Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Wilma Rahmah Hidayati(1Mail), Jhoni Warmansyah(2), Zulhendri Zulhendri(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 276KB]  Language: id
Published : 2022-04-18
Copyright (c) 2022 Wilma Rahmah Hidayati

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 922 times PDF Downloaded: 420 times

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi menimbulkan kekhwatiran dalam pembentukan karakter anak usia dini yang lahir sebagai generasi “digital native”. Hal  tersebut menjadi tantangan para orang tua dan guru dalam membimbing kepribadian anak yang beradab. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan upaya yang dilakukan oleh lembaga TK Islam Assakinah dalam penguatan karakter Islam moderat di tengah ancaman kondisi intoleransi yang banyak berkembang di kalangan umat beragama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif naturalistik dengan wawancara bersama kepala sekolah, guru dan orang tua siswa selama proses pembelajaran serta dilengkapi dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai karakter yang mendukung penanaman moderasi beragama sejak dini dapat dilakukan dengan berbagai upaya seperti: penyeleksian awal (screening) calon guru, pemilihan bahan ajar, penanaman sikap moderat dalam pembelajaran, mengadakan parenting education. Berbagai upaya tersebut dapat mewujudkan generasi yang memiliki karakter islam moderat sejak dini dan membawa dampak positif saat anak berada pada tingkat pendidikan yang lebih lanjut

Keywords


anak usia dini; islam moderat; karakter

References


Aisy;, B. R., Ibrahim;, D. O., Intang;, K. K. H., & Tindage, M. A. (2019). Penegakan Kontra Radikalisasi Melalui Media Sosial Oleh Pemerintah Dalam Menangkal Radikalisme. Jurnal Hukum Magnum Opus, II(2), 1-8. https://doi.org/10.30996/jhmo.v2i2.2174

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 9-20. https://doi.org/10.21009/JIV.1001.2

Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi Dalam Komunikasi. Wacana, XV(3), 181-279.

Anita, D. E. (2014). Walisongo: Mengislamkan Tanah Jawa. Wahana Akademika, 1(2), 243-266. https://doi.org/10.21580/wa.v1i2.815

Anwar, R. N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2).

Arifiyanti, N. (2019). Relationship between Authoritative Parenting Style and Preschools Prosocial Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.166

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82-96.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Azharghany, R. (2019). Perdamaian Dan Multikulturalisme Di Indonesia (Strategi Dakwah Multikulturalisme Dalam Pertentangan Laten Radikalisme Dan Bias Konflik. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 28-47. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/748

Cholid, N. (2017). Pendidikan Ke-NU-an: Konsepsi Ahlussunah Waljamaah Annahdliyah. Presisi Cipta Media.

Faiqoh, N. (2015). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Kejujuran, Toleransi, Dan Cinta Damai Pada Anak Usia Dini Di Kiddy Care, Kota Tegal. BELIA: Early Childhood Education Papers, 4(2), 78-85.

Fitriana, S. (2016). Upaya Bnpt Dalam Melaksanakan Program Deradikalisasi Di Indonesia. Revista Brasileira de Geografia Física, 11(9), 141-156.

Hanifatulloh, B. A. A. Y. (2021). Moderasi Pendidikan Islam dan Tantangan Masa Depan. Jurnal Studi Islam, 14(2), 137. https://doi.org/10.36667/tf.v14i2.529

Hendriani, W. (2017). Menumbuhkan Online Resilience pada Anak di Era Teknologi Digital. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 52-58.

Izzuddin, A. (2020). Efektivitas Fungsi Controlling Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Sains di TK Darun Najihin NW Gunung Rajak. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 157-167.

Junanto, S., & Fajrin, L. P. (2020). Internalisasi pendidikan multikultural pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 28-34.

Khairunnisa, K. (2020). Penanaman Nilai Tradisi Kepesantrenan Dalam Membendung Radikalisme Agama. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 12(2), 243-264. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v12i2.284

Khamid, N. (2016). Bahaya Radikalisme terhadap NKRI. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 1(1), 123. https://doi.org/10.18326/mlt.v1i1.123-152

Kholid, A. R. I. (2016). Wali Songo: Eksistensi dan Perannya dalam Islamisasi dan Implikasinya Terhadap Munculnya Tradisi-Tradisi di Tanah Jawa. Tamaddun, 4(1), 1-47. https://doi.org/10.24235/tamaddun.v1i1.934

Kusumaningrum, K., & Wahyono, S. B. (2019). Developing A Pop-Up Storybook Based on Multicultural Education for Early Childhood Students. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 41. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.230

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Paud dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208-213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Munip, A. (2012). Menangkal Radikalisme Agama Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 159-182. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.159-181

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Pujayanti, N., & Soeskandi, H. (2018). Pelaku Persekusi Dan Tindakan Main Hakim Sendiri. Mimbar Keadilan, 14(28). https://doi.org/10.30996/mk.v0i0.1784

Rizqiyani, R., & Asmodilasti, A. (2020). Perilaku Prososial Anak Taman Kanak-Kanak Dilihat Dari Pendidik Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 110. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.4189

Rokhmad, A. (2012). Radikalisme Islam dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 79. https://doi.org/10.21580/ws.20.1.185

Rokhmad, A. (2018). Buku dan Penyebaran Ideologi Radikal di Lembaga Pendidikan. International Journal Ihya' 'Ulum Al-Din, 20(1), 41. https://doi.org/10.21580/ihya.20.1.2745

Susiani, I. (2013). Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru Paud Dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa PGPAUD FIP Unnes. BELIA: Early Childhood Education Papers, 2(1), 31-35.

Warisyah, Y. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pentingnya "Pendampingan Dialogis" Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 2016(November 2015), 130-138. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/semnasdik2015/article/download/212/213

Wartini, A. (2015). Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Keindonesiaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini Upaya Integrasi Ilmu Ke-Islaman Dan Karakter Kebudayaan Indonesia (Studi Kasus di Sanggar Anak Alam Yogyakarta). Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 7(1).

Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503

Yussanti, D. W., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Supervisi Manajerial Kepala Sekolah PAUD Berbasis Website. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 217-230. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p217-230

Zidni, E. S. Z. (2018). Kemitraan Keluarga dalam Menangkal Radikalisme. Jurnal Online Studi Al-Qur'an, 14(1), 32-43. https://doi.org/10.21009/JSQ.014.1.03


Refbacks

  • There are currently no refbacks.