Lisik: Lima Pilar Kebijakan Internal Kepala RA Al Hijrah Badrul Ulum dalam Menciptakan Iklim Belajar Kondusif

Authors

  • Muhammad Rifa'i Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Muhammad Shaleh Assingkily Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-1071-9003

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1098

Keywords:

iklim belajar, kebijakan internal, kondusif, lisik

Abstract

Lisik adalah singkatan dari lima pilar kebijakan internal RA Al Hijrah Badrul Ulum, yakni Leadership, Ikhlas, Solid, Integritas dan Komunikatif. Penamaan lisik, didasarkan pada ungkapan bahasa Gayo yang berarti “rajin”. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa program lisik dan aspek harmonisasi sivitas lembaga dalam menciptakan iklim belajar kondusif di RA Al Hijrah Badrul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara secara langsung dan melalui WhatsApp, serta observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, display data dan menarik simpulan. Keabsahan data diperoleh dari teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan internal Kepala RA Al Hijrah Badrul Ulum dengan konsep lisik mampu menciptakan iklim belajar kondusif, hal ini ditandai melalui keselarasan temuan dan teori belajar efektif (kondusif) Gilbert H. Hunt, (1) harmonisasi antar warga RA, (2) kesadaran dalam mendidik anak sebagai amanah Allah swt.; dan (3) pengelolaan pendidikan yang efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Ani Nur. (2014). “Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam” Mimbar Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.863.

Akbar, Irfan Rizka. (2018). “Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru (Study Kasus pada SMK Muhammadiyah Parung)” Tesis. Pamulang: Universitas Pamulang. http://eprints.unpam.ac.id/7320/.

Alfiansyah, M., et.al. (2020). “Kebijakan Internal Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta” MAGISTRA (Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman), 11(1). http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3460.

Aryanti, Widya. (2010). "Penciptaan Iklim Belajar yang Kondusif Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas di SMK Ardjuna 01 Malang" Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Miswar. (2020). “Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid-19)” TAZKIYA, 9(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/836.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2020). “Living Qur’an dan Hadis di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta (Studi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas 1-3)” Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Chizanah, Lu’luatul & M. Noor Rochman Hadjam. (2013). “Penyusunan Instrumen Pengukuran Ikhlas” Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 18(1): 39-49. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol18.iss1.art5.

Creswell, John W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.

Daniah. (2019). "Nilai Kearifan Lokal Didong dalam Upaya Pembinaan Karakter Peserta Didik" Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4585.

Djafri, Novianty. (2020). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini" Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/494.

Fata, Ahmad Khoirul. (2012). “Kepemimpinan dalam Perspektif Pemikiran Politik Islam” Jurnal Review Politik, 2(1): 1-15. http://jurnalfuf.uinsby.ac.id/index.php/JRP/article/view/1001.

Faturahman, Burhanudin Mukhamad. (2018). “Kepemimpinan dalam Budaya Organisasi” MADANI: Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1): 1-11. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/186.

Firdaus. (2017). “Urgensitas Soft Skills dan Character Building bagi Mahasiswa” Jurnal TAPIS, 13(1). https://doi.org/10.24042/tps.v13i1.1620.

Fitrah, Muh. (2017). “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1). http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90.

Handayani, Sri. (2017). “Peningkatan Profesional Guru Melalui Komunikasi Informal” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1365.

Haq, Azhar. (2018). “Motivasi Belajar dalam Meraih Prestasi” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/1081.

Hartono, H Djoko. (2020). “Urgensi Kepemimpinan Inovatif: Studi Kasus Kepala Sekolah Dasar Darul Ulum Pasuruan” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 18(1). http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/348.

Heriyansyah. (2020). “Urgensi Kepemimpinan Guru yang Berkompeten di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1). http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i01.687.

Hidayat, Asep Saepul. (2012). “Manajemen Sekolah Berbasis Karakter” Asian Journal of Innovation and Enterpreneurship (AJIE), 1(1). https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/2580.

Hidayatullah, Muflihun. (2018). “Ikhlas dalam Al-Qur’an: Perspektif Semantik Toshihiko Izutsu” Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40650.

Inanna. (2018). “Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral” JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057.

Jailani, M. Syahran. (2014). “Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580.

Juliantoro, Mohamad. (2017). “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Kependidikan dan Syariah, 5(2). http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/42.

Khairi, Husnuzziadatul. (2018). “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun” Jurnal Warna, 2(2). https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87.

Kurniawan, Rahmat. (2017). "Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas Kondusif di Kelas IVA SD Negeri 13/I Muara Bulian" Jurnal Edukasi. https://repository.unja.ac.id/1180/.

Mardlotillah, Faridatul. (2013). “Implementasi Kebijakan Sekolah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2): 150-155. http://202.52.52.22/index.php/jkpp/article/view/1563.

Marsalin. (2020). “Membangun Integritas di Satuan Pendidikan Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di SDN Antara Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya)” Jurnal Sains Riset, 10(1). http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/211.

Maya, Rahendra & Iko Lesmana. (2018). “Pemikiran Prof. Dr. Mujammil Qomar, M.Ag., tentang Manajemen Pendidikan Islam” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). http://dx.doi.org/10.30868/im.v1i2.281.

