- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Internalisasi Keterampilan Sosial Abad 21 Berbasis Nilai Multikultural dalam Mencegah Bullying di Kota Mataram: Studi Kualitatif dengan Pendekatan Naturalistik
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6944Keywords:
Bullying, Multikultural, Keterampilan Sosial Abad 21Abstract
Pada abad ke-21, berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk lingkungan sekolah, menghadapi tantangan seperti bullying. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses internalisasi dan bentuk keterampilan abad ke-21 berbasis nilai-nilai multikultural dalam mencegah bullying di sekolah. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik digunakan, dengan data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap 15 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi keterampilan abad ke-21 berbasis multikultural dilakukan melalui kolaborasi dalam pembelajaran, pembentukan kelompok heterogen untuk menanamkan toleransi, serta penanaman sikap saling menghargai dalam komunikasi. Keterampilan abad ke-21 seperti critical thinking dikembangkan melalui proyek dan pemecahan masalah, creativity difasilitasi dengan kesempatan yang setara dalam berprestasi, collaboration diperkuat melalui kerja kelompok, dan communication ditumbuhkan dengan memberikan ruang bagi siswa menyampaikan pendapat. Internalizasi keterampilan ini meningkatkan toleransi dan empati, yang berkontribusi dalam meminimalisir bullying di sekolah.
Downloads
References
Abbas, E. W. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education Aslamiah. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 2723–1119.
Abidin, Z. (2017). Kesetaraan Gender Dan Emansipasi Perempuan Dalam Pendidikan Islam. Tarbiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 1-17.
Ali, F. Nurona, A. Eflina N. L. Saadah, L. & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.119
Ali, M. R. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. 5, 173–190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Aprianti, M., Nurkhalisa, M., Arifin, M. H., & Rustini, T. (2022). Peran Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Bertanggung Jawab Sosial Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 184–188. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4539
Ba, Z., Han, Z., Gong, Z., Li, F., Zhang, H., & Zhang, G. (2019). Ethnic differences in experiences of school bullying in China. Children and Youth Services Review, 104, 104402. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104402
Bjärehed, M., Thornberg, R., & Wänström, L. (2021). Moral disengagement and verbal bullying in early adolescence: A three-year longitudinal study. Journal of School. 84, 63-73. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.08.006
Dahlena, A., & Mulyana, E. (2021). Eksistensi Social Behavior Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Keterampilan Peserta Didik di Abad-21. Sosearch : Social Sciece Educational Research, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p24-30
Farris, P. J., & Cooper, S. M. (1994). Elementary social studies: A whole language approach. WCB/McGraw-Hill.
Firdaus, D. K. A. (2020). Internalizing Multiculturalism Values Through Education: Anticipatory Strategies For Multicultural Problems And Intolerance In Indonesia. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 1(6), 131–141. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n1.p131-141.2020
Fuad, A. M. (2018). Peran Guru IPS Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di Kelas VII SMP Islam Sabilurrosyad Gasek Karangbesuk Sukun Malang). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ginanjar, A. (2016). Penguatan Peran IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 1(1), 118-126. https://doi.org/10.15294/harmony.v1i1.15134
Hamidsyukrie ZM, Ilyas, Muhammad; Suryanti, Ni Made Novi; dan Handayani, Nurlaili. (2020). “Bullying Practice and the Understanding of Gender Equality in Senior High School Students in Mataram City.†465(23): 227–29. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.057
Hamidsyukrie, H., Muhammad Ilyas, & Nurlaili Handayani. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa SMA di Kota Mataram. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1081-1090. https://doi.org/10.58230/27454312.382
Hamidsyukrie, Syafruddin, Muhammad, I., & Handayani, N. (2022). Implementasi Model Penanaman Nilai-Nilai Kesetaraan Gender dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMAN 7 Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 363–368. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i4.4171
Harahap, E. & Saputri, N. M. I. (2019). Dampak Psikologis Siswa Korban Bullying Di Sma Negeri 1 Barumun. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling 4(1): 68. http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.v4i1.68-75
Haryani, T. N. & Nurhaeni, I. D. A. (2019). Evaluasi Integrasi Nilai Gender Pada Pendidikan Menengah (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Sragen). Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik 14(1): 94. https://doi.org/10.20961/sp.v14i1.34585
Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp15-28
Inah, N. E., Rudiyanto R, & Kharunnisa, A. (2019). Sekolah yang Responsif Gender (Studi Pada Smkn 5 Kendari). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 14(2): 63. http://dx.doi.org/10.31332/ai.v14i2.1219
Jantzen, C. A. (2020). Two perspectives on togetherness: implications for multicultural education. Multicultural Education Review, 12(1), 31–37. https://doi.org/10.1080/2005615X.2020.1720136
Juwita, V. R. & Kustanti, E. R. (2018). Psikologis Pada Korban Perundungan. Journal Of Empathy, 7(1), 274–282. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20196
Kartikosari, R. & Setyawan, I. (2020). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Intensi Perundungan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama H. Isriati Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 591-596. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21682
Khoerunisa, E., & Habibah, E. (2020). Profil Keterampilan Abad 21 (21st Century Soft Skills) Pada Mahasiswa. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i2.20
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256. https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675
Latif, K., Widiharto, A. C., & Ganefiani. (2023). Kemampuan Kolaborasi Berdasarkan Konsep Diri Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 621–631.
