Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19

Cucu Jajat Sudrajat(1Mail), Mubiar Agustin(2), Leli Kurniawati(3), Dede Karsa(4),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(4) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Cucu Jajat Sudrajat, Mubiar Agustin, Leli Kurniawati, Dede Karsa

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Download Full Text:   [File Size  : 557KB]  Language : ID
Received : 2020-06-04  |  Published : 2020-07-11

Abstract


Guncangan dahsyat Covid 19, telah menginfeksi setidaknya 6 juta orang di dunia dan hampir 400.000 orang diantaranya meninggal dunia. Akibatnya kehidupan manusia di berbagai sektor terguncang hebat, termasuk sektor pendidikan. Pembelajaran daring disemua jenjang pendidikan tak terkecuali PAUD, adalah solusi terbaik saat ini. Kepala sekolah perlu melakukan langkah strategis agar proses pendidikan PAUD tetap berjalan dan kualitas tetap terjaga. Tujuan penelitian ini adalah mendeksripsikan bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan taman kanak-kanak pada masa pandemi Covid 19 di Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif survei. Subjek penelitian adalah 112 Kepala TK di Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukan, strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan TK pada masa pandemi Covid 19 sangat baik (85,90%). Process Approach (88,24%) merupakan skor teringgi, menunjukan pendekatan proses menjadi prioritas utama dilakukan. Sedangkan tanggung jawab (81,21%) merupakan skor terendah, menunjukan belum optimalnnya pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah masa pandemi covid 19.


Keywords


strategi kepemimpinan kepala sekolah; mutu pendidikan tk; pandemi covid 19

References


Adiwijaya (2020), Kesenjangan akses internet di Asia Tenggara jadi tantangan bagi pengajaran online akibat pandemi COVID-19, Artikel Detik. Net. Diakses 28 April 2020.

Agustin, Mubiar et.al (2020), Burnout Profile of Elementary School Teacher Education, Students (ESTES): "Factors and Implication of Guidance and Counseling Service”. Journal of Elementary Education, Vol 4(1), 38-47. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1640.

Agustin, Mubiar dan Puspita, R. (2020). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Sekolah Dasar, Jurnal Cakrawala Pendas, Vol 6 (1), 84–92.

Akdon (2011), Strategic Management For Education Management, Bandung: Alfabeta.

Arifin, Imron (2011), Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan PAUD Unggulan Nasional. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 18 (1), 36-46.

Anggraeni, G. N., & Nurabadi, A. (2016). Implementasi Peran Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 25(1), 10-17.

Banun, S., & Usman, N. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMPN Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol 4(1), 137- 147

Bell, L. (2010), School Leadership & Management : Formerly School Organization, From Symphony To Jazz : The Concept Of Strategy In Education, Vol 18 (4) 37–41. Https://Doi.Org/10.1080/13632439869420

Beritasatu (2020), Tingkat Kematian Covid 19 di Indonesia Tertinggi di Asia. Berita. www.beritasatu.com/kesehatan/625505. Diakses 26 April 2020.

Blomqvist, C., Agrell, C., & Sandahl, C. (2016). Leadership Challenges Of Strategic Research Centres In Relation To Degree Of Institutionalisation, Journal of Higher Education Policy and Management, Vol 95(08), 1-16. Https://Doi.Org/10.1080/1360080x.2016.1211969

Botha, R. J. N., & Triegaardt, P. K. P. (2017). Distributive Leadership As Management Strategy For School Effectiveness : The Place And Role Of The Oscar Coaching Model In South, African Schools, Journal of Social Sciences, Vol 40 (2): 251-260, Https://Doi.Org/10.1080/09718923.2014.11893322

Bush, Tony & Coleman, M. (2012). Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan. Diterjemahkan Fahrurrozi. Jogjakarta: IRCiSoD

Cheng, Y. C. (2003), Quality Assurance In Education : Internal , Interface , And Future, Quality Assurance in Education Journal, Vol 11(4), 202–213. https://doi.org/10.1108/09684880310501386.

Creswell, J. W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar

Darling, J. R. (1992). Total Quality Management : The Key Role of Leadership Strategies. Leadership & Organization Development Jounal, Vol 13(4), 2–7. https://doi.org/10.1108/01437739210013388.

