- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Kepemimpinan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1804Keywords:
pendidikan anak usia dini, covid-19, kepemimpinan pendidikanAbstract
Pembentukan kualitas dan pencapaian kesiapan belajar adalah salah satu dari peran kepemimpinan yaitu memberikan pengaruh arah dan arahan kepada anggotanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa kepemimpinan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan stakeholder eksternal di wilayah Indramayu Jawa Barat. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa masih ditemukan guru yang kurang termotivasi. Hal ini dikarenakan kurikulum yang belum sesuai, proses pembelajaran yang tidak maksimal, serta pembiayaan yang tidak memadai. Kepemimpinan pada PAUD sangat dibutuhkan kebijaksanaan dan kecendekiaan untuk mencapai kualitas pendidik, selain adanya pelatihan yang terus menerus dan berkesinambungan. Dapat diimplementasikan keefektifannya melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Faktor ini dikaitkan dengan hasil belajar siswa dan kurikulum, proses pembelajaran, dan metode pengajaran. Keefektifan tersebut dikaitkan dengan hasil belajar siswa dan kurikulum, proses pembelajaran, dan metode pengajaran dilaksanakan bersama guru dan wali murid serta unsur sekolah.
Downloads
References
Abdulmuhsin, A. A., & Tarhini, A. (2020). Impact of wise leadership, workplace friendships on open innovation in family firms: a developing country perspective. Journal of Family Business Management. https://doi.org/10.1108/JFBM-04-2020-0028
Afriansyah, H., & Pratiwi, D. (2020). Kepemimpinan pendidikan.
Alban-Metcalfe, J., & Alimo-Metcalfe, B. (2013). Reliability and validity of the "leadership competencies and engaging leadership scale." International Journal of Public Sector Management. https://doi.org/10.1108/09513551311294281
Allen, M. B., & Mirsaeidi, M. (2020). Health and Economy in COVID-19 Era: a plan for reconstituting long-term economic security. Frontiers in Public Health, 8, 235.
https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.00235
Ayuandia, N., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok B Lab School PAUD UNIB Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 33-38.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan guru TK menghadapi pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Baharuddin, B., Elihami, E., Arifin, I., & Wiyono, B. B. (2017). Kepemimpinan Moral Spiritual Kepala Paud Dalam Meningkatkan Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 103-122. https://doi.org/10.31219/osf.io/6wj5s
Brundrett, M., Burton, N., & Smith, R. (2003). Leadership in education. Sage.
Bustami, B., Murniati, M., & Harun, C. Z. (2012). Manajemen Pendidikan PAUD Al-Fath Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 1(2), 72176.
Chrisharyanto, H., Rahmania, T., & Kertamuda, F. E. (2014). Konsep pemimpin nasional yang baik: Survey pada masyarakat Jakarta. Jurnal SosioHumaniora, 5(1).
Devy, J. (2018). Peran Kepala Madrasah Sebagai Administrator Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Dias, M. J. A., Almodóvar, M., Atiles, J. T., Vargas, A. C., & Zúñiga León, I. M. (2020). Rising to the Challenge: Innovative early childhood teachers adapt to the COVID-19 era. Childhood Education, 96(6), 38-45. https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1846385
Djafri, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 940-950.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.494
Duryat, M. (2016). Kepemimpinan Pendidikan (meneguhkan legitimasi dalam berkontestasi di bidang pendidikan).
Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2).
Gammahendra, F. (2014). Pengaruh struktur organisasi terhadap efektivitas organisasi (studi pada persepsi pegawai tetap Kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).
Hanafiah, M. A. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin dan Supervisor. Hikmah, 15(1), 86-92.
Harahap, S. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 11(1), 45-53.
https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1837
Hu, X., Chiu, M. M., Leung, W. M. V., & Yelland, N. (2021). Technology integration for young children during COVIDâ€19: Towards future online teaching. British Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.1111/bjet.13106
J Winardi, S. E. (2015). Manajemen perilaku organisasi. Prenada Media.
James, N., & Thériault, V. (2020). Adult education in times of the COVID-19 pandemic: Inequalities, changes, and resilience. Taylor & Francis.
https://doi.org/10.1080/02660830.2020.1811474
Karwanto, K., & Ramadhan, R. . (2020). Membangun iklim Organisasi Sekolah Melalui Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(3), 285-297.
Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145-158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6
Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: Indeks.
Muttaqijn, M. I. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Komunikasi Organisasi Dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Dinamika UMT, 1(1), 27-38.
https://doi.org/10.31000/dinamika.v1i1.506
Nasution, W. N. (2016). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1).
https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.218
Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).
Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice. SAGE Publications, Incorporated.
Oplatka, I. (2016). "Irresponsible Leadership" and Unethical Practices in Schools: A Conceptual Framework of the "Dark Side" of Educational Leadership. In The dark side of leadership: Identifying and overcoming unethical practice in organizations. Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1479-366020160000026001
Pananrangi, & Rasyid, A. (2017). Manajemen Pendidikan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115-123.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54-65.
Purnamasari, N. K. N., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suara, I. M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Tk Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Putra, J. A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 347-355.
Rusdiana, E. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Educator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 231-236. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.449
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Setiantono, T. (2012). Penggunaan Metode Bercerita bagi Anak Usia Dini di PAUD Smart Little Cilame Indahbandung. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 18-23.
Sudjono, E. T. K., & Kusumastuti, E. (2017). Proses Pembelajaran Gerak dan Lagu yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Miryam Semarang. Jurnal Seni Tari, 6(2).
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508-520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582
Sukriadi, E. H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 8(2), 139-146.
https://doi.org/10.17509/thej.v8i2.13747
Summers, R. C., & Sutherland, I. E. (2015). Prekindergarten Interventions and Instructional Leadership in Small and Mid-Sized Urban School Districts. In Leading Small and Mid-Sized Urban School Districts. Emerald Group Publishing Limited.
https://doi.org/10.1108/S1479-366020150000022019
Supriadi, O. (2020). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841-856.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik Pembelajaran.
Suryosukmono, G. (2020). Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Sebagai Motivator Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 1-18. https://doi.org/10.33369/insight.15.1.1-18
Syamsuriadi, S. (2019). Self Management Concept Dalam Kepemimpinan Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 871-879.
https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.423
Thornton, K. (2014). Mentors as educational leaders and change agents. International Journal of Mentoring and Coaching in Education, 3(1), 18-31.
https://doi.org/10.1108/IJMCE-07-2013-0038
Usman, H., & Akbar, P. S. (2018). Metodologi penelitian sosial. Bumi Aksara.
Uzer, Y. (2019). Implementasi pembelajaran bahasa inggris anak melalui metode gerak dan lagu untuk anak paud. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 187-193.
https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3117
Wang, M., Ho, D., Lu, J., & Yang, D. (2020). Constructing early childhood leadership models in China: a mixed-methods study. Journal of Educational Administration.
https://doi.org/10.1108/JEA-09-2019-0149
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Westley, F., & Mintzberg, H. (1989). Visionary leadership and strategic management. Strategic Management Journal, 10(S1), 17-32. https://doi.org/10.1002/smj.4250100704
Wise, D., & Hammack, M. (2011). Leadership coaching: Coaching competencies and best practices. Journal of School Leadership, 21(3), 449-477. https://doi.org/10.1177/105268461102100306
Zamzami, E. M. (2021). Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 985-995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.750