Pola Asuh dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Kemandirian pada Anak Usia Dini

Authors

  • Viatika Reihan Febriyani Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mintarsih Arbarini Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7060

Keywords:

keterampilan sosial, kemandirian, anak usia dini

Abstract

Peran orang tua dalam perkembangan anak usia dini sangat penting, terutama dalam membentuk keterampilan sosial dan kemandirian. Anak usia 4–5 tahun berada dalam masa golden age, sehingga mulai memahami aturan sosial, mengenal tanggung jawab, dan belajar berinteraksi dengan lingkungan. Tahap ini menjadi fondasi penting bagi perkembangan keterampilan sosial dan kemandirian anak selanjutnya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peran orang tua dan pola asuh yang mendukung perkembangan keterampilan sosial dan kemandirian anak usia 4–5 tahun. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan data dari wawancara 3 orang tua peserta didik TK A sebagai subjek 2 guru TK A sebagai informan, dan observasi peserta didik TK A di PAUD Junior. Mayoritas anak menunjukkan keterampilan sosial dan kemandirian baik, terutama yang diasuh dengan pola asuh demokratis, ditandai komunikasi efektif, pembiasaan positif, dan keterlibatan aktif orang tua. Studi ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pola asuh optimal anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, C. W., Elan, E., & Rizqi, A. M. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendorong Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Indonesian Research Journal on Education, 4, 61–67. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.487

Ayub, S., Taufik, M., & Fuadi, H. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, 2303–2318. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.3020

Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Eisenberg, N., Fabes, R. A., & Spinrad, T. L. (2006). Prososial Development. Handbook of Child Psychology: Social, Emotional, and Personality Development, 646–718. https://doi.org/10.1002/9780470147658.chpsy0311

Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10

Gershoff, E. T., Kaylor, A. G., Lansford, J. E., Chang, L., Zelli, A., Deckard, K. D., & Dodhe, K. A. (2013). Parents Disipline Practices in an International Simple: Associations With Child Behaviors and Moderation by Perceived. NIH Public Access, 23(1), 1–7. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2009.01409.x.Parent

Güngör, S. K., & Güzel, D. B. (2017). The Education of Developing Responsibility Value. Journal of Education and Training Studies, 5(2), 167. https://doi.org/10.11114/jets.v5i2.1361

Hasanah, N. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Karadeniz, G. (2023). The Concept of Parental Praise in Parenting. Psikiyatride Güncel Yakla??mlar, 15(4), 722–732. https://doi.org/10.18863/pgy.1242969

Kartikasari, T., Sumayni, W., & Susanti, D. (2023). Membangun Kesehatan Mental Anak Usia Dini dengan Pengasuhan Positif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8521–8526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2640

Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Jurnal Sosio Informa, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594

Mahmud, A. (2015). Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Edukasi Mitra Grafika.

Mai, N. N. (2024). Measures to educate cooperative skills for 5-6 year old children through themed role-playing games in preschool. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, 5(4), 321–324. https://doi.org/10.54660/.ijmrge.2024.5.4.321-324

Margaret Aurelia, G., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Dampak Keterampilan Sosial Emosional Rendah terhadap Komunikasi Anak Usia 5 Tahun?: Studi Kasus. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 546–557. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.596

Maya, N. (2015). Fenomena Cyberbullying Di Kalangan Pelajar. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(3). https://doi.org/10.33366/jisip.v4i3.125

Maya, S. (2021). Psikologi Perkembangan Anak. C-Klik Media.

Modjo, D., & Sudirman, A. A. (2020). Analysis of Early Childhood Stimulation Training Program through the Detection of Child Growth and Development Activities on the Ability of School Cadres. International Journal Papier Public Review, 1(2), 21–25. https://doi.org/10.47667/ijppr.v1i2.28

Nababan, A. S., & Nasution, F. Z. (2022). Peran Orang Tua di Dalam Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini: The Role of Parents In Building Children’s Confidence From an Early Age. Jurnal Psikologi Prima, 5(2), 47–53. https://doi.org/10.34012/psychoprima.v5i2.3136

Namaskara, W. C., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Project-based Learning untuk Menstimulasi Kemandirian Anak di Kelompok Bermain. 7(5), 5155–5170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5257

Nasution, R. A. (2017). Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 05(02), 6. https://doi.org/10.30829/raudhah

Nazifah, N., Santi, T. D., & Arbi, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK Pembina Lembah Sabil Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2022. 1(4), 1–23. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jkes/article/view/929

Ndibo, Y. La, & Baru, W. (2020). Peranan Orangtua dalam Membina Kedisiplinan Anak. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 75–84. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.17

Pabundu, D. D., & Ramadhana, M. R. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4624–4646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5223

Parwitasari, T. A. (2022). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Ketahanan dan Keamanan Bangsa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6230–6239. https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4127

Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520

Putriana Istiqomah, K., Rohman, U., & Ismail, S. (2024). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak dalam Perspektif Hadist Psikologi. Jurnal Pendidikn Agama Dan Keagamaan Islam, 5(1). https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11857

Rahmawati, S., & Masyitoh, S. (2024). Peran penting orang tua dalam mendukung proses pembelajaran anak di tingkat mi/sd. 4(1), 33–48. https://doi.org/10.15408/elementar.v4i1.38781

Ramandhani, D. F., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Milenial Parents ’ Parenting Patterns are in Danger Use of Early Children ’ s Gadgets. 11, 373–382. https://doi.org/10.23887/paud.v11i3.67258

Rianti, R., Suryani, A., Munawaroh, L., Nuraida, N., & Maryatin, E. (2023). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUDQU Al Karim Mangunjaya. Pendekar?:Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 203–212. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.321

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852

Downloads

Published

17-06-2025

How to Cite

Febriyani, V. R., & Arbarini, M. (2025). Pola Asuh dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Kemandirian pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1568–1581. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7060

Issue

Section

Articles