
Author
Muhammad Usman(1

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Serambi Mekkah ; Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Serambi Mekkah, Indonesia(1)
Bahasa Inggris, Universitas Serambi Mekkah, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Serambi Mekkah, Indonesia(3)

Article Analytic |
Published : 2022-02-24
Copyright (c) 2022 muhammad usman usman
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 222 times
PDF Downloaded: 102 times
Abstract
Anak usia dini dalam mengajukan permintaan bisa verbal maupun non verbal, Kenyataannya orang dewasa kurang memahami, orang dewasa memenuhi permintaan anak tetapi tidak mendukung. Permintaan anak tidak hanya mencapai tujuan pribadi melainkan juga tujuan sosial. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi dan mendalami strategi meminta dalam bentuk verbal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data digunakan teknik rekam dan catat. Rekaman dilakukan dari anak bangun tidur pagi hari sampai malam. Instrumen penelitian berupa kartu data yang memuat tuturan anak usia 6 tahun. Berdasarkan hasil analisis strategi anak yaitu; 1. anak usia 6 tahun mengajukan permintaan, bila yang diminta merupakan kebiasaan dilakukan berulang. Permintaan menggunakan kata imperative seperti, minta, belikan, ambilkan, 2. anak mengajukan permintaan langsung ada dua cara; langsung ke target dan permintaan dengan alasan/ argumentasi. Sesuatu yang diminta merupakan hak yang sudah seharusnya 3. anak melakukan permintaan bila ada dunkungan moral, anak lebih berani dengan alasan dan argumentasi.
Keywords
References
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Christiana, W. (2018). Lagu Anak Sebagai Repertoar Alternatif Pembelajaran Gitar Klasik Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(2), 195-215. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i2.4581
Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108-114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870
Findy Novita, A. F. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Tindak Tutur Anak. Prosiding Samasta, 1-6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/viewFile/677 - 684/6652
Gratzer, W. (2008). The golden age. Biochemist, 30(6), 8-10. https://doi.org/10.1042/BIO03006008
Hovy, D., & Yang, D. (2021). The Importance of Modeling Social Factors of Language: Theory and Practice. 588-602. https://doi.org/10.18653/v1/2021.naacl-main.49
Jannah, M. (2015). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(2), 89-91.
Lacey, K. K., Parnell, R., Drummond-Lewis, S. R., Wood, M., & Sears, K. P. (2022). Physical intimate partner violence, childhood physical abuse and mental health of u.S. caribbean women: The interrelationship of social, contextual, and migratory influences. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1). https://doi.org/10.3390/ijerph19010150
Lee, L., Williams, A., Lao, C., Lagunas, N., & Langner, C. A. (2021). The role of home language in children's friendship choice and peer acceptance. Journal of Applied Developmental Psychology, 76 (September 2020), 101323. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2021.101323
Legare, C. H., Mills, C. M., Souza, A. L., Plummer, L. E., & Yasskin, R. (2013). The use of questions as problem-solving strategies during early childhood. Journal of Experimental Child Psychology, 114(1), 63-76. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2012.07.002
Loukatari, P., Matsouka, O., Papadimitriou, K., Nani, S., & Grammatikopoulos, V. (2019). Kindergarten Children. International Journal of Instruction, 12(3), 237-252. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12315a
Musyikawati, D. A. (2015). Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli ( Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguitik). Dimensi Pendidikan Dan Pembeljaran, 3(2), 23-32. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/viewFile/154/141
Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Auladuna Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54-65. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.54-65
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Ramda, A. H., Prahmana, R. C. I., Mulu, H., & Gunur, B. (2018). Kemampuan Konservasi Panjang Pada Siswa Usia 6-7. Jurnal Gantang, 3(2), 109-116. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.480
Revita, I., Wijana, I. D. P., & Poedjosoedarmo, S. (2012). Permintaan Dalam Bahasa Minangkabau. Humaniora, 19(2), 195-206.
Rusbiyantoro, W. (2014). Kesantunan Melalui Pemilihan Kata sapaan dalam Bahasa Melayu Kutai : Suatu Kajian Sosiopragmatik. Seminar Nasional Prasasti (Pragmatik: Sastra Dan Linguistik), 275-283.
Sastra, S., Nim, N., Arafah, R. H., Studi, P., Jurusan, S. I., & Indonesia, S. (2016). Tuturan direktif dalam wacana. http://lib.unnes.ac.id/28717/1/2111411036.pdf
Setyowati, R. (2020). Strategi 'Meminta Maaf' Anak Usia Pra-Sekolah di Lembaga Pendidikan daQukids Semarang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 87-101. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.56
Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan: Untuk Pendidikan Anak. Google Buku. In deepublish, Yogyakarta (p. 129). Deepublish.
Wahyuni, A. (2018). The Power of Verbal and Nonverbal Communication in Learning. January. https://doi.org/10.2991/icigr-17.2018.19
Wolf, M. M. (1978). Social validity: the case for subjective measurement or how applied behavior analysis is finding its heart1. Journal of Applied Behavior Analysis, 11(2), 203-214. https://doi.org/10.1901/jaba.1978.11-203
Yoder, P. J., & Warren, S. F. (2002). Teaching and Parent Responsivity. Hearing Research, V(December).
Refbacks
- There are currently no refbacks.