- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pendampingan Kepala Sekolah: Efektivitas Penerapan Discrepancy Evaluation Model pada Manajemen Pengawas Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5901Keywords:
manajemen pendampingan, evaluasi, DEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan discrepancy evaluation model (DEM) dalam manajemen pengawas Taman Kanak-Kanak di Tebo. Metode yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan mengadopsi DEM. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan diskusi kelompok terfokus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial pengawas dalam mendampingi sekolah TK memperoleh skor kriteria 60,1 (kategori C, cukup), dengan discrepancy sebesar 39,9%. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengawas belum sepenuhnya memenuhi standar manajerial yang baik dalam tugas pendampingan. Untuk meningkatkan efektivitas pendampingan, pengawas diharapkan mampu melaksanakan fungsi manajemen secara lebih baik, termasuk perencanaan, pengorganisasian sumber daya, penyusunan langkah pendampingan, pengarahan, dan refleksi. Selain itu, dibutuhkan keterbukaan emosional dan koneksi yang kuat antara pengawas dan pihak sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan kompetensi manajerial pengawas dalam pendampingan sekolah untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Downloads
References
Adawiyah, R. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Karakter (Kajian Empiris di Sekolah Percontohan). Tahura Media.
Afiyanti, Y. (2008). Focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) sebagai metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62. https://doi.org//10.7454/jki.v12i1.201
Amruddin, & Dkk. (2022). Pengantar Manajemen: Konsep dan Pendekatan Teoretis. Media Sains Indonesia.
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana Publishing (Vol. 53, Nomor 9).
Arifin, Z. (2019). Evaluasi Program. Remaja Rosdakarya.
Budhiwaluyo, N., Asyhar, R., Hariyadi, B., & others. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja pada Praktikum Struktur dan Fungsi Sel Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v5i2.3387
Chairunnisa, C., & Istaryatiningtias. (2023). Sebuah kajian tentang evaluasi Program Indonesia Pintar bagi Anak. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12, 58–63. https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.124668
Daud, Y. M. (2024). Problematika dan Urgensi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Nila-Nilai Manajerial di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7, 6253–6262. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33729
Ekawati, E. Y., & Iriani, A. (2020). Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525
Fadhilah, N., & Asmanah. (2023). Model discrepancy sebagai evaluasi program pendidikan. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5, 1108–1117. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4
FAJ, M. I. F. A. J. I., & Hamdaniyah, S. (2023). Model Kepemimpinan Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10635
Fathoni, A. (2011). Metodologi Penelitian. Rineka Cipta.
Fattah, N. (2014). Analisis Kebijakan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Firmansyah M.A, & Mahardika B.W. (2018). Pengantar Manajemen (Nomor January). Deepublish.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1981). Effective Evaluation. Jossey-Bass.
Haryati, T., Padilah, E., & Patras, Y. E. (2023). Evaluasi Implementasi Program Ujian Madrasah Di Kecamatan Cipanas Dengan Menggunakan Discrepancy Evaluation Model. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(01), 32–039. https://doi.org/10.33751/jmp.v11i1.7704
Indriani, F. I., & Holisah, H. (2022). Evaluation of the implementation of the Teaching Campus program in elementary school: A phenomenological approach. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(2), 137–159. https://doi.org/10.21831/pep.v26i2.46834
Jamil, Z. A. (2020). Evaluasi Program Ma’Had Aljamiah Iain Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Penerapan Model Cipp Dan Dem). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 41–50. https://doi.org/10.21009/10.21009/jep.0121
Khaerudin. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Pesantren (Nomor 1).
Kuraesin, E. (2020). Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 167–174. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4380
Malik Ibrahim, M. (2018). Penelitian Evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kualitatif). In Alauddin University Press, Makassar.
Mardiana, M., Anas, I., Simbala, W., Abbas, A. L., & Nur, A. (2024). Analisis Peran Pengawas Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(1), 590–600. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.833
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Qualitative Data Analysis terjemahan Tjetjep Rohendi Rohedi. UI-Press.
Mulyadi, & Winarso, W. (2020). Pengantar Manajemen. CV. Pena Persada.
Musringudin, Ghani, A. R. A., & Priyono, D. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Media Sains Indonesia.
