Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini

Sri Watini(1Mail),
(1) Program Studi PGPAUD STKIP Panca Sakti Bekasi, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Sri Watini

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-01-06
Published : 2019-01-15

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Dengan menerapkan pendekatan ini diharapkan hasil belajar sains pada anak akan meningkat dan lebih bermakna. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Cempaka Pekayon dengan jumlah 18 anak. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Oktober- Desember 201. Metode penelitian adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun dalam metode ini terdiri dari empat tahapan yaitu 1) tahap perencanaan, 2). tahap pelaksanaan, 3). tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Pelaksanaan dalam kegiatan ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar sains dengan prosentase perolehan pada siklus I ranah kognitif 58,5%, ranah afektif 47,1%, ranah psikomotorik 56,1%, siklus II ranah kognitif 66,7%, ranah afektif 59%, ranah psikomotorik 65,7% dan pada siklus III ranah kognitif 78,9%, ranah afektif 84,1%, ranah psikomotorik 84,3%


Keywords


Pendekatan Kontekstual; Hasil Belajar Sains; Anak Usia Dini 5-6 Tahun

References


Arsyad, Azhar. "Media Pembelajaran." 20. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.

Brewer, Ann. “Early Chilhood Education Preschool Through Primary Grades.” 386. University of Maddachusett Lowell Pearson, 2007.

Darmojo, Hendro, and Jenny Kaligis . "Pendidikan IPA I." 5-13. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999.

Darmojo, Hendro, and Jenny Kaligis. "Pendidikan IPA II." 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1991.

Departemen Pendidikan Nasional. "Contextual Teaching and Learning (CTL)`." 3. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, 2003.

Dimyati, and Mudjiono. "Belajar & Pembelajaran ." 13. Jakarta: Rieneka Cipta, 2006.

Hapidin, and Winda Gunarti. "Perencanaan Pengelolaan dan Evaluasi Pengajaran di Taman Kanak-Kanak." 68. Bekasi: Ghiyats Alfian Press, 1997.

Iskandar, Srini, and Edy Hidayat. "Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam." 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1997.

Mulyadi, Seto. "Homeschooling Kak Seto." 133. Bandung: Mizan Pustaka, 2007.

Mulyasa, Endang. "Kurikulum Berbasis Kompetensi." 186. Bandung: Rosdakarya, 2003.

Nasution, Noehi. "Evaluasi Pengajaran." 7. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam , 1996.

Nurhadi. "Kurikulum 2004 Pertanyaan & Jawaban." 107. Jakarta: Grasindo, 2004.

Rogers, Cosby, and Jamet Sawyers. "Play in The Lives of Children." 3. Washington DC: NAEYC, 1995.

Slameto. "Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya." 2. Jakarta: Rieneka Cipta, 2003.

Suharsimi, Arikunto. "Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek." 97. Jakarta: Rieneka Cipta, 2006.

Sujana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya, 2005.

Sujiono, Yuliani Nurani. "Metode Perkembangan Kognitif." 34-35. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2006.

Suyanto, Slamet. "Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini." 53-56. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dorektorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2005.

Usman, User. "Menjadi Guru yang Profesional." 29. Bandung: Rosda Karya, 1989.

Widiaatmadja. "Metodologi Penelitian Tindakan Kelas." 11. Bandung: Rosdakarya, 2008.


Article Metrics

 Abstract Views : 239 times
 PDF Full Text Downloaded : 493 times


This article can be traced from:

Refbacks


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.