Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan nilai-nilai guru bahasa Indonesia di China, mencari solusi untuk memajukan pendidikannya di China. Pendalaman ekonomi pasar internasional China dan Indonesia semakin banyak komunikasi dalam politik, ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, dll.,Keperluannya guru terus meningkat. Metode penelitian literatur: dengan membaca karya buku lain, melakukan kesimpulan dan mengambil informasi kunci buat penyusunan artikel ini; Metode pengalaman: Sebagai seguru Bahasa Indonesia, penulis mengamati dan mengumpulkan informasi penting untuk penyusunan artikel ini. Berdasarkan teori peran guru dan penelitian guru bahasa asing di China, dari perspektif guru bahasa Indonesia, hubungan internal antara subjek guru bahasa Indonesia, lingkungan budaya pendidikan dan presentasi peran guru dianalisis dari tiga aspek, yaitu: esensi, guru dan peran, peran guru bahasa asing di China membawa beban budaya, sosial dan disiplin. Peran guru bahasa Indonesia sangat penting, tetapi jumlahnya tidak mencukupi. Khusus guru bahasa non-universal di Asia Tenggara


Keywords


pendidikan bahasa; peran guru; bahasa indonesia