Implementasi Model ASYIK dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di KB Inklusi

Author


Wella Martha Wulan(1Mail), Sri Watini(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 525KB]  Language: id
Published : 2023-01-16
Copyright (c) 2023 Wella Martha Wulan

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 59 times PDF Downloaded: 20 times

Abstract


Penelitian ini berawal dari banyaknya masalah yang ditemukan dalam pembelajaran motorik halus. Perkembangan motorik halus berkenaan dengan koordinasi mata dan otot-otot halus, baik itu dalam cara memegang pensil yang benar, prewriting, mewarnai dengan rapi, menggambar bentuk bermakna, bermain Playdough, menggunting, menempel, melipat kertas, meremas, menjumput, finger painting dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dengan menggunakan Model ASYIK dimana subjek penelitian adalah kelas sakura (usia 4-5 tahun) KB Inklusi Harapan Yasti Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau action research yang terdiri dari 2 siklus dengan desain penelitian model spiral dari Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasilnya Model ASYIK dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran dengan Model ASYIK anak sangat tertarik dengan kegiatan pembelajaran kreatif dan menyenangkan serta gerak dan lagu. Model ASYIK menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan mulai dari perencanaan pembelajaran hingga kegiatan akhir. Pembelajaran motorik halus yang sebelumnya dihindari anak sebaliknya menjadi ketagihan setelah menggunakan Model ASYIK


Keywords


model ASYIK; anak usia dini; pembelajaran motorik halus

References


Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998

Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelompok b di tk Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939–944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515

Astini, baik nilawati, Nurhasanah, N., Rachmayani, I., & Nyoman Suarta, I. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 31–40. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15678

Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022

Boki, T. A., & Watini, S. (2018). Supporting Early Childhood Student Agency Through ASYIK. https://anps.id/event/the-8th-anps-early-childhood-conference-2022

Damayanti, A., & Aini, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Melipat Kertas Bekas. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–68. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6686

Fahitah, I., & Watini, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7603

Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 1. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581

Feka, F., Watini, S., & Sakti, U. P. (2022). Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan. 5. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.773

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Hasibuan, D. A. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3328–3333. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.874

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan bagi anak usia dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(3), 6–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Hulukati, Z., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “ASYIK” dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Kelompok B TK Negeri Pembina Mimika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3503–3509. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.866

Humayrah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bermain Model “ASYIK” Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak Melalui Kegiatan Outbound Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 46 Daun. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 579–588. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/162

Juairiyah, J., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Dengan Permainan Uno Stacko. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2095. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2095-2102.2022

Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1873-1892.2022

Lestariningrum, A., Isfauzi Hadi Nugroho, & Agustia Budiarti. (2020). Kegiatan Meremas Koran Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 106–113. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1617

Mahmudah, D., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggambar dengan Model Atik di TK Pertiwi VI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 668–672. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.481

Muawanah, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di RA Al-Fikri Kota Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1905. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1905-1914.2022

Naif, M. M., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik, dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak pada TK MGR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1729–1736. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6849

Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 646–651. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Novianti, I., & Watini, S. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi “Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di Paud Al-Hikmah Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 399–408. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/129

Nurjani, Y. Y., Jubaedah, E., Nurjayati, S., & Aliyah, S. (2019). Upaya mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggunting. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1026

Rahayuliana, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di RA Nurul Hidayah Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1659. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1659-1666.2022

Ratna, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1737. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1737-1746.2022

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan tv sekolah sebagi media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Setyaningsih, D., & Watini, S. (2022). Pengaruh TV sekolah terhadap pemahaman tema selama pembelajaran jarak jauh. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2624–2627. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.736

Setyorini, W., Indrawati, Y., Wahyuningsih, S. E., & Watini, S. (2022). Implementation of the asyik model in improving teachers ’ creative competence in teaching at tkn duren sawit 02, Jurnal Scientia. 11(2), 565–570. https://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/962

Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan konsentrasi belajar anak melalui model bermain “asyik”(reward & yel-yel “Asyik”) di tk mutiara cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2065–2072. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3253

Suhardja, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1915. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1915-1926.2022

Susanti, A., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Semangat Belajar Pada Kegiatan Awal Dan Recalling Melalui Model Bermain Asyik (Yel-Yel “Asyik & Nyanyian”) di TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2077. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2077-2084.2022

Syafaruddin, S. (2016). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. In Perdana (Vol. 90, Issue 9).

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2

Watini, S. (2014). Model desain bermain “asyik” dalam pembelajaran sanis untuk anak usia dini.

Watini, S. (2016). Model bermain asyik untuk anak usia dini (1st ed.). Cahaya ilmu bandung.

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Watini, S. (2020a). Implementation of Asyik Play Model in Enhancing Character Value of Early Childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042055

Watini, S. (2020b). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899

Watini, S., & Efendy, H. (2018). The Playing Method “ASYIK” Based on Multiple Intelligence in Learning Science Process at The Early Childhood Education Program (PAUD) Age 5-6 Years. Journal of Studies in Education, 8(1), 51. https://doi.org/10.5296/jse.v8i1.12108

Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3090–3095. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811

Widiastuti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “Asyik” Dalam Meningkatkan Konsentrasi Bermain Angklung Di TK Tadika Puri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2063. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2063-2076.2022

Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729


Refbacks

  • There are currently no refbacks.