Pola Asuh dalam Penanggulangan Balita Stunting melalui Program Kegiatan Gizi

Authors

  • Budi Dyah Lestari Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang, Indonesia
  • Soraya Rosna Samta Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang, Indonesia
  • Siti Fashihatul Muna Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6476

Keywords:

Pola Asuh, Stunting, Program Kesehatan Gizi

Abstract

Penanggulangan stunting tidak hanya bergantung pada intervensi medis dan gizi, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, khususnya dalam hal pemberian makanan, perawatan kesehatan, dan stimulasi tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dengan efektivitas program kegiatan gizi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi pada keluarga balita stunting yang mengikuti program kegiatan gizi di Posyandu dan Puskesmas setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang responsif, konsisten, dan berbasis pada pengetahuan gizi yang tepat sangat berkontribusi terhadap perbaikan status gizi balita. Orang tua yang aktif mengikuti penyuluhan gizi dan mempraktikkan pola asuh yang mendukung tumbuh kembang anak, seperti pemberian makanan bergizi seimbang, dan menjaga kebersihan lingkungan, cenderung memiliki balita dengan peningkatan status gizi yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi antara intervensi gizi dengan pembinaan pola asuh yang tepat dalam upaya menanggulangi stunting secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Budi Dyah Lestari, Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ivet Semarang

Budi Dyah Lestari is a lecturer at Universitas Ivet, Semarang, with a primary focus on Early Childhood Education and the management of Early Childhood Education institutions. Research interests include innovative teaching strategies, child development frameworks, and effective leadership models for Early Childhood Education settings. Actively involved in publishing scholarly works and contributing to research that supports quality education for young learners and professional development for educators.

References

Daftar Pustaka

Islam, M. S., Zafar Ullah, A. N., Mainali, S., Imam, M. A., & Hasan, M. I. (2020). Determinants of stunting during the first 1,000 days of life in Bangladesh: A review. Food Science & Nutrition, 8(9), 4811–4823. https://doi.org/10.1002/fsn3.1795

Leroy, J. L., & Frongillo, E. A. (2019). Perspective: What does stunting really mean? A critical review of the evidence. Advances in Nutrition, 10(2), 196–203. https://doi.org/10.1093/advances/nmy101

Musheiguza, E., Mahande, M. J., Malamala, E., Msuya, S. E., Charles, F., Philemon, R., & Mgongo, M. (2021). Inequalities in stunting among under-five children in Tanzania: Decomposing the concentration indexes using Demographic Health Surveys from 2004/5 to 2015/6. International Journal for Equity in Health, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12939-021-01389-3

Nirmalasari, N. O. (2020). Stunting pada anak: Penyebab dan faktor risiko stunting di Indonesia. Qawwam: Journal for Gender Mainstreaming, 14(1), 19–28. https://doi.org/10.20414/qawwam.v14i1.2372

Novandi, F. (2022). Aksi pencegahan kasus stunting di Kota Samarinda melalui program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat (Pro-Bebaya). Jurnal Riset Inossa, 3(2), 76–86. https://doi.org/10.54902/jri.v3i2.50

Ponum, M., Khan, S., Hasan, O., Mahmood, M. T., Abbas, A., Iftikhar, M., & Arshad, R. (2020). Stunting diagnostic and awareness: Impact assessment study of sociodemographic factors of stunting among school-going children of Pakistan. BMC Pediatrics, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12887-020-02139-0

Rachman, N. N., & Andayani, D. E. (2021). Pengelolaan gizi bencana pada ibu hamil dan ibu menyusui. Ijcnp (Indonesian Journal of Clinical Nutrition Physician), 4(2), 148–164. https://doi.org/10.54773/ijcnp.v4i2.75

Samta, S. R., Utami, L., & Mulyani, L. (2024). Korelasi pola asuh orangtua dengan tumbuh kembang gizi anak usia dini. Sentra Cendekia, 5(2), 76–85. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i2.3382

Surya, S., Nurdin, I., Nur, D., Katili, O., & Ahmad, Z. F. (2019). Faktor ibu, pola asuh anak, dan MPASI terhadap kejadian stunting di Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 3(2), 74–81.

Svefors, P., Pervin, J., Islam Khan, A., Rahman, A., Ekström, E. C., El Arifeen, S., Ekholm Selling, K., & Persson, L. Å. (2020). Stunting, recovery from stunting and puberty development in the Minimat Cohort, Bangladesh. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 109(1), 136–143. https://doi.org/10.1111/apa.14929

Syamsul, W. M. (2018). Analisis permasalahan status gizi kurang pada balita di Puskesmas Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Jurnal Kesehatan Global, 1(3), 127–136.

Tampongangoy, T. D. W. M. J. R. (2019). Pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung. Jurnal Administrasi Publik, 5(78), 1–15.

Usada, N. K., Wanodya, K. S., & Trisna, N. (2021). Analisis spasial gizi kurang balita di Kota Tangerang Tahun 2019. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v2i1.4740

Wardita, Y., Suprayitno, E., & Kurniyati, E. M. (n.d.). Determinan kejadian stunting pada balita. Journal of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan), 6(1), 74–80. https://doi.org/10.24929/jik.v6i1.1347

Zurhayati, Z., & Hidayah, N. (2022). Faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada balita. Jomis (Journal of Midwifery Science), 6(1), 1–8. https://doi.org/10.36341/jomis.v6i1.1730

Downloads

Published

08-07-2025

How to Cite

Lestari, B. D., Samta, S. R., & Muna, S. F. (2025). Pola Asuh dalam Penanggulangan Balita Stunting melalui Program Kegiatan Gizi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1693–1698. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6476

Issue

Section

Articles