Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru

Nadri Taja(1), Dinar Nur Inten(2), Arif Hakim(3),
(1) Universitas Islam Bandung  Indonesia
(2) Universitas Islam Bandung  Indonesia
(3) Universitas Islam Bandung  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Nadri Taja, Dinar Nur Inten, Arif Hakim

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Full Text:    Language : id
Submitted : 2018-12-14
Published : 2019-01-11

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru madrasah diniyyah takmiliyyah melalui teknik menyimak, bermain, dan bercerita yang disingkat dengan teknik MATA. Penelitian dilaksanankan pada bulan oktober dengan menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) dengan model analisis kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru madrasah yang berada di 18 diniyyah takmiliyyah yang berlokasi di wilayah kabupaten Bandung tepatnya di kecamatan Pangalengan desa Lamajang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru setelah menggunakan teknik MATA, yakni meningkat rata-rata sampai pada angka 78,9 %, mengalami peningkatan sejumlah 23,3% dari kemampuan awal rata-rata berada pada 49%. Adapun kendala yang dihadapi, misalnya guru sulit mengkondisikan anak untuk tetap fokus, mencari strategi agar anak tetap semangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran, dan penguasaan dan penerapan teknik MATA masih belum maksimal. Sedangkan dampak positif penerapan teknik MATA ini meningkatkan keaktifan dan kreatifitas guru dan mampu melibatkan seluruh siswa dalam pembelajaran. Adapun saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini adalah hendaknya diadakan pelatihan-pelatihan lainnya bagi guru, kemudian diberikan contoh-contoh praktek pembelajaran yang lebih banyak dalam bentuk buku dan CD pelatihan agar diperluas kembali jangkauannya.


Keywords


Baca Tulis Al-Qur`an; Menyimak; Bermain; dan Bercerita

References


Adhim, M. (2013). Segenggam Iman untuk Anak Kita. Yogyakarta: Pro-U Media.

Amiran, S. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Bermain di PAUD Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 710–716. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12367

Arinoviani, K.D., Pudjawan, K., & Antara, P. . (2016). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Kelompok A1 dalam Kegiatan Ekstrakulikuler. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/7751/5290

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Nurtanio, A. P. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.

Chambers, R. (1996). PRA (Participatory Rural Appraisal) Memahami Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta: Kanisuis.

Dhieni, N., et. al. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hadi, S. (2017). Story-telling: Upaya Meningkatkan Daya Simak dalam Keterampilan Menyimak Interaktif Berbahasa. Brilliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 163–177. Retrieved from https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/42/pdf

Imam. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas 1 Melalui Teknik Permainan Pesan Berantai Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pedagogia, 3(2), 111–118. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/309470945_Meningkatkan_Kemampuan_Menyimak_Siswa_Kelas_I_Melalui_Teknik_Permainan_Pesan_Berantai_Pada_Pembalajaran_Bahasa_Indonesia

Kurniawan, H., Khomsiyatun, U., & Samiaji, M. H. (2018). Literasi Parenting. Jakarta: Gramedia.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhadi, Y. (2016). Sudah Benarkah Cara Kita Mendidik Anak. Yogyakarta: Diva Press.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Jurnal Auladuna, 2(2), 233–245. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879

Mursi, M. (2003). Seni Mendidik Anak terj. Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Musfiroh. T. (2005). Cerita Untuk Perkembangan Anak. Yogyakarta: Navila Idea.

Musthafa, F. (2004). Manhaj Pendidikan Anak Muslim (terjemahan dari: Manhajuth-Thiflil Muslim; Dalilul Mua’alimin Wal Aba’aIlat-Tarbiyati Abna’ Fi Riyadhil Athfal Wal Madrasatil Ibtidaiyah). Jakarta: Mustaqim.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Wulandari, S. (2011). Jari-jari Qur’an: Metode Cepat Lancar Menulis dan Membaca Al-Qur’an dengan Jari Tangan. Jakarta: PT. Kawan Pustaka.


Article Metrics

 Abstract Views : 91 times
 PDF Full Text Downloaded : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.