Mengenai Peran Guru Bahasa Indonesia untuk Membimbing Mahasiswa di China

Author


Du Xiaomei(1Mail), Li Xuemei(2),
Bahasa Indonesia, Universitas Normal Qujing, Yunnan; Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, China(1)
Bahasa Thai, Universitas Normal Qujing, Yunnan, China(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 292KB]  Language: id
Published : 2023-01-16
Copyright (c) 2023 Du Xiaomei

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 47 times PDF Downloaded: 14 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan nilai-nilai guru bahasa Indonesia di China, mencari solusi untuk memajukan pendidikannya di China. Pendalaman ekonomi pasar internasional China dan Indonesia semakin banyak komunikasi dalam politik, ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, dll.,Keperluannya guru terus meningkat. Metode penelitian literatur: dengan membaca karya buku lain, melakukan kesimpulan dan mengambil informasi kunci buat penyusunan artikel ini; Metode pengalaman: Sebagai seguru Bahasa Indonesia, penulis mengamati dan mengumpulkan informasi penting untuk penyusunan artikel ini. Berdasarkan teori peran guru dan penelitian guru bahasa asing di China, dari perspektif guru bahasa Indonesia, hubungan internal antara subjek guru bahasa Indonesia, lingkungan budaya pendidikan dan presentasi peran guru dianalisis dari tiga aspek, yaitu: esensi, guru dan peran, peran guru bahasa asing di China membawa beban budaya, sosial dan disiplin. Peran guru bahasa Indonesia sangat penting, tetapi jumlahnya tidak mencukupi. Khusus guru bahasa non-universal di Asia Tenggara


Keywords


pendidikan bahasa; peran guru; bahasa indonesia

References


Batmanlusy, D. E., & Kurniawan, M. (2020). Pengembangan Reading Domino sebagai Media Belajar Membaca Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 698. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.615

Duan, G. (2017). Situasi dan Prospek Pendidikan Sarjana untuk Jurusan Bahasa Indonesia di China Saat Ini. http://www.qikan.com.cn

Han, L. (2014). Kajian atas Pengajaran Bahasa Asia ASEAN. HAI WAI YINGYU.

Hengjing, L. (2009). Situasi dan Perkembangan Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Guru Bahasa Asing China Saat Ini. http://www.qikan.com.cn

Liqun, J. (2019). Pengajaran Bahasa Asing dan Pengembangan Bakat Internasional. http://www.qikan.com.cn

Meishen, W. (2018). Penelitian Talenta Indonesia Dalam Rangka Satu Sabuk, Satu Jalan.

Ningtias, N. E. (2022). Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit IIIParts of the Plantuntuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4713–4725. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2657

Ping, L. (2013). Menumbuhkan Jalur China untuk Pengembangan Bahasa Asia Tenggara. http://www.qikan.com.cn

Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500

Qiaoying, L. (2009). Penyelidikan Awal ke Seni Pengajaran Bahasa Asing. https://wenku.baidu.com/view/5fe6826858eef8c75fbfc77da26925c52cc591ab.html?fr=sogou&_wkts_=1673693388488

Qiufang, W. (2019). Perbatasan Penelitian Pendidikan Bahasa Asing. 4. https://wenku.baidu.com/view/fc0b4be8a68da0116c175f0e7cd184254b351b06.html?fr=sogou&_wkts_=1673692244415

Taisheng, L. (2009). Pelatihan Bakat dan Penanggulangan untuk Bahasa Non-umum. https://www.doc88.com/p-907857802913.html?s=rel&id=3

Wenzhong, H. (2001). Analisis Perencanaan Pengajaran Bahasa Asia China. Analisis Bahasa Asing. https://wenku.baidu.com/view/fb284e6fb52acfc788ebc95a.html?fr=sogou&_wkts_=1673705346215

Wibowo, A. P. (2021). Sejarah dan Perkembangan Komunitas Tionghoa di Kecamatan Losari Brebes Tahun 1966-1998 [IAIN Syekh Nurjati Cirebon]. http://repository.syekhnurjati.ac.id/5261

Xiantian, Z. (2013). Penelitian atas Pelaksanaan Pengajaran Berbasis Micro-Lecture. JIAO XUE YUE KAN. https://wenku.baidu.com/view/b34d7ae8aef8941ea76e0559.html?fr=sogou&_wkts_=1673702992066

Yan, Z. (2019). Orientasi Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Asing dan Identitas Guru Bahasa Asing. http://www.qikan.com.cn

Yingying, F. (2016). Masalah-masalah dalam Penerjemahan Bahasa Non-umum. Jurnal Teknologi Dan Inovasi. https://wenku.baidu.com/view/583f843db7daa58da0116c175f0e7cd18425187e?fr=sogou


Refbacks

  • There are currently no refbacks.