
Author
Wahyuni Ulpi(1), Nurwahidin Hakim(2

Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(1)
Pendidikan Jasmani, Universitas Muhammadiyah Palopo,
Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(5)

Article Analytic |
Published : 2021-03-22
Copyright (c) 2021 Wahyuni Ulpi, Nurwahidin Hakim, Abdul Kadir, Hadi Pajarianto, Rahmatia Tia
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 1194 times
PDF Downloaded: 649 times
Abstract
Penelitian ini menganalisa gambaran kebugaran jasmani anak pada masa pandemi.Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kebugaran jasmani anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan jenis kualitiatif dengan pendekatan fenomenologi. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Subjek penelitian berjumlah 3 informan orang tua dengan total orang. Kriteria sebagai berikut (1) memiliki anak usia 2-6 tahun. (2) laki-laki dan perempuan (3) tinggal bersama orang tua. Hasil penelitian informan(1)(4)(5)(6) menjaga kebugaran jasmani anak pada masa pandemi sedangkan informan(2) (3) tidak melakukan aktivitas untuk mencegah penularan COVID-19 dan kebugaran jasmani anak.
Keywords
References
Gusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1-11.
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif - Albi Anggito, Johan Setiawan. In CV . Jejak (p. 214).
Bluth, K., & Wahler, R. G. (2011). Does Effort Matter in Mindful Parenting? Mindfulness, 2(3), 175-178. https://doi.org/10.1007/s12671-011-0056-3
Endang Rini Sukamti, Muhammad Ikhwan Zein, R. B. (2016). Profil Kebugaran Jasmani Dan Status Kesehatan Instruktur Senam Aerobik Di Yogyakarta. In Jurnal Olahraga Prestasi (Vol. 12, Issue 2, p. 116313). https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i2.11875
Glass, C. A., Cash, J. C., & Mullen, J. (2020). Coronavirus Disease (COVID-19). In Family Practice Guidelines. https://doi.org/10.1891/9780826153425.0016b
Inten, D. N., & Permatasari, A. N. (2019). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188
Kaunang, T. A. S., Kapantow, N. H., & Langi, F. (2020). Asupan Vitamin Larut Air Pada Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Fkm Unsrat Saat Pembatasan Sosial Masa Pandemi Covid-19. In Kesmas. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/31616
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Larasati, A. L., Gozali, D., & Haribowo, C. (2020). Penggunaan Desinfektan dan Antiseptik Pada Pencegahan Penularan Covid-19 di Masyarakat. Majalah Farmasetika, 5(3). https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v5i3.27066
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini (Pertama). Prenada Media Group.
Oktaviani, J. (2016). Tinjauan Buku. Jurnal Dinamika Global, 1(02), 141-146. https://doi.org/10.36859/jdg.v1i02.29
Paryanto, R., & Wati, I. D. P. (2013). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(5), 143-154.
Prasepty, W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Kebugaran Jasmani untuk Anak TK Usia 4-6 Tahun. In Journal of Physical Education and Sports (Vol. 6, Issue 2, pp. 205-210).
Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542
Sapto, A., Supriyadi, & Masgumelar, N. (2020). Model-Model Exercise dan Aktivitas Fisik untuk Kebugaran Jasmani Anak SD.
Sarwo, E. F. R. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. In PT Leutika Nouvalitera.
Siti, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. In Yogyakarta: Gava Media.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Refbacks
- There are currently no refbacks.