Revitalisasi Cerita Rakyat Melayu Riau untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini

Authors

  • Evi Rahayu Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam AL-Kifayah Riau, Indonesia
  • Neni Neni Sekolah Tinggi Agama Islam Rokan Bagan Batu, Indonesia
  • Syahri Ramadhan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam AL-Kifayah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.5489

Keywords:

Kemampuan Bahasa, Cerita Rakyat, Anak Usia Dini

Abstract

Warisan budaya melayu riau dapat menjadi sumber daya lokal yang berharga bagi taman kanak-kanak di Riau untuk meningkatkan kemampuan bahasa siswa. Salah satu cara memasukkan budaya Melayu Riau sebagai media pembelajaran. Memanfaatkan cerita rakyat dan legenda tradisional daerah sebagai sumber pendidikan memungkinkan anak-anak berinteraksi secara aktif dengan bahasa. Bercerita tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa, termasuk kosa kata dan pemahaman, tetapi juga memperkenalkan anak usia dini pada nilai-nilai budaya dan tradisi. Kemampuan bahasa anak usia dini sangat penting bagi perkembangan kognitif dan akademik. Penelitian ini berujuan meningkat kemampuan bahasa anak usia dini dengan media cerita rakyat melayu Riau. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanaakn dalam 3 siklus. Penelitian ini dilaksanaakan di TK Cemara Indah 2 Pekanbaru. Subjek penelitian ini 18 anak yang berada di kelas A. Hasil penelitian  ini adalah  media cerita rakyat Melayu dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.Hal ini dibuktikan dengan peningkatan di kemampuan bahasa anak setiap siklusnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, S. agung, Afandi, M., Erdayani, R., & Lestari, R. (2023). Mapping study: Analysis of the Riau vision 2025 research. International Journal on Social Science, Economics and Art, 12(4), 189–199. https://doi.org/10.35335/ijosea.v12i4.120

Akyol, T., Kahriman-Pamuk, D., & Elmas, R. (2018). Drama in Education for Sustainable Development: Preservice Preschool Teachers on Stage. Journal of Education and Learning, 7(5), 102. https://doi.org/10.5539/jel.v7n5p102

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.

Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 193. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8544

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bornehag, C. G., Lindh, C., Reichenberg, A., Wikström, S., Unenge Hallerback, M., Evans, S. F., Sathyanarayana, S., Barrett, E. S., Nguyen, R. H. N., Bush, N. R., & Swan, S. H. (2018). Association of Prenatal Phthalate Exposure with Language Development in Early Childhood. JAMA Pediatrics, 172(12), 1169–1176. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2018.3115

Dere, Z. (2019). Investigating the creativity of children in early childhood education institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652–658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302

Erni, E., & Herwandi, H. (2018). Pendidikan Nilai Karakter dalam Tradisi Lisan Nyanyi Panjang Bujang Si Undang pada Masyarakat Suku Petalangan Provinsi Riau. Geram (Gerakan Aktif Menulis), 6(1), 17–25. https://doi.org/10.25299/geram.2018.vol6(1).1258

Fitrotuzzakia, R. (2014). Hubungan Cerita Rakyat Riau dengan Pendidikan Multikultural. Uin Syarif Hidayatullah.

Garrity, S., Aquino-Sterling, C. R., Van Liew, C., & Day, A. (2018). Beliefs about bilingualism, bilingual education, and dual language development of early childhood preservice teachers raised in a Prop 227 environment. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 21(2), 179–196. https://doi.org/10.1080/13670050.2016.1148113

Gürsoy, G. (2021). Digital storytelling: Developing 21st century skills in science education. European Journal of Educational Research, 10(1), 97–113. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.97

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. j

Güvey Aktay, E. (2020). Writing a Folktale as an Activity of Written Expression: Digital Folktales with StoryJumper. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 15(3), 159–185. https://doi.org/10.29329/epasr.2020.270.8

Imam Tabroni, & Rini Purnama Sari. (2023). Role playing method: a solution to improve learning outcomes in islamic education. KAMPRET Journal, 2(2), 63–68.

Köksal Akyol, A. (2018). Examination of the effect of drama education on multiple intelligence areas of children. Early Child Development and Care, 188(2), 157–167. Kryeziu, S. D. (2019). Language Development Through Drama in Preschoolers. European Journal of Language and Literature, 5(1), 15. https://doi.org/10.26417/ejls-2019.v5i1-189

Kurnia, R., Guslinda, G., & Safriyanti, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Membaca Melalui Buku Cerita Rakyat Melayu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 803. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.457

Kwami, R. (2008). A West African Folktale in the Classroom. British Journal of Music Education, 3(1), 5–18. https://doi.org/10.1017/S026505170000509X

Mujahidah, N., Damayanti, E., & Afiif, A. (2021). The Role of Storytelling Methods Using Hand Puppets in Early Children’s Language Development. Child Education Journal, 3(2), 78–91. https://doi.org/10.33086/cej.v3i2.2129

Mutasa, D. E., Nyota, S., & Mapara, J. (2008). Ngano : Teaching Environmental Education Using the Shona Folktale. The Journal of Pan African Studies, 2(3), 33–54.

Ningsih, W., Akhyar, Y., & Puspita, Y. (2023). Using CVC ( Consonant Vowel Consonant ) With Picture Media In Teaching Vocabulary For The Young Learner. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–9.

Nisdawati, Atmazaki, & Faizah, H. (2015). Nilai-Nilai Dalam Teks Cerita Panglimo Awang Pada Tradisi Bukoba Masyarakat Melayu Pasir Pengaraian. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 3(1), 1–23.

S, E., Andayani, A., & Wardani, N. E. (2022). Riau Malay Culture as Local Content: Its Application in Schools in Riau. ICHSSS, 1(1), 2–7. https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2021.2322568

Sone, E. M. (2018). The Folktale and Social Values in Traditional Africa. Eastern African Literary and Cultural Studies, 4(2), 142–159. https://doi.org/10.1080/23277408.2018.1485314

Sugiarti, Andalas, E. F., & Bhakti, A. D. P. (2022). Representasi Maskulinitas Laki-laki dalam Cerita Rakyat Nusantara. KEMBARA : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 181–196. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara

Suzuki, W. A., Feliú-Mójer, M. I., Hasson, U., Yehuda, R., & Zarate, J. M. (2018). Dialogues: The science and power of storytelling. Journal of Neuroscience, 38(44), 9468–9470. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.1942-18.2018

Tambusai, K. (2021). Hubungan Adat Melayu dengan Pendidikan Agama Anak dalam Keluarga. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/eduglobal/article/view/449

Umaschi, M., & Cassell, J. (2019). Interactive Storytelling System for Children: Using Technology to Explore Languange and Identity. International Jornal of Inclusive Education, 9(2), 43–61.

Valentini, M., Bernardini, C., Beretta, A., & Raiola, G. (2018). Movement and language development as an early childhood twin strategy: A systematic review. Sport Mont, 16(3), 107–112. https://doi.org/10.26773/smj.181019

Walan, S., & Enochsson, A. B. (2019). The potential of using a combination of storytelling and drama, when teaching young children science. European Early Childhood Education Research Journal, 27(6), 821–836. https://doi.org/10.1080/1350293X.2019.1678923

Westborg, J. (2019). The Educational Role-Playing Game Design Matrix: Mapping Design Components onto Types of Education. International Role Playing, 13(2), 18–30.

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2019). Dekonstruksi Dongeng Bawang Merah Bawang Putih Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Ni. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 27(2), 58–66.

Downloads

Published

23-12-2024

How to Cite

Rahayu, E., Neni, N., & Ramadhan, S. (2024). Revitalisasi Cerita Rakyat Melayu Riau untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1694–1706. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.5489

Issue

Section

Articles