Internalisasi Keterampilan Sosial Abad 21 Berbasis Nilai Multikultural dalam Mencegah Bullying di Kota Mataram: Studi Kualitatif dengan Pendekatan Naturalistik

Authors

  • Hamidsyukrie ZM Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram, Indonesia, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-6150-6043
  • Muhammad Ilyas Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram, Indonesia, Indonesia
  • Ananda Wahidah Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram, Indonesia, Indonesia
  • Risma Ade Aryati Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram, Indonesia, Indonesia
  • Susmawati Susmawati Pendidikan Sosiologi, Universitas Mataram, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6944

Keywords:

Bullying, Multikultural, Keterampilan Sosial Abad 21

Abstract

Pada abad ke-21, berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk lingkungan sekolah, menghadapi tantangan seperti bullying. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses internalisasi dan bentuk keterampilan abad ke-21 berbasis nilai-nilai multikultural dalam mencegah bullying di sekolah. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik digunakan, dengan data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap 15 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi keterampilan abad ke-21 berbasis multikultural dilakukan melalui kolaborasi dalam pembelajaran, pembentukan kelompok heterogen untuk menanamkan toleransi, serta penanaman sikap saling menghargai dalam komunikasi. Keterampilan abad ke-21 seperti critical thinking dikembangkan melalui proyek dan pemecahan masalah, creativity difasilitasi dengan kesempatan yang setara dalam berprestasi, collaboration diperkuat melalui kerja kelompok, dan communication ditumbuhkan dengan memberikan ruang bagi siswa menyampaikan pendapat. Internalizasi keterampilan ini meningkatkan toleransi dan empati, yang berkontribusi dalam meminimalisir bullying di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, E. W. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education Aslamiah. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 2723–1119.

Abidin, Z. (2017). Kesetaraan Gender Dan Emansipasi Perempuan Dalam Pendidikan Islam. Tarbiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 1-17.

Ali, F. Nurona, A. Eflina N. L. Saadah, L. & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.119

Ali, M. R. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. 5, 173–190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Aprianti, M., Nurkhalisa, M., Arifin, M. H., & Rustini, T. (2022). Peran Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Bertanggung Jawab Sosial Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 184–188. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4539

Ba, Z., Han, Z., Gong, Z., Li, F., Zhang, H., & Zhang, G. (2019). Ethnic differences in experiences of school bullying in China. Children and Youth Services Review, 104, 104402. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104402

Bjärehed, M., Thornberg, R., & Wänström, L. (2021). Moral disengagement and verbal bullying in early adolescence: A three-year longitudinal study. Journal of School. 84, 63-73. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.08.006

Dahlena, A., & Mulyana, E. (2021). Eksistensi Social Behavior Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Keterampilan Peserta Didik di Abad-21. Sosearch : Social Sciece Educational Research, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p24-30

Farris, P. J., & Cooper, S. M. (1994). Elementary social studies: A whole language approach. WCB/McGraw-Hill.

Firdaus, D. K. A. (2020). Internalizing Multiculturalism Values Through Education: Anticipatory Strategies For Multicultural Problems And Intolerance In Indonesia. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 1(6), 131–141. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n1.p131-141.2020

Fuad, A. M. (2018). Peran Guru IPS Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di Kelas VII SMP Islam Sabilurrosyad Gasek Karangbesuk Sukun Malang). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ginanjar, A. (2016). Penguatan Peran IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 1(1), 118-126. https://doi.org/10.15294/harmony.v1i1.15134

Hamidsyukrie ZM, Ilyas, Muhammad; Suryanti, Ni Made Novi; dan Handayani, Nurlaili. (2020). “Bullying Practice and the Understanding of Gender Equality in Senior High School Students in Mataram City.†465(23): 227–29. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.057

Hamidsyukrie, H., Muhammad Ilyas, & Nurlaili Handayani. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa SMA di Kota Mataram. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1081-1090. https://doi.org/10.58230/27454312.382

Hamidsyukrie, Syafruddin, Muhammad, I., & Handayani, N. (2022). Implementasi Model Penanaman Nilai-Nilai Kesetaraan Gender dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMAN 7 Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 363–368. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i4.4171

Harahap, E. & Saputri, N. M. I. (2019). Dampak Psikologis Siswa Korban Bullying Di Sma Negeri 1 Barumun. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling 4(1): 68. http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.v4i1.68-75

Haryani, T. N. & Nurhaeni, I. D. A. (2019). Evaluasi Integrasi Nilai Gender Pada Pendidikan Menengah (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Sragen). Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik 14(1): 94. https://doi.org/10.20961/sp.v14i1.34585

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp15-28

Inah, N. E., Rudiyanto R, & Kharunnisa, A. (2019). Sekolah yang Responsif Gender (Studi Pada Smkn 5 Kendari). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 14(2): 63. http://dx.doi.org/10.31332/ai.v14i2.1219

Jantzen, C. A. (2020). Two perspectives on togetherness: implications for multicultural education. Multicultural Education Review, 12(1), 31–37. https://doi.org/10.1080/2005615X.2020.1720136

Juwita, V. R. & Kustanti, E. R. (2018). Psikologis Pada Korban Perundungan. Journal Of Empathy, 7(1), 274–282. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20196

Kartikosari, R. & Setyawan, I. (2020). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Intensi Perundungan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama H. Isriati Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 591-596. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21682

Khoerunisa, E., & Habibah, E. (2020). Profil Keterampilan Abad 21 (21st Century Soft Skills) Pada Mahasiswa. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i2.20

Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256. https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675

Latif, K., Widiharto, A. C., & Ganefiani. (2023). Kemampuan Kolaborasi Berdasarkan Konsep Diri Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 621–631.

