Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Keteladanan K.H Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6-8 Tahun

Author


Nana Sutarna(1), Nika Cahyati(2Mail), Tio Heriyana(3), Delia Anggraeni(4), Indri Ayu Lestari(5),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(2)
Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(3)
STKIP MuhammaPendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Kuningandiyah Kuningan, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Kuningan,

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 230KB]  Language: id
Published : 2022-01-20
Copyright (c) 2022 Nana Sutarna, Nika Cahyati, Tio Heriyana, Delia Anggraeni, Indri Ayu Lestari

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 292 times PDF Downloaded: 203 times

Abstract


Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui nilai karakter dan keteladanan yang diajarkan oleh K.H. Ahmad Dahlan pada anak usia 6-8 tahun di SD Aisiyah Kabupaten Kuningan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah pada siswa SD usia 6-8 Tahun sebanyak 18 siswa di SD Aisiyah Kabupaten Kuningan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa nilai-nilai karakter K.H Amad Dahlan yang di tanamkan, hasil penelitian menunjukan  terdapat 4 nilai karakter dan keteladanan yang ditanamkan pada anak usia 6-8 Tahun oleh SD Aisiyah Kabupaten Kuningan, yaitu nilai religius, nasionalis, Jujur dan integritas, pendidikan karakter yang di tanamkan di SD Aisiyah Kabupaten Kuningan menanamkan pendidikan karakter sesuai dengan ajaran K.H. Ahmad Dahlan.  


Keywords


Karakter; keteladanan; K.H. Ahmad Dahlan; Anak Usia Dini

References


Abu Bakar, K. A., Noor, I. H. M., & Dan Widodo. (2018). Nurturing nationalism character valuesat the primary schools in jayapura, papua. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 42-56. https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.13616

Ahmad Dahlan. (1985). Tali Pengikat Hidup Manusia, Dalam Buku Perkembangan Pemikiran Muhammadiyah Dan Masa ke Masa, Menyambut Muktamar Ke-41. PT Dua Dimensi.

Albert, B. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc.

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Budiyono, & Harmawati, Y. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru Dan Orang Tua Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PPKn III, 1-10.

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Haerudin, D. A. . N. C. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420

Haroswinarti, K., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., & Mentari, E. G. (2021). A Case Study of Honest Character Development in Early Childhood in Bengkulu City. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 124-136. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8607

HM Masrudin Anshory. (2010). Matahari Pembaharuan Rekam Jejak KH. Ahmad Dahlan. Galangpress.

Jannah, U. A., & Ahmad, T. A. (2019). Kesadaran Sejarah Siswa Kelas Xi Terhadap Nilai-Nilai Keteladanan K.H Ahmad Dahlan Di Sma Muhammadiyah 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 135-145. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36430

Kumalasari, D. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Tokoh Muhammadiyyah. I(1), 5-12. https://doi.org/10.17509/historia.v1i1.8603

M, Suud, F., Sutrisno, & Abd.Madjid. (2020). Honesty: A Multidimensional Study as Motivation for National Character Building. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 99-116. https://doi.org/10.21009/004.01.06

Mulkhan, A. M. (2016). Pemikiran KH Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah. Bumi Aksara.

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Puspitasari, E. (2014). Pendekatan pendidikan karakter. Jurnal Golden Age, 3(1), 9-17.

Sucipto, H. (2010). KH. Ahmad Dahlan: Sang Pencerah, Pendidikan, dan Pendiri Muhammadiyah. Best Media Utama.

Sutarna, N. (2018). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar dalam Perspektif Islam. Pustaka Diniah.

Sutarna, N., & Anwar, A. S. (2020). Value of Character and Philosophy of Life KH. Ahmad Dahlan. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 206. https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i2.2558

Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251

Wibowo, S. S. S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab. Pustaka Pelajar.

Wiranata, R. S. (2019). Rz. Ricky Satria Wiranata. 2(20), 101-146.

Yunita, G. F. R., & Anggraini, P. (2020). Comparative Study of Nasionalism Main Characters in The Novel Negeri van Oranje and Diary Buruh Migran. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 230-251. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/article/view/17070


Refbacks

  • There are currently no refbacks.