- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Komik “Gen Alpha Jago Bisnis†Media Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Anak Prasekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6250Keywords:
Komik Gen Alpha Jago Bisnis, Internalisasi Nilai Kewirausahaan, Anak PrasekolahAbstract
Internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada anak prasekolah penting untuk membentuk karakter dan mengembangkan keterampilan sebagai fondasi yang dibutuhkan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik yang diberi judul “Gen Alpha Jago Bisnis†melalui R&D model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Partisipan terdiri dari ahli materi, ahli media, guru, dan anak prasekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media dalam menginternalisasi nilai-nilai kewirausahaan bagi anak prasekolah berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru. Sementara itu, pengetahuan dan sikap anak pada saat menggunakan komik berada pada kategori tinggi. Implikasi praktisnya komik ini dapat digunakan sebagai media untuk membantu guru dan orang tua mempelajari nilai-nilai kewirausahaan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Hal ini akan mengajarkan anak-anak untuk menjadi kreatif, mandiri, mampu membuat keputusan, dan mampu memecahkan masalah sejak dini. Anak-anak juga belajar keterampilan hidup penting lainnya yang berguna untuk masa depan mereka.
Downloads
References
Andrejeva, R., & Usca, S. (2024). the Possibilities of Development of the Child’S Creativity and Entrepreneurship in a Pre-School. Education. Innovation. Diversity., 2(7), 72–82. https://doi.org/10.17770/eid2023.2.7351
Astuti, R., & Qadafi, M. (2020). Internalizing Entrepreneurship Values Since the Early Age to Face the 4.0 Industrial Revolution at TK Khalifah Yogyakarta. 454(Ecep 2019), 204–208. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.040
Azizah, I. N., Fertiliana Dea, L., & Yusuf, M. (2021). Eksperimentasi Media Pembelajaran Komik Edukasi Pengenalan Angka Bagi Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 16–21.
Barus, A. S. B. (2021). Pengembangan Komik Digital Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Kuta Utara.
Bell, R., & Bell, H. (2020). Applying educational theory to develop a framework to support the delivery of experiential entrepreneurship education. Journal of Small Business and Enterprise Development, 27(6), 987–1004. https://doi.org/10.1108/JSBED-01-2020-0012
Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295
Christianti, M., Cholimah, N., & Suprayitno, B. (2015). Development of Entrepreneurship Learning Model for Early Childhood. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(3), 65–70. www.apjmr.com
Da Silva, A. B., Dos Santos, G. T., & De Araújo Bispo, A. C. K. (2017). The comics as teaching strategy in learning of students in an undergraduate management program. Revista de Administracao Mackenzie, 18(1), 40–65. https://doi.org/10.1590/1678-69712017/administracao.v18n1p40-65
Darmadi, M. P., & Handoko, B. (2014). Perancangan Museum Komik Indonesia. Interior Design, 3(1).
DeVito, D. (2023). Unleashing the Entrepreneurial Spirit: Nurturing Elementary Students’ Potential for Innovation, Creativity, and Fearless Exploration. International Journal of Music Entrepreneurship and Leadership, 1(1), 17. https://doi.org/10.61629/ijmel.v1i1.9
Draksler, T. Z., & Širec, K. (2018). Conceptual Research Model for Studying Students’ Entrepreneurial Competencies. Naše Gospodarstvo/Our Economy, 64(4), 23–33. https://doi.org/10.2478/ngoe-2018-0020
Egistiani, S., Wibowo, D. V., Nurseha, A., & Kurnia, T. (2023). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045. Educatio, 17(2), 141–152. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.6859
Fitriyah, I., & Susilawati, S. (2023). Internalisasi Jiwa Entrepreneur Melalui Pendidikan Kewirausahaan Pada Siswa Madrasah Aliyah. Dinamika Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 2(4), 386–399.
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Jennah, R., Mazrur, M., & Rahmaniati, R. (2023). Video-Based Moral Learning: An Internalization of Values in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2733–2741. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4247
Jufri, M., & Wirawan, H. (2018). Internalizing the spirit of entrepreneurship in early childhood education through traditional games. Education and Training, 60(7/8), 767–780. https://doi.org/10.1108/ET-11-2016-0176
Kemdikbud. (2024). Instrumen Penilaian dan Penelaahan. https://bntp.buku.kemdikbud.go.id/instrumen
Li, B., Ren, K., Guo, Q., Huang, X., & Chen, J. (2022). Analysis on the Moderating Effect of Innovation and Entrepreneurship Education Mode and Locus of Control of College Teachers and Students Based on Comic Style Recognition. Frontiers in Psychology, 13(6), 1–16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.843665
Mulyati, T., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2021). Pembelajaran Interaktif Melalui Media Komik Sebagai Solusi Pembelajaran Dimasa Pandemi. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 28–39. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4054
Pannone, S. J. (2017). The influence of homeschooling on entrepreneurial activities: a collective case study. Education + Training, 59(7/8), 706–719. https://doi.org/10.1108/ET-05-2016-0091
Purnama Triana, N., Suzanti, L., & Deni Widjayatri, R. (2024). Aktivitas Market Day Sebagai Strategi untuk Pengembangan Entrepreneurship Skill Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 327–342. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.560
Rahmatullah, R., Inanna, I., Rakib, M., Mustari, M., & Rabania, R. (2020). Developing Tematic Economic Comic with Characters for Early Childhood. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(3), 293–300. https://doi.org/10.26858/est.v6i3.14949
Rahmita, Y., Solfiah, Y., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan Media Komik Digital untuk Media Pelajaran Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10331–10338. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2621
Rohima, U. R., & Afifah, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini melalui Media Buku Balita Berakhlak Mulia. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 69. https://doi.org/10.28944/fakta.v2i2.240
Setyaningsih, A., Canda Sakti, N., & Sudarwanto, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Peluang Usaha Produk Barang atau Jasa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(2), 260–273. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i2.53389
Suganda, A. P., Setiawan, A., & Ma’ruf, M. F. (2022). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(1), 8–15. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.187
Suzanti, L., & Maesaroh, S. (2018). Entrepreneurship Learning for Early Childhood. Iceee, 403–410. https://doi.org/10.5220/0006887004030410
Trisdiana, Y., Hendratno, H., & Jannah, M. (2022). The Effect of Simulation Game Learning on Increasing Entrepreneurship Values and Children’s Independence. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2143–2152. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1005
Ulfah, A. (2016). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Madaniyah, In Seminar, 1–7.
Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5100–5111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600