Depdiknas (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Undang - undang Sistem Pendidikan Nasional.

Eacott, S. (2008). Theory And Practice An Analysis Of Contemporary Literature On Strategy In Education, International Journal Of Leadership In Education , Vol 11 (3), 37–41. Https://Doi.Org/10.1080/13603120701462111

Erlandson, D. A. (2014). Performance Standards For The Principalship : Emergence Of Available Model, School Leadership and Management. Vol 10(1), 11-25. Https://Doi.Org/10.1080/0260136900100102

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol 1(02), 216-240. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295.

Hoy, Wayne K., Miskel, Cecil G.2005. Educational Administration Theory, Research, and Practice. Seventh Edition. New York: Mc Graw Hill.

Hoyle, D. 2007. Quality Management Essentials. Oxford: Elsevier Limited. https://doi.org/10.4324/9780080471396.

Jones, C., & Pound, L. (2008). Leadership and Management in the Early Years from principles to practice. London: Open University Press.

Juliantoro, O. M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Junal Al-Hikmah, 5 no.(2).

Kolesar, Peter J. (1994), What Deming Told the Japanese in 1950 : Critical Evaluations in Bussines and Management, Quality Management Journal, Vol 2(1), 9–24. https://doi.org/10.1080/10686967.1994.11918672.

Kompasiana (2020), Dampak Virus Corona Berimbas Bagi Pendidikan Saat Ini di Indonesia, Berita Edukasi. www.kompasiana.com/rezzawidiautami3362/5e7ded93097f36393028cec2 Diakses 05 Maret 2020.

Kompasiana (2020), Tingkat Kematian Covid 19 dunia 57 Juta Orang Terinfeksi dan 350 Ribu Orang Meninggal Dunia. Berita Edukasi. www.kompas.com/tren/read/2020/05/28/091305865. Diakses 28 Mei 2020.

Mahbub, M., Purnamawati, D., Maslamah, Sopakua, S., & Fauziddin, M. (2020). Educational data mining with clustering technique on the distribution of civil servant teachers in Indonesia. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 2097–2103. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201171

Markides, C. (2004). What Is Strategy And How Do You Know If You Have One ?, Business Strategy Review Summer, vol 15 (2), 5-12. https://doi.org/10.1111/j.0955-6419.2004.00306.x.

Mulyasa (2012). Manajemen dan Kepemimpinana Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Northouse, G. Peter. (2013). Kepemimpinan: Teori dan Praktek. Cet. VI; Jakarta: Penerbit Indeks.

Nanda, Vivek. (2005) Quality Management System Handbook For Product Development Companies. Florida : Crc Press. https://doi.org/10.1201/9781420025309.

Patterson, W. G. (2016). How To Obtain A Principalship, A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, Vol 44 (5), 310-314. https://Doi.Org/10.1080/00098655.1970.11478391

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional

Rivai, Veithzal. (2004). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rodd, J. (2006). Leadership In Early Childhood. Australia: National Library of Australia.

Saifulloh, M., & Zainul Muhibbin, H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619.

Sallis, E, (2012), Total Quality Management in Education, Alih Bahasa, Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi, IRCiSoD, Yogyakarta.

Sari, H. (2016). Kepemimpinan yang Melayani di Sekolah Menengah Tingkat Atas Swasta Kota Salatiga. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 3(2), 265–276. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p265-276.

Sa’ud, Udin S. (2004). Manajemen Mutu Terpadu. Alfabeta : Bandung

Suarga. (2017). Efektivitas penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu layanan administrasi pendidikan. Jurnal Idaarah, Vol 1(20), 23–33. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4081.

Stephen J. Bagnato. (2007). Intervention, Authentic Assesment For Early Childhood. New York: The Guilford Press.

Sturm, R. E., Vera, D., & Crossan, M. (2016). The Entanglement Of Leader Character And Leader Competence And Its Impact On Performance. The Leadership Quarterly. Vol xxx (2016), 1-17. https://Doi.Org/10.1016/J.Leaqua.2016.11.007

Tambunan Sony (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Cet I; Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permsasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

 Abstract Views : 1168 times
 PDF Downloaded : 746 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.