
Author
Lilianti Lilianti(1), Wa Rosida(2), Adam Adam(3

Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(1)
Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(3)
Pendidikan Masyarakat/PNF, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(4)
Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(5)
Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(6)
Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia(7)

Published : 2021-03-05
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 2281 times
PDF Downloaded: 1037 times
Abstract
Pengembangan kemampuan anak dalam bersosialisasi dapat dikembangkan melalui berbagai materi dan metode yang telah disediakan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran dikembangkan sesuai ketersediaan sarana dan prasarana belajar yang dilakukan oleh guru taman kanak-kanak Amaliah Mandara Mendidoha di Desa Ululakara, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan saling berinteraksi langsung antara guru dengan anak didik, sehingga anak memiliki semangat dalam proses belajarnya, evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mengamati semua aspek perkembangan peserta didik dimulai pada saat anak bermain, bergaul, maupun berkomunikasi terhadap orang lain dengan mencatat setiap tingkah laku anak sesuai dengan apa yang dilihat dan didengar dalam proses pembelajaran berlangsung maupun di luar kegiatan pembelajaran
Keywords
References
Agus Jatmiko, Eti Hadiati, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al Athfaal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 8397.
Agus Wibowo. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Denico. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di KB Cerdas Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vo. 01 No. 02.
Ahmad Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Akhmad Muhaimin Azzet. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jogjakarta: Katahati.
Damayanti, E., Hartika, A. S., & H. (2018). Manajemen Penilaian PAUD di TK Citra Semata. MANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1.
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Dyah Fifin Fatimah, N. R. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 1, Nomor 2,.
Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik & Praktik, Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Hadiati, E., & Fidrayani. (2019). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. AL ATHFAAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 6978.
Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada PAUD. Care, 7(1), 52-56.
Hasnida & Masyitoh. (2019). Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Pengintegrasian Kurikulum 2013 Paud Dengan Aik Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 4 Tebet Timur, Jakarta Selatan). Jurnal Emanasi, Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial . Vol 2, No. 1.
Heryanti Putri Tarmizi. (2014). Metode Pembelajaran Sosiodrama. Metode Pembelajaran Sosiodrama, http://heryantiputritarmizi.blogspot.com/2013/09/heryanti-metodepembelajaran-sosiodrama.html?m=1, diakses 21 November 2020.
Kusbudiah, Y. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Di RA/TK/PAUD Sebagai Upaya Mengoptimalkan Pencapaian Perkembangan anak Usia Dini. Diakses Pada Http://Bdkbandung.Kemenag.Go.Id/Jurnal/ 276-Pengelolaan-Pembelajaran-Di-Ra-Tkpaud-Sebagai-Upaya-Mengoptimalkan-Pencapaian-Perkembangan-Anak-Usia-Dini Tanggal 16 April 2017.
Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Obsesi, 1(2), 8696. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19.
Rozalena, M. K. (2017). Pengelolaan Pembelajaran PAUD Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, Volume 2. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 4 (1), 1-5.
Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup Pertiwi Kabupaten Rajang Lebong). TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 51-70.
Usman, H & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259
Wardah Anggraini, A. D. P. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. J(JECED) Journal of Early Childhood Education and Development.
Yus Anita. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak: Taman Kanak-Kanak. Jakarta Kencana Prenada Media Group, Cet. 2.
Zubaidi, M. (2020). Profesionalisme Guru dan Efektifitas Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini. Obsesi, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505.
Refbacks
- There are currently no refbacks.