Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19


Wahyuni Ulpi(1), Nurwahidin Hakim(2Mail), Abdul Kadir(3), Hadi Pajarianto(4), Rahmatia Rahmatia(5),
(1) Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
(2) Pendidikan Jasmani, Universitas Muhammadiyah Palopo,
(3) Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
(4) Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
(5) Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Wahyuni Ulpi, Nurwahidin Hakim, Abdul Kadir, Hadi Pajarianto, Rahmatia Tia
Article Analytic
  [File Size: 204KB]  Language: id
Received : 2021-03-14  |  Published : 2021-03-22
Article can trace at:

Abstract


Penelitian ini menganalisa gambaran kebugaran jasmani anak pada masa pandemi.Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kebugaran jasmani anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan jenis kualitiatif dengan pendekatan fenomenologi. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Subjek penelitian berjumlah 3 informan orang tua dengan total orang. Kriteria sebagai berikut (1) memiliki anak usia 2-6 tahun. (2) laki-laki dan perempuan (3) tinggal bersama orang tua. Hasil penelitian informan(1)(4)(5)(6) menjaga kebugaran jasmani anak pada masa pandemi sedangkan informan(2) (3) tidak melakukan aktivitas untuk mencegah penularan COVID-19 dan kebugaran jasmani anak.


Keywords


kebugaran jasmani; covid-19; anak usia dini

References


Gusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1-11.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif - Albi Anggito, Johan Setiawan. In CV . Jejak (p. 214).

Bluth, K., & Wahler, R. G. (2011). Does Effort Matter in Mindful Parenting? Mindfulness, 2(3), 175-178. https://doi.org/10.1007/s12671-011-0056-3

Endang Rini Sukamti, Muhammad Ikhwan Zein, R. B. (2016). Profil Kebugaran Jasmani Dan Status Kesehatan Instruktur Senam Aerobik Di Yogyakarta. In Jurnal Olahraga Prestasi (Vol. 12, Issue 2, p. 116313). https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i2.11875

Glass, C. A., Cash, J. C., & Mullen, J. (2020). Coronavirus Disease (COVID-19). In Family Practice Guidelines. https://doi.org/10.1891/9780826153425.0016b

Inten, D. N., & Permatasari, A. N. (2019). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188

Kaunang, T. A. S., Kapantow, N. H., & Langi, F. (2020). Asupan Vitamin Larut Air Pada Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Fkm Unsrat Saat Pembatasan Sosial Masa Pandemi Covid-19. In Kesmas. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/31616

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Larasati, A. L., Gozali, D., & Haribowo, C. (2020). Penggunaan Desinfektan dan Antiseptik Pada Pencegahan Penularan Covid-19 di Masyarakat. Majalah Farmasetika, 5(3). https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v5i3.27066

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini (Pertama). Prenada Media Group.

Oktaviani, J. (2016). Tinjauan Buku. Jurnal Dinamika Global, 1(02), 141-146. https://doi.org/10.36859/jdg.v1i02.29

Paryanto, R., & Wati, I. D. P. (2013). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(5), 143-154.

Prasepty, W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Kebugaran Jasmani untuk Anak TK Usia 4-6 Tahun. In Journal of Physical Education and Sports (Vol. 6, Issue 2, pp. 205-210).

Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542

Sapto, A., Supriyadi, & Masgumelar, N. (2020). Model-Model Exercise dan Aktivitas Fisik untuk Kebugaran Jasmani Anak SD.

Sarwo, E. F. R. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. In PT Leutika Nouvalitera.

Siti, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. In Yogyakarta: Gava Media.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705


Article Metrics

 Abstract Views : 36 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.