Model Pelibatan Orang Tua dalam Blended Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak

Author


Sri Rahayuningsih(1Mail), Lita Latiana(2), Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 317KB]  Language: id
Published : 2022-07-06
Copyright (c) 2022 Sri Rahayuningsih, Lita Latiana, Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 136 times PDF Downloaded: 62 times

Abstract


Keterlibatan orang tua dalam blended learning memberikan pengaruh positif terhadap kepercayaan diri anak. Namun, kurangnya pemahaman orang tua tentang pendidikan anak usia dini memunculkan masalah ketika melakukan pendampingan belajar pada pelaksanaan blended learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis model pengembangan peran orang tua dalam meningkatkan percaya diri anak, dan keefektifan model. Menggunakan  metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Partisipan terdiri dari 35 orang tua dan 35 anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data dengan observasi, checklist, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dari instrument pengumpulan data. Uji normalitas dengan uji saphiro wilk, dan uji-t. Uji validitas menggunakan Contruct Validity, uji reliabilitas menggunakan uji statistik Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pelibatan orang tua dalam Blended Learning untuk meningkatkan percaya diri anak terbukti efektif meningkatkan peran orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri anak


Keywords


pelibatan orang tua; blended learning; percaya diri anak

References


Anggreni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 1, 1-8.

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Eriani, E., & Amiliya, R. (2020). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini di Tengah Pandemi. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(01), 11-21. https://doi.org/10.46963/mash.v3i01.112

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40-47. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28257

Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The effect of blended learning on student's learning achievement and science process skills in plant tissue culture course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a

Indasari, S. R., Wijaya, A. W. A. W., Layuk, M., Sambo, M. S., & Indrawati, M. (2020). Buku Saku Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19. Wahana Visi Indonesia, 1-26. https://wahanavisi.org/userfiles/post/2010055F7AA525E16B6_LGID.pdf

Joyce, L., Mavis, G., Beth, S., Clark, K., Rodriguez, N., & Frances, L. (2018). School, family, and community partnerships-caring for the children we share. In School, Family, and Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools. https://doi.org/10.4324/9780429493133

Kemdikbud. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). SKB 4 Menteri Republik Indonesia Tentang Panduan Pembelajaran. Kementerian

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368-2374.

Lestariningrum, A. (2018). The Effect of Traditional Games, Self-Confidence, and Learning Style on Mathematical Logic Intelligence. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017), 8-12. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.3

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Nurlaeni, & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62.
https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4648

Purnamasari, T. A., & Permanasari, A. T. (2019). Implementasi Pembelajaran Tari Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 4(1), 25-35. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v6i1.5371

Seraji, F., Attaran, M., & Azizi, S. M. (2019). Blended learning researches in Iran: Several fundamental criticisms. Digital Education Review, 36, 190-206. https://doi.org/10.1344/der.2019.36.190-206

Supardi. (2013). Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya (1st ed.). Raja Grafindo Persada.

Tresna Dewi, A. R. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024

Wardani, D., Toenlioe, A., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Yulianti, K., Denessen, E., & Droop, M. (2019). Indonesian Parents' Involvement in Their Children's Education: A Study in Elementary Schools in Urban and Rural Java, Indonesia. School Community Journal, 29(1), 253-278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.