- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pola Asuh dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Kemandirian pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7060Keywords:
keterampilan sosial, kemandirian, anak usia diniAbstract
Peran orang tua dalam perkembangan anak usia dini sangat penting, terutama dalam membentuk keterampilan sosial dan kemandirian. Anak usia 4–5 tahun berada dalam masa golden age, sehingga mulai memahami aturan sosial, mengenal tanggung jawab, dan belajar berinteraksi dengan lingkungan. Tahap ini menjadi fondasi penting bagi perkembangan keterampilan sosial dan kemandirian anak selanjutnya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peran orang tua dan pola asuh yang mendukung perkembangan keterampilan sosial dan kemandirian anak usia 4–5 tahun. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan data dari wawancara 3 orang tua peserta didik TK A sebagai subjek 2 guru TK A sebagai informan, dan observasi peserta didik TK A di PAUD Junior. Mayoritas anak menunjukkan keterampilan sosial dan kemandirian baik, terutama yang diasuh dengan pola asuh demokratis, ditandai komunikasi efektif, pembiasaan positif, dan keterlibatan aktif orang tua. Studi ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pola asuh optimal anak usia dini.
Downloads
References
Aprilia, C. W., Elan, E., & Rizqi, A. M. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendorong Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Indonesian Research Journal on Education, 4, 61–67. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.487
Ayub, S., Taufik, M., & Fuadi, H. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 2303–2318. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.3020
Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Eisenberg, N., Fabes, R. A., & Spinrad, T. L. (2006). Prososial Development. Handbook of Child Psychology: Social, Emotional, and Personality Development, 646–718. https://doi.org/10.1002/9780470147658.chpsy0311
Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
Gershoff, E. T., Kaylor, A. G., Lansford, J. E., Chang, L., Zelli, A., Deckard, K. D., & Dodhe, K. A. (2013). Parents Disipline Practices in an International Simple: Associations With Child Behaviors and Moderation by Perceived. NIH Public Access, 23(1), 1–7. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2009.01409.x.Parent
Güngör, S. K., & Güzel, D. B. (2017). The Education of Developing Responsibility Value. Journal of Education and Training Studies, 5(2), 167. https://doi.org/10.11114/jets.v5i2.1361
Hasanah, N. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456
Karadeniz, G. (2023). The Concept of Parental Praise in Parenting. Psikiyatride Güncel Yakla??mlar, 15(4), 722–732. https://doi.org/10.18863/pgy.1242969
Kartikasari, T., Sumayni, W., & Susanti, D. (2023). Membangun Kesehatan Mental Anak Usia Dini dengan Pengasuhan Positif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8521–8526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2640
Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Jurnal Sosio Informa, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594
Mahmud, A. (2015). Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Edukasi Mitra Grafika.
Mai, N. N. (2024). Measures to educate cooperative skills for 5-6 year old children through themed role-playing games in preschool. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, 5(4), 321–324. https://doi.org/10.54660/.ijmrge.2024.5.4.321-324
Margaret Aurelia, G., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Dampak Keterampilan Sosial Emosional Rendah terhadap Komunikasi Anak Usia 5 Tahun?: Studi Kasus. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 546–557. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.596
Maya, N. (2015). Fenomena Cyberbullying Di Kalangan Pelajar. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(3). https://doi.org/10.33366/jisip.v4i3.125
Maya, S. (2021). Psikologi Perkembangan Anak. C-Klik Media.
Modjo, D., & Sudirman, A. A. (2020). Analysis of Early Childhood Stimulation Training Program through the Detection of Child Growth and Development Activities on the Ability of School Cadres. International Journal Papier Public Review, 1(2), 21–25. https://doi.org/10.47667/ijppr.v1i2.28
Nababan, A. S., & Nasution, F. Z. (2022). Peran Orang Tua di Dalam Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini: The Role of Parents In Building Children’s Confidence From an Early Age. Jurnal Psikologi Prima, 5(2), 47–53. https://doi.org/10.34012/psychoprima.v5i2.3136
Namaskara, W. C., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Project-based Learning untuk Menstimulasi Kemandirian Anak di Kelompok Bermain. 7(5), 5155–5170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5257
Nasution, R. A. (2017). Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 05(02), 6. https://doi.org/10.30829/raudhah
Nazifah, N., Santi, T. D., & Arbi, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK Pembina Lembah Sabil Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2022. 1(4), 1–23. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jkes/article/view/929
Ndibo, Y. La, & Baru, W. (2020). Peranan Orangtua dalam Membina Kedisiplinan Anak. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 75–84. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.17
Pabundu, D. D., & Ramadhana, M. R. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4624–4646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5223
Parwitasari, T. A. (2022). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Ketahanan dan Keamanan Bangsa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6230–6239. https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4127
Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520
Putriana Istiqomah, K., Rohman, U., & Ismail, S. (2024). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak dalam Perspektif Hadist Psikologi. Jurnal Pendidikn Agama Dan Keagamaan Islam, 5(1). https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11857
Rahmawati, S., & Masyitoh, S. (2024). Peran penting orang tua dalam mendukung proses pembelajaran anak di tingkat mi/sd. 4(1), 33–48. https://doi.org/10.15408/elementar.v4i1.38781
Ramandhani, D. F., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Milenial Parents ’ Parenting Patterns are in Danger Use of Early Children ’ s Gadgets. 11, 373–382. https://doi.org/10.23887/paud.v11i3.67258
Rianti, R., Suryani, A., Munawaroh, L., Nuraida, N., & Maryatin, E. (2023). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUDQU Al Karim Mangunjaya. Pendekar?:Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 203–212. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.321
Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Viatika Reihan Febriyani, Mintarsih Arbarini (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: