Author
Geri Syahril Sidik(1), Ade Maftuh(2), Moh Salimi(3),
Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia(1)
Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia(2)
Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2021-03-04
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1235 times PDF Downloaded: 407 timesAbstract
Keywords
References
Ainurrohmah, N., & Mariana, N. (2018). Refleksi Kritis Terhadap Pandangan Matematika dari Perspektif Siswa dan Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 17061717.
Arnidha, Y. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan cacah. JURNAL E-DuMath, 1(1), 5263.
Bin Mahpop, H. (2010). Addition of whole numbers with regrouping using the soroban. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 5056.
Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics (N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield (eds.); Vol. 19). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47211-2
Clements, D. H., & Sarama, J. (2009). Learning and teaching early math: The learning trajectories approach. Routledge.
Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 105116. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.298
Freudenthal, H. (1971). Geometry between the devil and the deep sea. Educational Studies in Mathematics, 3, 413435. https://doi.org/10.1007/BF00302305
Karlimah, K., Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 123129.
Kieran, C. (2004). Algebraic thinking in the early grades: What is it. The Mathematics Educator, 8(1), 139151.
Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M. (2017). Mengatasi Kesulitan Memahami Soal Cerita melalui Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Nasional PGSD UPY.
Nuraini, N. L. S., Suhartono, S., & Yuniawatika, Y. (2017). Kesalahan Siswa pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 168175.
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2014). Menyelami perkembangan manusia. Jakarta: Salemba Humanika, 20154.
Permendikbud. (2018). Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Piaget, J. (1932). The moral judgment of the child.(trans.) London: Kegan Paul. Trench, Trubner.
Piaget, J., & Cook, M. (1952). The origins of intelligence in children (Vol. 8, Issue 5). International Universities Press New York.
Rahim, A. (2016). Eksplorasi Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding, 2(1).
Robert E. Reys, Mary Lindquist, Diana V. Lambdin, Nancy L. Smith, Anna Rogers, Audrey Cooke, Bronwyn Ewing, Kylie Robson, S. B. (2017). Helping Children Learn Mathematics, 2nd Edition. John Wiley and Son Australia.
Sidik, G. S. (2016). Analisis proses berpikir dalam pemahaman matematis siswa sekolah dasar dengan pemberian scaffolding. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 192204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v2i2.799
Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2019). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 461470.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1425.
Suratno, T. (2016). Didaktik dan didactical design research. In Monograf Didactical Design Research. Rizqi Press.
Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Gapura Press.
Sutrisno, S. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1).
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Faktor UNINDRA, 5(3), 187192.
Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2010). Elementary and middle school mathematics: teaching developmentally (7th ed.). Allyn & Bacon.
Wahyudi, W. (2009). Kesalahan Hitung Pengurangan Bilangan Cacah Bagi Siswa SD. Paedagogia, 12(2), 141150.
Refbacks
- There are currently no refbacks.