Lehman, C. L. (2017). Multicultural competence: A literature review supporting focused training for preservice teachers teaching diverse students. Journal of Education and Practice, 8(10), 109–116. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1139702.pdf

Llorent, V. J., Diaz-Chaves, A., Zych, I., Twardowska-Staszek, E., & Marín-López, I. (2021). Bullying and Cyberbullying in Spain and Poland, and Their Relation to Social, Emotional and Moral Competencies. School Mental Health, 13(3), 535–547. https://doi.org/10.1007/s12310-021-09473-3.

Maulidah, E. (2019). Character Building Dan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1, 138–146. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4740/2424

Mavroudis, N., & Kondoyianni, A. (2022). The effect of drama in education towards the acceptance of different religious identities in a intercultural school. International Journal of Education & the Arts, 23(2). http://doi.org/10.26209/ijea23n2

Minzaripov, R. G., Fakhutdinova, A. V., Mardakhaev, L. V., Volenko, O. I., & Varlamova, E. Y. (2020). Multicultural Educational Approach Influence on Student’s Development. International Journal of Criminology and Sociology, 9, 866–870. https://doi.org/10.6000/1929-4409.2020.09.87

Mulyahati, T. & Rasiban, M. L. (2021). Indonesian Journal of Community and Analysis of the Gender Equality Application in Japanese and IndonesianElementary School Education through Class Pickets. 1(1): 11–14. https://doi.org/10.17509/ijcsne.v1i1.32662

Natardi, Ali Hamzah, dan Witro, Doli. (2020). “Pemikiran Islam Kontemporer Tentang Reposisi Kesetaraan Gender dalam Perspektif Al-Quran.†13(1), 64-76. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/almaiyyah/article/view/8614

Polat, Ö., Sezer, T., & Atış-Akyol, N. (2022). Collaborative learning with mind mapping in the development of social skills of children. Participatory Educational Research, 9(1), 463–480. https://doi.org/10.17275/per.22.25.9.1

Prayogi, R. D. & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Sari, D. P. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 1-24.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597

Soekmono, R., & Ningtyas, D. P. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural melalui Pendekatan Proyek Kolaboratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.444

Tama, S. E & Sufanti, M. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Theodore, W. & Sudarji, S. (2020). Faktor-Faktor Perilaku Perundungan Pada Pelajar Usia Remaja Di Jakarta. Psibernatik, 12(2).

Thornberg, R., & Delby, H. (2019). How do secondary school students explain bullying?. Educational Research, 61(2), 142–160. https://doi.org/10.1080/00131881.2019.1600376

Tjongjono, B. G. T. Pardede, S. O. & Wiguna, T. (2019). Perundungan-siber (Cyberbullying) serta Masalah Emosi dan Perilaku pada Pelajar Usia 12-15 Tahun di Jakarta Pusat. Sari Pediatri 20(6): 342.

Vaillancourt, T., Brittain, H., Krygsman, A., Farrell, A. H., Landon, S., & Pepler, D. (2021). School bullying before and during COVID-19: Results from a population- based randomized design. Aggressive Behavior, 47(5), 557–569. https://doi.org/10.1002/ab.21986.

Worapun, W. Sinthawa K. & Pinsuda, S. (2022). Teacher Perceptions toward Professional Learning Community on the Development of Thai Students ’ 21st Century Skills. Journal of Educational Issues, 8(1), 59–72. https://doi.org/10.5296/jei.v8i1.19485

Yorman, Y. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournaments Berbasis Direct Instruction Bermuatan Budaya Lokal Maja Labo Dahu Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Sikap Sosial Dalam Mata Pelajaran IPS. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://repo.undiksha.ac.id/17814/

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21,†1(1), 1–17.

Йорман, Й., ЛаÑмаван, I. Ð’., & Кенжебаева, Ð. Т. (2022). ВлиÑние ÐкадемичеÑких ДоÑтижений По Социологии Ðа Поведение, ОÑнованное Ðа МеÑтной Культуре. СтатиÑтика, учет и аудит, 85(2), 122-132. https://doi.org/10.51579/1563-2415.2022-2.14

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

ZM, H., Ilyas, M., Wahidah, A., Aryati, R. A., & Susmawati, S. (2024). Internalisasi Keterampilan Sosial Abad 21 Berbasis Nilai Multikultural dalam Mencegah Bullying di Kota Mataram: Studi Kualitatif dengan Pendekatan Naturalistik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 2133–2146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6944

Issue

Section

Articles