Mujib, A. (2012). “Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Islam” Publikasi Ilmiah UMS. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/1746.

Mukti, Nur. (2018). “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah” Jurnal Kependidikan, 6(1): 71-90. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1697.

Munir, Muchamad Agus. (2018). “Strategi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Globalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2). https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i2.593.

Murni. (2016). “Urgensi Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan Islam” Jurnal Intelektualita, 4(2). http://103.107.187.25/index.php/intel/article/view/4134.

Ningrum, Epon. (2016). “Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan” Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/1681.

Pratiwi, Sri Nurabdiah. (2016). “Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah” Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.578.

Puspitasari, Heppy. (2018). “Standar Proses Pembelajaran sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah”Muslim Heritage, 2(1): 339-368. http://10.21154/muslimheritage.v2i2.1115.

Rahmah, Yanti Dwi. (2014). “Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya)” Jurnal Administrasi Publik, 2(4). http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/447.

Rasyid, Harun. (2015). “Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan” Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345.

Sabariah. (2014). “Implementasi Pendidikan Sumang dalam Pembinaan Karakter Siswa MTsN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah” Tesis. Medan: UIN Sumatera Utara Medan. http://repository.uinsu.ac.id/1432/.

Saifuddin, Ahmad. (2015). “Eksistensi Kurikulum Pesantren dan Kebijakan Pendidikan” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1): 207-234. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.207-234.

Sakban, et.al., (2019). “Manajemen Sumber Daya Manusia” Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(1): 93-104. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.721.

Sarjana, Sri & Nur Khayati. (2016). “Pengaruh Etika, Perilaku, dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3). https://dx.doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.450.

Sastrawan, Ketut Bali & Kadek Hengki Primayana. (2020). “Urgensi Pendidikan Humanisme dalam Bingkai A Whole Person” Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(1). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/haridracarya/article/view/619.

Subahri. (2015). “Aktualisasi Akhlak dalam Pendidikan” Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2). http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.660.

Solichin, Mujianto. (2015). “Implementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi” Religi: Jurnal Studi Islam, 6(2). http://journal.unipdu.ac.id/index.php/religi/article/view/486.

Sudrajat, Cucu Jajat, et.al. (2021). "Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19" Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/582.

Sumintono, Bambang. (2013). “Sekolah Unggulan: Pendekatan Pengembangan Kapasitas Sekolah” Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).

Supardi, U.S. (2015). “Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92.

Supriadi, Acep. (2011). "Analisis Prakondisi Implementasi Kebijakan Peningkatan Kompetensi Guru" Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 18(1). http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/2756.

Tanggela, M. (2013). “Analisis Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah di SMP Negeri 2 Batu” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1). http://202.52.52.22/index.php/jkpp/article/view/1505.

Thohir, Umar Faruq. (2018). “Konsep Keluarga dalam Perspektif Al-Qur’an” Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, 4(2): 203-222. https://doi.org/10.36835/assyariah.v4i2.109.

Tidjani, Aisyah. (2017). “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Globalisasi” Reflektika, 12(1): 96-133. http://ejournal.idia.ac.id/index.php/reflektika/article/view/74.

Tillah, Rizqi Mardha. (2019). “Aceh Tengah Racesource” Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(4). http://www.jim.unsyiah.ac.id/ArsitekturPWK/article/view/15023.

Wahyu, Ellyn Eka. (2020). “Urgensi Kepemimpinan Transformasional dan Kecerdasan Emosional pada Perusahaan dalam Merespons Pandemi Covid-19” Prosiding Seminar Nasional Akuntansi, Manajemen, dan Keuangan, 1(1). https://prosiding.polinema.ac.id/sngbs/index.php/snamk/article/view/285.

Wahyuni, Sri, et.al. (2020). “’Mendidik dengan Hati dan Keteladanan’: Branding untuk Menumbuhkan Karakter Pendidik Anak Usia Dini” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 12(2). https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.17294.

Wandasari, Yulisa. (2017). “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(2). http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480.

Widyaningrum, Heny Kusuma & Fauzatul Ma’rufah Rahmanumeta. (2016). “Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Menghadapi Kreativitas Siswa di Masa Depan” Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PIS-FoE/article/view/98.

Yanto, Murni & Irwan Fathurrochman. (2019). “Manajemen Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(3): 123-130. http://repository.iaincurup.ac.id/160/.

Yin, Robert K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. California: SAGE Inc.

Yuliana, Rahmi. (2012). “Peran Komunikasi dalam Organisasi” Jurnal STIE Semarang, 4(3). http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/162.

Yusria. (2018). “Iklim Kelas yang Kondusif untuk Membangun Pendidikan Karakter Kemandirian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Telanaipura Kota Jambi” PEJ (Primary Education Journal), 1(2): 88-92. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/12.

Downloads

Published

05-02-2021

How to Cite

Rifa’i, M., & Assingkily, M. S. (2021). Lisik: Lima Pilar Kebijakan Internal Kepala RA Al Hijrah Badrul Ulum dalam Menciptakan Iklim Belajar Kondusif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1915–1929. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1098

Issue

Section

Articles