Pembelajaran Sentra Media Looseparts Meningkatkan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru TK

Author


Nanik Sari Asih(1Mail), Sugiyo Sugiyo(2), Tri Suminar(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 300KB]  Language: id
Published : 2022-06-10
Copyright (c) 2022 Nanik Sari Asih

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 236 times PDF Downloaded: 72 times

Abstract


Salah satu kompetensi yang harus dimiliki Guru adalah kompetensi pedagogik. Selain pedagogik, guru juga diharuskan memiliki kreativitas, karena dapat mempengaruhi kompetensi pedagogik. Model pembelajaran sentra yang berpusat pada anak dan guru sebagai fasilitator berbantuan media Looseparts, yaitu Bahan alam, plastic, logam, kayu dan bambu, benang dan kain, kaca dan keramik dan bekas kemasan, dapat merangsang kreativitas guru. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui perbedaan efektifitas penggunaan media Looseparts dalam meningkatkan kreativitas dan kompetensi pedagogik Guru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru TK B Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang dengan sampel 51 guru sebagai responden yang terbagi dalam dua kelompok dan dipilih melalui random sampling. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat adanya peningkatan kreativitas dan kompetensi pedagogik menggunakan media Looseparts sesuai threatment yang dilakukan dengan rerata skor 83,04 kelompok pertama, dan 79,12 perlakuan kelompok kedua. Berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwasanya model pembelajaran sentra berbantuan media Looseparts efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan kompetensi pedagogik Guru TK


Keywords


looseparts; kreativitas; pedagogik; sentra

References


Ali, & Asrori. (2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.

Anita Damayanti, Sriyanti Rahmatunnisa, & Lia Rahmawati. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74-90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124

Astutik, Y. W. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Sentra Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan2, 1(2). https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p093

Azizah, S. N., Munawar, M., & S., A. C. D. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57-71.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(8), 5454-5462.

Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 215-225. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(2), 263-278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Ismawati, P., Farihah, N., Al, S., & Mojokerto, H. (2018). Penerapan Pembelajaran Sentra Bahan Alam/Sains terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B di RA Salafiyah Syafi'iyah Klinterejo Sooko Mojokerto. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 91-112. https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.17

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19-36.

Kemendikbud. (2013). Pedoman Pendidikan dan Latihan Kurikulum 2013. Kemendikbud.

Mastuinda, M., Zulkifli, Z., & Febrialismanto, F. (2020). Persepsi Guru Tentang Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran Di Paud Se- Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 90-96. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.868

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya, 10-45.

Munandar, U. (1995). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Nazir, M. (2006). Desain Penelitian. Penerbit Erlangga.

Nugraheni. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada PAUD. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/352

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19-31.

Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning (1st ed., pp. 150-361). Rineka Cipta.

Putri, M. D. W., Khasanah, I., & Kusumaningtyas, N. (2019). Loose Parts Play Merangsang Kemampuan Main Pembangunan Anak Usia Dini Di Era Society 5.0. Seminar Nasional PAUD 2019, 3(3), 181-185.

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47-52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995

Rahardjo, M. M. (2019). How To Use Loose Parts in STEAM. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 312.
https://doi.org/10.21009/JPUD.132.08

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40-52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, 741-754.

Setiawan, M. H. Y. (2018). Kreativitas Pendidik Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik Pada Implementasi Kurikulum PAUD 2013. Jurnal AUDI, 3(2), 118-126. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2736

Siregar. (1998). Penelitian Kelas:Teori, Metodologi & Analisis. CV. Andira.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Susianna, N., & Suhandi, F. (2016). Program Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Dan Profesional Guru Paud Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 21(June), 41-47.

Susilo. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898

Theresa, C., & Juliet, R. (2016). Loose Parts Play. Group and Scottish Government

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). the Utilization of Loose Parts Media in Steam Learning for Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Yulaini. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.