Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang

Author


Serli Marlina(1Mail), Rismareni Pransiska(2), Zahratul Qalbi(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(3) PendidikanGuru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 296KB]  Language: id
Available online: 2021-07-18  |  Published : 2021-07-18
Copyright (c) 2021 Serli Marlina
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 103 times PDF Downloaded: 23 times

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi olehadanya kekhasan pada kurikulum yaitu program Al-islam, yang menarik peneliti untuk menganalisis kurikulum Al-islam di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal. Tujuan penelitian ini menganalisis kurikulum pendidikan yang terkait dengan tujuan, strategi pelaksanaan dan teknik evaluasinya. Jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan objek penelitian. Analisis dilakukan dengan teknik trianggulasi data. Hasil dari penelitian, kurikulumnya bertujuan mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran anak-anak untuk mengamalkan ajaran islam. Materi kurikulum yaitu aqidah, ibadah, akhlaq, muamalah, Al-Quran dan doa-doa. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan beragam metode, khusus untuk pengembangan nilai-nilai islami dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari. Dan adanya materi tentang ke Aisyiyahan di kegiatan awal setiap harinya.Teknik evaluasi pendidikan islam menggunakan unjuk kerja, penugasan, dan observasi (penilaian kegiatan khusus al-islam).


Keywords


kurikulum; pendidikan al-islam; aisyiyah bustanul athfal

References


Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22-31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Arifin, Z. (2012). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja rosdakarya Offset.

Ariyati, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi tumbuh Kembang Anak the Importance Of Childhood Education for Child Development. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Baidarus. (2018). Muhammadiyah dan Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Islamika, 1(2), 25-44. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Baidarus, B., Hamami, A., Suud, F. M., & Rahmatullah, A. S. (2019). Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai Basis Pendidikan Karakter. Al-Asasiyya: Journal Basic of Education, 4(1), 71-91. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101

Bandhana. (2011). and Modification of Curriculum for Excellence in Teacher Education. Journal of Ducation and Practice, 2(9), 9-13.

Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson Education.

Dakir. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. PT Rineka Cipta.

Duriani. (2018). Implementasi Perencanaan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo. Indonesia Journal of Early Childhood Education, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6907

Fadlillah, M., Kristiana, D., & Fadhli, M. (2020). Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisyiyah Ponorogo. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.362

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Gunik, S. (2018). Manajemen Kurikulum dan Pembelajarannya di TK ABA Gendingan, Kalasan (Aliran Muhammadiyah). Al Athfal, 1(1), 37-51.

Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2015). Manajemen pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.

Hayati, M., & Aqodiah, A. (2019). Pembelajaran Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan di TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar Dan TK ABA Taliwang Sumbawa Barat. Jurnal Prodi PGMI, 4(2), 98-103.

Idrus. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Gaung Persada Press.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

M. Fauziddin. (2016). Pembelajaran agama Islam melalui bermain pada anak usia dini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 8-17. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.37

MKDP, T. P. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Rajawali Press.

Mulyasa, E. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Musanna, A. (2009). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan Di Aceh. Jurnal Pendidikan, 10(2), 1-12.

Nuryana, Z. (2017). Revitalisasi Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan ada Perguruan Muhammadiyah. Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 17(1), 1-12.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Permono, H. (2013). Peran Orang Tua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Parenting Universitas Muhammadiyah Surakarta (pp. 34-37).

Putri, P. A. (2020). Efektivitas Permainan Perkusi Kastanyet Terhadap Kecerdasan Musikal Anak. Jurnal Pendidikan TambusaI, 4(1), 463-468. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.484

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381-390. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.21

Rakimahwati. (2012). Model Pembelajaran Sambil Bermain Pada Anak Usia Dini. UNP Press.

Rohdinia, U. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammadiyahan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 3(1), 133-139. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v5i2.5441

Safri, A. N. (2016). Reinterpretasi Makna Al-Islam dalam Al-Qur'an (Menuju Keagamaan yang Etis dan Dialogis). ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 17(1), 29-38. https://doi.org/10.14421/esensia.v17i1.1276

Sapendi, S. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats, 9(2), 17-35. https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.313

Shobahiya, M., & Anshori, A. (2012). Materi dan Strategi Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Bagi Anak Usia Dini di Tk 'Aisyiyah Bustanul Athfal Se-Kartasura Sukoharjo. Tajdida, 10(1), 44-66. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/123456789/4216/4. MAHASRI.pdf?sequence=1

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.

Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Windyariani, S., Siwiyanti, L., Sutisnawati, A., Mulyanti, Y., & Lyesmaya, D. (2015). Pembinaan tk 'aisyiyah di kabupaten sukabumi. Jurnal Surya : Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38-44.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. gava media.

Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group. https://doi.org/10.31227/osf.io/83sjt


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.