Pelatihan “Great Mom Great Children” pada Ibu Muda Jalanan dalam Meningkatkan Ketrampilan Stimulasi Perkembangan Anak

Author


Dessy Pranungsari(1Mail), Nissa Tarnoto(2), Fatwa Tentama(3),
(1) Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
(2) Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
(3) Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 236KB]  Language: id
Available online: 2021-08-10  |  Published : 2021-08-10
Copyright (c) 2021 Nissa Tarnoto, Fatwa Tentama
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 95 times PDF Downloaded: 27 times

Abstract


Anak jalanan perempuan yang memiliki anak di usia muda kurang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menstimulasi perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan stimulasi perkembangan pada ibu-ibu muda jalanan dengan memberikan perlakuan berupa pelatihan “Great Mom Great Children”. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu merupakan anak jalanan yang tinggal di Yogyakarta, ibu muda yang berusia kurang dari 18 tahun saat memiliki anak, ibu yang memiliki anak atas kehamilan yang tidak dikehendaki, ibu memiliki anak berusia 0-5 tahun (anak usia dini), dan ibu mengasuh anaknya sendiri secara langsung. Desain eksperimen yang digunakan adalah untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Alat pengumpulan data menggunakan Kuisioner Pra Skrinning Perkembangan (KPSP). Hasil Uji Wilcoxon untuk menguji perbedaan tingkat ketrampilan stimulasi ibu-ibu muda jalanan antara sebelum (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan anatara skor pretest dan postest. Hasil Uji Mann Whitney U-test diperoleh hasil rata-rata tingkat ketrampilan stimulasi kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode pelatihan “Great Mom Great Children” efektif dalam meningkatkan ketrampilan stimulasi perkembangan anak pada ibu-ibu muda jalanan.


Keywords


anak usia dini; ibu muda jalanan; keterampilan stimulasi

References


Ansari, A., & Gershoff, E. (2016). Parent Involvement in Head Start and Children's Development: Indirect Effects Through Parenting. Journal of Marriage and Family, 78(2), 562-579. https://doi.org/10.1111/jomf.12266

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Social (10th ed.). Erlangga.

Brown, A. L. (2015). The impact of early intervention on the school readiness of children born to teenage mothers. Journal of Early Childhood Research, 13(2), 181-195. https://doi.org/10.1177/1476718X13479048

Davies, K. E., Marshall, J., Brown, L. J. E., & Goldbart, J. (2017). Co-working: Parents' conception of roles in supporting their children's speech and language development. Child Language Teaching and Therapy, 33(2), 171-185. https://doi.org/10.1177/0265659016671169

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Flôres, F. S., Rodrigues, L. P., Copetti, F., Lopes, F., & Cordovil, R. (2019). Affordances for Motor Skill Development in Home, School, and Sport Environments: A Narrative Review. Perceptual and Motor Skills, 126(3), 366-388. https://doi.org/10.1177/0031512519829271

Hidayatuna, Bahrun, & Amalia, D. (2020). Penggunaan Media Bahan Bekas Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Al-Fitrah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(1), 46-55. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667

Himpunan Psikologi Indonesia. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. 131.

Hoffmann, H. (2017). Supporting teen families: an assessment of youth childbearing in Australia and early interventions to improve education outcomes of young parents. Life Course Centre Working Paper Series.

Hoffmann, H., Olson, R. E., Perales, F., & Baxter, J. (2020). New mothers and social support: A mixed-method study of young mothers in Australia. Journal of Sociology. https://doi.org/10.1177/1440783320978706

Jeong, J., Obradović, J., Rasheed, M., McCoy, D. C., Fink, G., & Yousafzai, A. K. (2019). Maternal and paternal stimulation: Mediators of parenting intervention effects on preschoolers' development. Journal of Applied Developmental Psychology, 60(December 2017), 105-118. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2018.12.001

Koshyk, J., Wilson, T., Stewart-Tufescu, A., D'Souza, M., Chase, R. M., & Mignone, J. (2020). The ripple effect: Examining the impact on parents of an Abecedarian early child care intervention in an urban social housing development. Journal of Early Childhood Research. https://doi.org/10.1177/1476718X20966696

Myers, A., & Hansen, C. (2012). Experimental Psychology (7th ed.). Belmont, CA.

Pranungsari, D. (2015). Hasil Wawancara Pemahaman Perkembangan Anak Usia Dini.

Pranungsari, D., Koentjoro, & Kushartati, S. (2014). Psychoeducation of Healthy Dating to Reduce the Risk of Sexual Violence in Female Street Children. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 3(3), 126-140. https://doi.org/10.12928/jehcp.v3i3.3722

Putra, A. Y., Yudiemawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. Journal Nursing News, 3(1), 563-571.

Rahayu, A., & Dewi, T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku. Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 66-74.
https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024

Reardon, S. F., & Portilla, X. A. (2016). Recent Trends in Income, Racial, and Ethnic School Readiness Gaps at Kindergarten Entry. AERA Open, 2(3), 233285841665734. https://doi.org/10.1177/2332858416657343

RI, K. K. (2016). Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi, dan intervensi tumbuh kembang anak. Kementrian Kesehatan RI.

Rucket, E., Plack, MM, & Maring, J. (2014). Model Untuk Merancang Kursus Terapi Fisik Geriatrik Beralas Prinsip Pendidikan dan Strategi Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Terapi Fisik, 28(1).

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (Thirteenth). Mc Graw Hill.

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and Quasi-experimental Designs for Generalized Causal Inference (second edi). Houghton Mifflin Company.

Sisyanti, & Adi, I. R. (2017). Kajian Ecological System Mengenai Faktor. Jurnal Ilmu Kesehatan Sosial, 18(2), 113-123.

Tarnoto, N., Tentama, F., & Pranungsari, D. (2019). Experimental study based on role play method to improve social skills for pre-school aged children of street. Humanitas, 13(3), 155-161. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3843

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Uno, B., Hamzah, & Nurdin, M. (2012). Belajar dengan Penedekatan Pailkem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan kreatit, Efektif, Menarik). Bumi Aksara.

Vreeburg, L. E., Diekstra, R. F. W., Sklad, M. J., Lundy, C. D., & Tough, S. C. (2018). Comparison of Canadian and Dutch Urban Parents and Grandparents in Terms of Knowledge of Children's Cognitive and Social-Emotional Development. SAGE Open, 8(2). https://doi.org/10.1177/2158244018777027


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.