Mustafa, P. (2021). Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan. Palapa Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 9, 25–32. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2912
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Nurhakim, H. A., & Fahruddin. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Daring Dengan Model Cipp. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 111–118. https://doi.org/10.21009/jep.v13i2.27456
Nuryadin, A. A., & dkk. (2022). Dasar-Dasar Manajemen. Tahta Media Group.
Olan, L. N., & Dkk. (2022). Evaluasi Pembelajaran Reproduksi Manusia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu Menggunakan Model Gool Oriented Evaluation. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13, 9–13. https://doi.org/10.21009/jep.v13i1
Patton, M. Q. (2009). Qualitative Evaluation Method, terjemahan Budi Puspo Priyadi. Pustaka Pelajar.
Priatna, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pengawas Sekolah Dasar Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 278–287. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4823
Prihatini, A. E., & Dewi, R. S. (2021). Buku Ajar Azas-Azas Manajemen.
Purnama, A., Badaruddin, K., & Febriyanti, F. (2020). Fungsi Actuating Dalam Layanan Perpustakaan di SMA Islam Terpadu Kota Palembang. Studia Manageria, 2(2), 111–128. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i2.4626
Ragil, Y. A., Meilani, S. M., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 567. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.420
RI, K. (2023). Petunjuk Teknis Siklus Pendampingan Kepala Sekolah.
Ria, R. R. P. (2021). Evaluasi Program Kelas Riset di MAN 2 Ponorogo Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(2), 43–50. https://doi.org/10.21009/jisae.012.02.01
Riinawati. (2021). Pengatar Evaluasi Pendidikan. Thema Publishing.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17, 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rohman, A. (2017). Dasar dasar manejemen (I). Inteligensia Media.
Rohmatulloh, R., Kusumastuti, R., & Shiddiq, J. A. (2016). Penentuan Kriteria Evaluasi Kinerja Widyaiswara Menggunakan Nominal Group Technique. Jurnal Teknik Industri, 17(2), 51–61. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol17.No2.51-61
Sakinah, N. (2017). Penerapan Fungsi Actuating Pesantren dalam Upaya Pembinaan Tahfidz. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 17(1), 95–112. https://doi.org/10.15575/anida.v17i1.5058
Salamah, U., & Istiyono, E. (2022). Evaluation of Teacher Professional Training (TPT) program in the position of full online learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(2), 116–125. https://doi.org/10.21831/pep.v26i2.43978
Subekti, I. (2022). Pengorganisasian Dalam Pendidikan. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.422
Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Sugiri, S. (2021). Evaluasi Program Implementasi Budaya Industri 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Di SMK PN 2 Purworejo. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 49–58. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.9031
Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya (Anis Eliyana (ed.)). Gava Media.
Supahar, S., & Prasetyo, Z. K. (2015). Pengembangan instrumen penilaian kinerja kemampuan inkuiri peserta didik pada mata pelajaran fisika SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 96–108. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4560
Suprapto, H. (2017). Metodologi Penelitian: untuk Karya Ilmiah. Gosyen Publishing.
Susilawati, S., & Iriani, A. (2023). Evaluasi Program Parenting dengan Model Goal Free. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2577–2588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4245
Tanjung, Z., Gusman, S. W., & Erawadi, E. (2021). Peranan Pengawas Dalam Peningkatan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Sibolga. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 6(2). https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/150
Uno, H. B., Sofyan, H., & Candiasa, I. M. (2001). Pengembangan instrumen untuk penelitian. Jakarta: Delima Press.
Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259
Vanderstoep, S. W., & Johnston, D. D. (2009). Research Methods for Everyday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches. Jossey-Bass.
Widiana, M. E. (2020). Pengantar Manajemen. Pena Persada.
Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien. In Syarbaini Saleh (Ed.), Perdana. Perdana Publishing.
Winaryati, E. (2014). Kompetensi pengawas dalam supervisi akademik pada SMP di kota Semarang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 2(1), 6–13. https://doi.org/10.26714/jps.2.1.2014.6-13
Yati, F., & Yaswinda, Y. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238
Yunengsih, N. (2023). Peranan Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2, 21–32. https://jurnal.azkahafidzmaulana.my.id/index.php/ilpen/article/view/26
Yusuf, & Dkk. (2023). Teori Manajemen (Pertama). Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.