Lehman, C. L. (2017). Multicultural competence: A literature review supporting focused training for preservice teachers teaching diverse students. Journal of Education and Practice, 8(10), 109–116. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1139702.pdf
Llorent, V. J., Diaz-Chaves, A., Zych, I., Twardowska-Staszek, E., & MarÃn-López, I. (2021). Bullying and Cyberbullying in Spain and Poland, and Their Relation to Social, Emotional and Moral Competencies. School Mental Health, 13(3), 535–547. https://doi.org/10.1007/s12310-021-09473-3.
Maulidah, E. (2019). Character Building Dan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1, 138–146. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4740/2424
Mavroudis, N., & Kondoyianni, A. (2022). The effect of drama in education towards the acceptance of different religious identities in a intercultural school. International Journal of Education & the Arts, 23(2). http://doi.org/10.26209/ijea23n2
Minzaripov, R. G., Fakhutdinova, A. V., Mardakhaev, L. V., Volenko, O. I., & Varlamova, E. Y. (2020). Multicultural Educational Approach Influence on Student’s Development. International Journal of Criminology and Sociology, 9, 866–870. https://doi.org/10.6000/1929-4409.2020.09.87
Mulyahati, T. & Rasiban, M. L. (2021). Indonesian Journal of Community and Analysis of the Gender Equality Application in Japanese and IndonesianElementary School Education through Class Pickets. 1(1): 11–14. https://doi.org/10.17509/ijcsne.v1i1.32662
Natardi, Ali Hamzah, dan Witro, Doli. (2020). “Pemikiran Islam Kontemporer Tentang Reposisi Kesetaraan Gender dalam Perspektif Al-Quran.†13(1), 64-76. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/almaiyyah/article/view/8614
Polat, Ö., Sezer, T., & Atış-Akyol, N. (2022). Collaborative learning with mind mapping in the development of social skills of children. Participatory Educational Research, 9(1), 463–480. https://doi.org/10.17275/per.22.25.9.1
Prayogi, R. D. & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46
Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).
Sari, D. P. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 1-24.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
Soekmono, R., & Ningtyas, D. P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.444
Tama, S. E & Sufanti, M. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Theodore, W. & Sudarji, S. (2020). Faktor-Faktor Perilaku Perundungan Pada Pelajar Usia Remaja Di Jakarta. Psibernatik, 12(2).
Thornberg, R., & Delby, H. (2019). How do secondary school students explain bullying?. Educational Research, 61(2), 142–160. https://doi.org/10.1080/00131881.2019.1600376
Tjongjono, B. G. T. Pardede, S. O. & Wiguna, T. (2019). Perundungan-siber (Cyberbullying) serta Masalah Emosi dan Perilaku pada Pelajar Usia 12-15 Tahun di Jakarta Pusat. Sari Pediatri 20(6): 342.
Vaillancourt, T., Brittain, H., Krygsman, A., Farrell, A. H., Landon, S., & Pepler, D. (2021). School bullying before and during COVID-19: Results from a population- based randomized design. Aggressive Behavior, 47(5), 557–569. https://doi.org/10.1002/ab.21986.
Worapun, W. Sinthawa K. & Pinsuda, S. (2022). Teacher Perceptions toward Professional Learning Community on the Development of Thai Students ’ 21st Century Skills. Journal of Educational Issues, 8(1), 59–72. https://doi.org/10.5296/jei.v8i1.19485
Yorman, Y. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournaments Berbasis Direct Instruction Bermuatan Budaya Lokal Maja Labo Dahu Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Sikap Sosial Dalam Mata Pelajaran IPS. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://repo.undiksha.ac.id/17814/
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21,†1(1), 1–17.
Йорман, Й., ЛаÑмаван, I. Ð’., & Кенжебаева, Ð. Т. (2022). ВлиÑние ÐкадемичеÑких ДоÑтижений По Социологии Ðа Поведение, ОÑнованное Ðа МеÑтной Культуре. СтатиÑтика, учет и аудит, 85(2), 122-132. https://doi.org/10.51579/1563-2415.2022-2.14
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hamidsyukrie ZM, Muhammad Ilyas, Ananda Wahidah, Risma Ade Aryanti, Susmawati Susmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: