Ratings and Professional Improvement. Journal of Research on Educational Effectiveness, 12(1), 90-115. https://doi.org/10.1080/19345747.2018.1490471

Kustiawan, A. A., & Enggarwati, S. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Online Terhadap Kecerdasan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 91-106. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6619

Kusumawati, D. (2017). Manajemen Sarana Prasarana Di Day Care Baby'S Home Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p17-25

Lee, S. H. (2016). Has childcare become less of a burden in South Korea? Exploring the nature of pre-and post-reform childcare provision. Asian Journal of Women's Studies, 22(4), 414-442. https://doi.org/10.1080/12259276.2016.1242941

Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 636-831. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088

Murni. (2018). Mnaajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Mimbar Akademika, 2(2), 65-82.

O'Hara, M. (2010). Positive highlights on quality daycare for children: A North West of Ireland study. Child Care in Practice, 16(4), 359-375. https://doi.org/10.1080/13575279.2010.498163

Oktaviana, M. E., & Utsman. (2015). Proses Pengasuhan Taman Penitipan Anak (Studi pada Taman Penitipan Anak Dewaruci Kids Kecamatan Demak Kabupaten Demak). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(2), 121-126.

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Tafhim Al-Ilmi, 11(2), 266-275. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755

Plum, M. (2017). Making 'what works' work: enacting evidence-based pedagogies in early childhood education and care. Pedagogy, Culture and Society, 25(3), 375-388. https://doi.org/10.1080/14681366.2016.1270349

Pricilia, A., Abdurrahman, A., & Herlina, K. (2020). Teacher expectation towards interactive multimedia integrated with STEM in learning physics: Preliminary study on geometry optic learning material. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012065

Riyadlotus Sholichah. (2020). Pengasuhan Berbasis Neurosain dan Kecerdasan Emosi dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(1), 19-28.

Rizkita, D. (2017). Pengaruh Standar Kualitas Taman Penitian Anak (Tpa) Terhadap Motivasi Dan Kepuasaan Orangtua (Pengguna) Untuk Memilih Pelayanan Tpa Yang Tepat. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 28-43. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.46

Rohmani, N. (2020). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.262

Rosmayati, S., Maulana, A., Sauri, S., & Barlian, U. C. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Proses Pengembangan Sosial Emosional Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 45-54. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.215

Schmidt, T., Smidt, W., & Roux, S. (2018). What do pedagogues in daycare do? Empirical analyses of the occupational activities of pedagogues in children's daycare centres in Germany. European Early Childhood Education Research Journal, 26(3), 446-460. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1463910

Suryana, A. T. (2020). Teori dan Praktik Manajemen Sarana dan Prasarana Pesantren. Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 2(1), 44-59. https://doi.org/10.51482/almujaddid.v2i2.42

Trianingsih, E., Arsi, A. A., & Artikel, I. (2020). Model Pengelolaan Pendidikan dan Bentuk Layanan Taman Penitipan Anak Islam Terpadu (TPAIT) Abu Bakar Ash Shidiq Juwana dalam Menggantikan Peran Keluarga. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 9(1), 892-905.

Ulfa, M., Ismail, H., & Ariani, S. S. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SDN 03 Kembang Kerang Daya Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Jurnal Manajemen Dan Budaya STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 1(1), 35-42. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755

Yula Anggriani. (2020). Pemanfaatan Gadget dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Keluarga. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 10(2), 138-147. https://doi.org/10.20473/jpua.v10i2.2020.138-147


Article Metrics

 Abstract Views : 73 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.