Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini

Author


Ika Juhriati(1), Azimatur Rahmi(2Mail),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 259KB]  Language: id
Available online: 2021-08-04  |  Published : 2021-08-04
Copyright (c) 2021 Azimatur - Rahmi
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 96 times PDF Downloaded: 21 times

Abstract


Berdasarkan fakta yang peneliti temukan di lapangan, pada saat peneliti melakukan observasi pada Taman Kanak-kanak umumnya ternyata masih kurang optimal dalam pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Dengan kenyataan kurangnya pelaksanaan metode-metode yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif menggunakan format deskriptif yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tentang implementasi nilai agama dan moral melalui metode esensi pembinaan prilaku di Taman Kanak-Kanak Lab. School Universitas negeri Padang telah dilaksanakan dengan baik terlihat dari cara anak mengenal tuhan, mengenal ibadah kepada Allah SWT, serta berakhlak yang baik

Keywords


implementasi; nilai agama dan moral; pembinaan prilaku; anak usia dini

References


Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/dbnya

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 25.

Fauziddin, M. dan M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909-922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627

Kusnilawati, K., Fauziddin, M., & Astuti, A. (2018). Meningkatkan Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dengan Penerapan Metode Bercerita Tema Islami. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 28-38. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.4

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nauli, V. A., Karnadi, K., Meilani, S. M., & Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Sofia, A., Nopiana, N., & Suryadi, S. (2020). Study Deskriptif Faktor-Faktor Penunjang Dan Penghambat Pengembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.467

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D (pp. 85, 221, 273). CV. Alfabeta.

Suryana, D. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Grup.

Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanfidiyah, N. (2017). Perkambangan Agama dan Moral yang tidak Tercapai pada AUD: Studi Kasus di Kelas A1 TK Masyitoh nDasari Budi Yogyakarta. Nadwa, 11(2), 199. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1810

Umayah. (2016). Menanamkan Moral dan Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini Melalui Cerita. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 96-105.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur'ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter AUD. PT Pustaka Pelajar.

Wiyani, Novan Andri. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta. In Ar-Ruzz Media. Ar Ruzz Media.

Wiyani, Novan Ardy. (2016). Konsep Dasar PAUD. gava media.

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13-22.

Yazid, M. B. (2012). Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.