- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Asesmen dan Pengembangan Kecerdasan Intrapersonal dan Sosial Anak melalui Pembelajaran Sentra Peran
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3811Keywords:
asesmen perkembangan, kecerdasan intrapersonal dan sosial, main peranAbstract
Memiliki kecerdasan intrapersonal dan sosial pada anak usia dini sangatlah penting. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran sentra peran. Melalui aktivitas tersebut, anak diharapkan mampu mengenali dirinya, berkomunikasi serta mengontrol emosional dan sosialnya; akan tetapi, tidak jarang banyak guru atau pengajar yang cenderung mengabaikan aspek-aspek penting dalam melakukan asesmen dan tidak mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kecerdasan tersebut. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana asesmen dan pengembangan kecerdasan intrapersonal dan sosial melalui pembelajaran sentra peran yang dilakukan oleh para pendidik di Tarbiyatul Athfal (TA) Al-Manaar Al-Islamiyah, Ponorogo. Penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Langkah analisis data yaitu reduksi, penyajian, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa guru mampu menilai dengan beberapa teknik asesmen dan keterlibatan orang tua dan guru sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan sosial anak. Hasil pembelajaran melalui sentra peran tersebut adalah anak mampu menumbuhkan kepercayaan diri, emosi serta karakter yang kuat
Downloads
References
Abidin, Y. (2016). Penilaian Otentik Sebagai Sarana Utama Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2), 1–31. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2810
Aji, C. A., & Khan, M. J. (2019). The Impact of Active Learning on Students' Academic Performance. Open Journal of Social Sciences, 7(3), 204-211. 10.4236/jss.2019.73017 https://doi.org/
Amalia, R. (2018). Model Pembelajaran dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(2), 279. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i2.4772
Angela, N., Mulyana, E. H., & Nugraha, D. (2019). Perkembangan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Kelompok B Tk Negeri Pembina Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1
Anggraini, W., Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Di RA. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70. Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Al-Athfaal P-Issn
Anggraini, Y. (2019). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di RA Melati Tanjung Kurung Lama Kasui Way Kanan. Undergraduate Thesis, UIN Raden Intan Lampung.
~/media/amg/Documents/Policies and Strategies/Shttp://amg.um.dk/
Belle, L. J. (2017). Factors That Influence Student Behavior in Secondary Schools. European Journal of Educational and Developmental Psychology, 5(5), 27-36. https://www.eajournals.org/
Catalano, H. (2018). The Importance of Free Play in Early Childhood and Primary School Education: Critical Analysis for Romania. Educational Research Applications, (2), 1-6. https://doi.org/10.29011/2575-7032/100050
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.) Thousand Oaks, CA Sage.
Darmadi. (2013). Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Cakrawala Pendidikan. Bogor. Guepedia.
Fatimah, Y., Dwi, F., & Santana, T. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Dengan Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan Menanam Bunga. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 577–585.
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/8668
Gleason, M. E. (2011). Intrapersonal Intelligence Strategies in the Developmental Writing Classroom. The Journal of the Virginia Community Colleges, 16(1), 95-105. https://eric.ed.gov/?id=EJ952030
Glesne, C. (2006). Becoming Qualitative Researchers: An Introduction. Boston, MA: Pearson.
Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521
Hartinah, Nurhayati, & AH, N. M. (2020). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bermain Peran. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 115–127. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/10916
Hasanah, F. F., & Latif, M. A. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(4), 61–70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248
Ikasari, M. N. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran di TA Al-Mannar Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 81–99. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2144
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580
Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014. Jakarta: Kemendiknas.
Kintani, Y., Ali, M., & Endang, B. (2013). Sikap Percaya Diri dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Segedong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3590
Khalifah, Q., Hendi Hidayat, A. G. (2021). Beyond Centers and Circle Time Method in Motivation of Learning Arabic in Elementary Schools. Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman dan Kependidikan, 2(1), 33-44. https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/24
Kusumaningrum, S., Clara S., & Beazley, H. (2021) “Children during the COVID-19 Pandemic: Children and Young People’s Vulnerability and Wellbeing in Indonesia.†Children’s Geographies (March 23, 2021): 1–11
Lessy, Z., Barokah, M., & Rohman, M. (2021). The Role of Socio-Emotional Parenting on Children's Studying Motivation and Interest During the Covid-19 Pandemic in Sambas, West Kalimantan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 171-192. https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i2.8553
Lessy, Z., & Sabi’ati, A. (2018). Thematic-integrative learning with the Beyond Centers and Circle Time approach at Tunas Harapan preschool, Salatiga, Central Java. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 12(1), 39–59. https://doi.org/10.17206/apjrece.2018.12.1.39
Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 41–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4
McBurney, D. H. (2001). Research Methods. Belmont, CA: Wadsworth.
Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111
Nuraeni. (2014). Stretegi Pembelajaran Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143–153. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/prismasains/article/view/1069/890
Prahesti, V. D., Istiqomah, N., Akhir, J., & Lessy, Z. (2022). Urgensi Menghindari Perilaku Cheating Dalam Perspektif Hadis. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5 (1), 1–9.
Priyadi, U., Prabowo, W. A., Sari, D. M., Ilmu, J., Fakultas, E., Universitas, E., Indonesia, I., Teknik, J., Fakultas, I., Industri, T., Indonesia, U. I., & Indonesia, U. I. (2013). Public Speaking Guna Persiapkan Generasi. 2(2), 88–93.
Rahma, Z., & Fatonah, S. (2021). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini di Era Covid-19. Yaa Bunayya, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.24853/yby.5.1.%D
Rodwell, M. K. (1998). Social Work Constructivist Research. NewYork, NY: Garland.
Salsabila, F., & Lessy, Z. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan Dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.267
Schwean, V. L., Saklofske, D. H., Widdifield-Konkin, L., Parker, J. D. A., & Kloosterman, P. (2006). Emotional Intelligence and Gifted Children. E-Journal of Applied Psychology: Emotional Intelligence, 2(2), 30-37. https://doi.org/10.7790/ejap.v2
Segel, R. D., & Siegel, B. S. (2018). Effective Discipline to Raise Healthy Children. Pediatrics, 142(6), 1-10. https://doi.org/10.1542/peds.2018-3112
Sirajuddin, S. (2016). Analisis Data Kualitatif, Bandung: Penerbit Pustaka Ramadhan. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Suardi, M., Kurniawati, L., & Rachmawati, Y. (2020). Curiosity in Young Children. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 538, 224-228. [Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education]. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Curiosity_in_Young_Children.pdf
Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1), 51. https://doi.org/10.29240/jsmp.v2i1.397
Sunarsih, T., & Kristanto, K. (2017). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita Pada Kelompok B Tk Pertiwi 27 Gajahmungkur Kota Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 30–45. https://doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1637
Taylor, S. J., & Bogdan, R. (1984). Introduction to Qualitative Research Methods: The Search for Meanings. New York, NY: John Wiley & Sons.
Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences. Thousand Oaks, CA: Sage.
Utama, W. W. I. (2020). Optimalisasi Kecerdasan Intrapersonal Sebagai Sarana Pembentuk Kemandirian Anak. Jurnal Cikal Cendekia, 1(1), 1–10. https:/doi.org/10.31316/ jcc.v1i1.902
Widyarini, Y. (2011). Melalui Metode Rangsang Musik Bagi Anak Tk Di Kb-Tk Hj . Isriati Baiturrahman 2 Islamic Centre Semarang. Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yuliati. (2014). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Papan Flanel Pada Anak Kelompok A di TK Tunas Harapan Bangsa Jemowo Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate Thesis, Universitas Negeri Semarang.