Pengembangan Komik “Gen Alpha Jago Bisnis” Media Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Anak Prasekolah

Authors

  • Lizza Suzanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-5736-2625
  • Rr. Deni Widjayatri Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Syifa Fauziyah Anwar Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nur Aliza Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Azumah Lola Safira Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Risma Rustianingrum Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6250

Keywords:

Komik Gen Alpha Jago Bisnis, Internalisasi Nilai Kewirausahaan, Anak Prasekolah

Abstract

Internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada anak prasekolah penting untuk membentuk karakter dan mengembangkan keterampilan sebagai fondasi yang dibutuhkan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik yang diberi judul “Gen Alpha Jago Bisnis†melalui R&D model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Partisipan terdiri dari ahli materi, ahli media, guru, dan anak prasekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media dalam menginternalisasi nilai-nilai kewirausahaan bagi anak prasekolah berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru. Sementara itu, pengetahuan dan sikap anak pada saat menggunakan komik berada pada kategori tinggi. Implikasi praktisnya komik ini dapat digunakan sebagai media untuk membantu guru dan orang tua mempelajari nilai-nilai kewirausahaan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Hal ini akan mengajarkan anak-anak untuk menjadi kreatif, mandiri, mampu membuat keputusan, dan mampu memecahkan masalah sejak dini. Anak-anak juga belajar keterampilan hidup penting lainnya yang berguna untuk masa depan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrejeva, R., & Usca, S. (2024). the Possibilities of Development of the Child’S Creativity and Entrepreneurship in a Pre-School. Education. Innovation. Diversity., 2(7), 72–82. https://doi.org/10.17770/eid2023.2.7351

Astuti, R., & Qadafi, M. (2020). Internalizing Entrepreneurship Values Since the Early Age to Face the 4.0 Industrial Revolution at TK Khalifah Yogyakarta. 454(Ecep 2019), 204–208. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.040

Azizah, I. N., Fertiliana Dea, L., & Yusuf, M. (2021). Eksperimentasi Media Pembelajaran Komik Edukasi Pengenalan Angka Bagi Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 16–21.

Barus, A. S. B. (2021). Pengembangan Komik Digital Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Kuta Utara.

Bell, R., & Bell, H. (2020). Applying educational theory to develop a framework to support the delivery of experiential entrepreneurship education. Journal of Small Business and Enterprise Development, 27(6), 987–1004. https://doi.org/10.1108/JSBED-01-2020-0012

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Christianti, M., Cholimah, N., & Suprayitno, B. (2015). Development of Entrepreneurship Learning Model for Early Childhood. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(3), 65–70. www.apjmr.com

Da Silva, A. B., Dos Santos, G. T., & De Araújo Bispo, A. C. K. (2017). The comics as teaching strategy in learning of students in an undergraduate management program. Revista de Administracao Mackenzie, 18(1), 40–65. https://doi.org/10.1590/1678-69712017/administracao.v18n1p40-65

Darmadi, M. P., & Handoko, B. (2014). Perancangan Museum Komik Indonesia. Interior Design, 3(1).

DeVito, D. (2023). Unleashing the Entrepreneurial Spirit: Nurturing Elementary Students’ Potential for Innovation, Creativity, and Fearless Exploration. International Journal of Music Entrepreneurship and Leadership, 1(1), 17. https://doi.org/10.61629/ijmel.v1i1.9

Draksler, T. Z., & Širec, K. (2018). Conceptual Research Model for Studying Students’ Entrepreneurial Competencies. Naše Gospodarstvo/Our Economy, 64(4), 23–33. https://doi.org/10.2478/ngoe-2018-0020

Egistiani, S., Wibowo, D. V., Nurseha, A., & Kurnia, T. (2023). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045. Educatio, 17(2), 141–152. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.6859

Fitriyah, I., & Susilawati, S. (2023). Internalisasi Jiwa Entrepreneur Melalui Pendidikan Kewirausahaan Pada Siswa Madrasah Aliyah. Dinamika Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 2(4), 386–399.

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Jennah, R., Mazrur, M., & Rahmaniati, R. (2023). Video-Based Moral Learning: An Internalization of Values in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2733–2741. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4247

Jufri, M., & Wirawan, H. (2018). Internalizing the spirit of entrepreneurship in early childhood education through traditional games. Education and Training, 60(7/8), 767–780. https://doi.org/10.1108/ET-11-2016-0176

Kemdikbud. (2024). Instrumen Penilaian dan Penelaahan. https://bntp.buku.kemdikbud.go.id/instrumen

Li, B., Ren, K., Guo, Q., Huang, X., & Chen, J. (2022). Analysis on the Moderating Effect of Innovation and Entrepreneurship Education Mode and Locus of Control of College Teachers and Students Based on Comic Style Recognition. Frontiers in Psychology, 13(6), 1–16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.843665

Mulyati, T., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2021). Pembelajaran Interaktif Melalui Media Komik Sebagai Solusi Pembelajaran Dimasa Pandemi. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 28–39. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4054

Pannone, S. J. (2017). The influence of homeschooling on entrepreneurial activities: a collective case study. Education + Training, 59(7/8), 706–719. https://doi.org/10.1108/ET-05-2016-0091

Purnama Triana, N., Suzanti, L., & Deni Widjayatri, R. (2024). Aktivitas Market Day Sebagai Strategi untuk Pengembangan Entrepreneurship Skill Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 327–342. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.560

Rahmatullah, R., Inanna, I., Rakib, M., Mustari, M., & Rabania, R. (2020). Developing Tematic Economic Comic with Characters for Early Childhood. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(3), 293–300. https://doi.org/10.26858/est.v6i3.14949

Rahmita, Y., Solfiah, Y., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan Media Komik Digital untuk Media Pelajaran Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10331–10338. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2621

Rohima, U. R., & Afifah, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini melalui Media Buku Balita Berakhlak Mulia. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 69. https://doi.org/10.28944/fakta.v2i2.240

Setyaningsih, A., Canda Sakti, N., & Sudarwanto, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Peluang Usaha Produk Barang atau Jasa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(2), 260–273. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i2.53389

Suganda, A. P., Setiawan, A., & Ma’ruf, M. F. (2022). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(1), 8–15. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.187

Suzanti, L., & Maesaroh, S. (2018). Entrepreneurship Learning for Early Childhood. Iceee, 403–410. https://doi.org/10.5220/0006887004030410

Trisdiana, Y., Hendratno, H., & Jannah, M. (2022). The Effect of Simulation Game Learning on Increasing Entrepreneurship Values and Children’s Independence. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2143–2152. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1005

Ulfah, A. (2016). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Madaniyah, In Seminar, 1–7.

Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5100–5111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Suzanti, L., Widjayatri, R. D., Anwar, S. F., Aliza, N., Safira, A. L., & Rustianingrum, R. (2024). Pengembangan Komik “Gen Alpha Jago Bisnis” Media Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Anak Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1947–1960. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6250

Issue

Section

Articles