- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penggunaan Media Pembelajaran “Dunia Matematika” dalam Pengenalan Matematika pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6937Keywords:
Dunia Matematika, Matematika, Media Pembelajaran.Abstract
Matematika adalah salah satu aspek dalam pengembangan kognitif yang harus dikembangkan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan media pembelajaran “Dunia Matematika” dalam mengenalkan konsep matematika dengan cara yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok B yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran “Dunia Matematika” bisa menjadi salah satu media pembelajaran dalam mengenalkan konsep matematika pada anak usia dini. Media pembelajaran ini berisi kegiatan pengenalan matematika tentang konsep: 1) angka, 2) pola, 3) geometri, 4) memilih dan mengelompokkan, 5) pengukuran, 6) pengumpulan, pengaturan, dan tampilan data.
Downloads
References
Ardoin, N. M., & Bowers, A. W. (2020). Early childhood environmental education: A systematic review of the research literature . Educational Research Review , 1-16. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100353.
Ariyana, I. K. (2020). Pembelajaran Konsep Pola Untuk Anak Usia Dini Dalam Kaitannya Dengan Problem Solving. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 22-32. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i1.579.
Collins, M. A., & Laski, E. V. (2015). Preschoolers strategies for solving visual pattern tasks. Early Childhood Research Quarterly, 204-214. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.04.004.
Delfia, E., & Mayar, F. (2020). Penanaman Konsep Berhitung Anak melalui Permainan Pencocokkan Kepingan Buah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 340. 10.31004/obsesi.v4i1.350.
Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 18-29. 10.31004/obsesi.v3i1.136.
Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP (Divisi Kencana).
Gunawan, M. T. (2018). Analisis Konstruksi Gender melalui Media Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Johnson, B. R., Fyfe, E. R., Hofer, K. G., & Farran, D. C. (2016). Early Math Trajectories: Low-Income Children's Mathematics Knowledge From Ages 4 to 11. Child Development, 1727-1742. 10.1111/cdev.12662.
Koesmadi, D. P. (2018). Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri dan Klasifikasi Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 1-16. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=JQGMB9MAAAAJ&citation_for_view=JQGMB9MAAAAJ:IjCSPb-OGe4C.
Krisnawati, I., Rahmawati, A. D., & Susdarwati. (2020). PengenalanBentuk Bangun Datar melalui Media Colour Geometry bagi Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 28-39. https://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/14188/6059.
Kurniawati, N. (2020). Pengembangan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Bahan Alam Kardus Bekas di PAUD. JURNAL CERIA (CERDAS ENERGIK RESPONSIF INOVATIF ADAPTIF), 28-33. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/3453.
Lestari, D. (2018). Peningkatan Kemampuan (Mengenal Pola ABCD) melalui Meronce pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 650-657. https://www.semanticscholar.org/paper/PENINGKATAN-KEMAMPUAN-KOGNITIF-(MENGENAL-POLA-PADA-Lestari/8ebfa0924531a70ed2c6d4a7ebf6e267e225bdb1.
Lubis, N. A., & Umar, A. (2022). Pengenalan Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini. SEULANGA: Jurnal Pendidikan Anak, 53-61. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i1.429.
Mahardika, E. K., Darwiyati, Waluyo, S., & Hafa, M. F. (2022). Evaluasi Metode Pembelajaran Melalui Permainan di Taman Kanak Kanak Kota Blitar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2745-2752. 10.31004/obsesi.v6i4.1083.
Mapilindo, Rahmayanti, S., & Nasution, W. N. (2020). Evaluasi Keberhasilan Guru SD dalamPenyampaian Materi Geometri Berdasarkan Model Van Hiele Sesuai K-13 Di Kabupaten Asahan. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 121-129. 10.25273/jems.v8i2.7441.
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 250-258. https://repository.unimal.ac.id/2482/1/Artikel%20Mursalin%20Pada%20Dikma%20Vol%204%20No%202%20Oktober%202016.pdf.
Musrikah. (2017). Pengajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 153-174. https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.153-174.
Nari, N., Akmay, D. Y., & Sasmita, D. (2019). Penerapan Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membilang. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 44-52. 10.21831/jppfa.v7i1.26499.
Nurdiansyah, I., Rasmani, U. E., & Dewi, N. K. (2022). Profil Kemampuan Mengelompokkan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 94-102. https://doi.org/10.20961/kc.v%vi%i.60458.
Nurhazizah. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui Strategi Pembelajaran Kinestetik. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 337-346. https://doi.org/10.21009/JPUD.082.013.
Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Kartu Estafet Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 440-447. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222.
Pradana, P. H. (2016). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 18-25. 10.31004/obsesi.v2i2.38.
Ramani, G. B., & Scalise, N. R. (2018). It’s More than Just Fun and Games: Play-Based Mathematics Activities for Head Start Families. Early Childhood Research Quarterly, 1-41. 10.1016/j.ecresq.2018.07.011.
Romlah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Melalui Kartu Angka Di Taman Kanak-kanak Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1-17. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/2998/2132.
Salwa, S., Amini, A. A., Khasanah, A. F., & Hasanah, L. (2022). Pengenalan Konsep Pengukuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Donat Susun. Jurnal Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak, 43-54. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v5i2.357.
Sugiono, & Kuntjojo. (2016). Pengembangan Model Permainan PRA-CALISTUNG Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 255-276. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.04
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tagle, J., Belecina, R. R., & Jr, J. O. (2016). Developing Algebraic Thinking Skills among Grade Three Pupils through Pictorial Models. EDUCARE: International Journal For Educational Studies, 147-158. https://doi.org/10.2121/edu-ijes.v8i2.752.g724.
Tanoesoedibjo, M. (2024, January 2). Penggunaan Model Pembelajaran di Sekolah. Kuningan, Jakarta, Indonesia.
Ulfa, F. N., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 89-95. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.39354.
Wahyudi, A. I., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8-16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6216.
Warmansyah, J. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 99-120. https://doi.org/10.21009/JPUD.101.06.
Wulansuci, G., & Kurniati, E. (2019). Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 38-44. https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p44-50.1272.
Yulistia, D. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Bahan Kardus Bentuk Geometri di Taman Kanak-Kanak Negeri Sekincau Lampung Barat. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/5861/1/SKRIPSI%20DESTA.pdf.
Zaida, N. A. (2018). Improving the Understanding of the Geometric Shapes through Geoboard (Classroom Action Research in Group B TK Al-Wafa, Sawangan, Kota Depok. JURNAL INDRIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, 116-128. 10.24269/jin.v3i2.1067.
Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 118-134. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4656/3020.
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Duana Fera Risina, Agthilana Indah Jannati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: