- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Profil Kompetensi Guru TK Bersertifikat di Wilayah Jabodetabek
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4011Keywords:
kompetensi guru, guru tk, guru bersertifikatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah memetakan dan menganalisis kompetensi guru-guru TK bersertifikat. Adapun tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi pengembangan kompetensi guru (BASIRU) dimana guru akan mengetahui kompetensi apa yang akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah guru TK bersertifikat se-Jabodetabek. Responden pada penelitian ini sebanyak 70 responden dan dilakukan mulai Maret – November 2022. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Guru yang bersertifikasi memiliki lebih berkompetensi dibandingkan dengan guru yang tidak bersertifikasi. Dari hasil temuan penelitian bahwa berdasarkan empat kompetensi guru ditemukan kompetensi pendagogik guru bersertifikat lebih tinggi dibandingkan dengan kompetensi guru yang tidak bersertifikat. Perbedaan kompetensi pedagogic signifikan secara statistic karena p < .05 bahwa faktor yang membedakan antara guru yang tersertifikasi dan yang tidak tersertifikasi terletak pada kompetensi pedagogic, dimana kompetensi pedagogic guru yang tersertifikasi lebih baik dibandingkan dengan guru yang tidak tersertifikasi.Â
Downloads
References
Adiyanta, F. C. S. (2019). Laporan penggunaan MKJP tahun 2018-2019. Adminitrative Law & Governance Journal, 2(4), 697–709.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331–340. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i4.229
Badan Pusat Statistik. (2020). Presentase Guru TK, SD, SMP, SMA dan SLB yang sudah Sertifikasi. bps.go.id
Barsah, A., Sudarso, A. P., & Sunarsi, D. (2020). Analisis Pengaruh Pengajaran dan Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Wilayah Parung Panjang Kabupaten Bogor. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 650–657. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.388
Fachrudddin. (2009). Sertifikasi Guru: Telaah Urgensinya terhadap Kompetensi dan Profesionalisme Guru Agama. Miqot, XXXIII(1), 138–153. http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/article/view/181
Fauziah, N. (2016). Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Guru Dalam Mengajar (Studi Di SDIT Al-Mubarak Jakarta). Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32688
Gidari, S., & Kakana, D. M. (2022). Using a Mixed-Method to Evaluate a Kindergarten Teach ers ’ Professional Development Programme and to I nvestigate Teachers ’ Professional Growth. Journal of Teacher Education and Educators, 11(1), 59–81. https://eric.ed.gov/?id=EJ1336532
Hamda, F. A. A. (2018). Degree of Competency in Practicing Basic Education for Kindergarten Teachers from the Point of View of the Teachers Themselves. European Scientific Journal, ESJ, 14(10), 136. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n10p136
Happo, I., & Määttä, K. (2011). Expertise of Early Childhood Educators. International Education Studies, 4(3), 91–99. https://doi.org/10.5539/ies.v4n3p91
Jamaliah, M., & Cahyaningsih, U. (2020). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) di Era Society 5.0, 434–440. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/352
PupÃková, E., Gonda, D., PálenÃková, K., Medová, J., Kolárová, D., & Tirpáková, A. (2021). How kindergarten teachers assess their own professional competencies. Education Sciences, 11(12). https://doi.org/10.3390/educsci11120769
Pusat data dan Teknologi Informasi Kemendikbud. (2020). Media Pembelajaran Berteknologi Digital. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
R. M. Groves. (2004). Survey Errors and Survey Costs. New Jersey : John Wiley & Sons.
Rahmadi, I. F. (2014). Technological pedagogical content knowledge in pre-service teacher education: Research in progress. Springer Proceedings in Complexity, 41–47. https://doi.org/10.1007/978-94-007-7308-0_5
Rostikawati, D. (2019). Analisis Pengaruh Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Guru (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Tangerang Selatan). JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(3), 401. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v2i3.3021
Siahaan, S., & Martiningsih, R. (2018). Seputar Sertifikasi Guru. Jurnal Teknodik, XII(1), 090–106. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.423
Susanto, R. (2021). Pemetaan kompetensi pedagogik dalam keterkaitan dimensi pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 164–171. https://doi.org/10.29210/020211167