Seni Rupa sebagai Media Komunikasi Emosional untuk Anak Usia Dini: Studi Kualitatif

Authors

  • Nurul Falah Qomariah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0009-0007-3949-4895
  • Na'imah Na'imah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-7268-0891
  • Rahma Sari Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Eko Suhendro Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7055

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana seni rupa berperan sebagai media komunikasi emosi pada anak usia dini, serta memahami persepsi guru serta orang tua terhadap karya seni anak sebagai bentuk ekspresi emosional. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi karya seni anak. Subjek penelitian terdiri dari anak usia 5–6 tahun, guru PAUD, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia dini cenderung mengekspresikan emosi secara nonverbal melalui gambar, warna, dan simbol visual dalam karya seni mereka. Warna cerah kerap digunakan saat anak merasa senang, sedangkan warna gelap muncul ketika anak sedang sedih atau marah. Guru serta orang tua yang memahami makna simbolik dalam karya seni anak dapat lebih mudah mengenali dan merespons kondisi emosional anak. Temuan ini menegaskan bahwa seni rupa bukan hanya sebagai aktivitas estetika, tetapi juga sebagai alat komunikasi dan pengembangan kecerdasan emosional anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrisyah, A., & Ismiatun, A. N. (2021). The Impact of Distance Learning Implementation in Early Childhood Education Teacher Profesional Competence. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1815–1824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1009

Aprilia, D. & Rahman, F. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Ekspresi Emosional Anak Melalui Kegiatan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran.

Ardiansyah, M. (2021). Peran Aktivitas Seni dalam Regulasi Emosi Anak TK.” Jurnal Pendidikan Anak.

Arikunto, S. (2005). Metode penelitian kualitatif. In Sagung Seto.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inguiry research design: Choosing among five approaches(Third). SAGE Publications.

Fahriati, H. (2022). Peran Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di TK Islam AL Azhar 4 Kebayoran Lama. In UIN Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/66294/1/Skripsi_Hany Fahriati_11160184000036.pdf

Habibie, A. (2017). Pengenalan Aurat Bagi Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Early Childhood?: Jurnal Pendidikan, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.115

Handayani, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Media Tekstur Di Tk Permata Intan Aceh Besar. UIN Ar-Raniry, 1(1), 115.

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA?: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Hastuti, T. (2019). Seni dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak.

Henny, H. (2022). Nilai-Nilai Tarian Mangaru pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67–77. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.78

Hogen, S., & Coulter. (2014). Art therapy theories, a critical introduction. Routledge.

Kurniasih, I. (2017). Pendidikan Seni Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Alfabeta.

Lestari, S. & Widodo, S. (2021). Penerapan Kegiatan Melukis dalam Mengembangkan Regulasi Emosi Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak.

Marinela, R. (2017). motional Development through Art Expressions. Review of Artistic Education.

Maulida, N. (2021). Komunikasi Nonverbal Anak Usia Dini dalam Kegiatan Menggambar di Sekolah. Jurnal Komunikasi Anak.

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Universiats Terbuka.

Na’imah, Hibanah, & Anisya. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. GENERASI EMAS, 5, 67–82.

Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains?: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Pardede, R. M. (2022). Kajian Seni Rupa Anak. Jurnal Desain, 2, 162–171.

Rahmi, P. (2019). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.

Ramadhani, A., & Lestari, S. (2020). Integrasi Aspek Emosional dan Kognitif melalui Aktivitas Seni pada Anak PAUD. Jurnal Golden Age.

Robesrt, P., & Rapus, P. J. (2024). Visual arts teachers making art – a qualitative study of strengthening the emotional and social skills Through visual arts activities. Informa UK Limited, Trading as Taylor & Francis Group.

Rohamah, T., Nirmala, I., & Putri, F. E. (2021). Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3497–3507. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1425

Sari, D. . (2020). Analisis Karya Seni Anak Usia Dini sebagai Cermin Perasaan dan Perkembangan Emosinya. Jurnal Psikologi Anak.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak.

Setiani, R. E. (2013). Memahami Pola Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. INSANIA?: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3), 455–470. https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1472

Sugiarto, E. (2017). Kearifan Ekologis sebagai Sumber Belajar Seni Rupa: Kajian Ekologi-Seni di Wilayah Pesisir Semarang. Jurnal Imajinasi, 11(2), 135–142. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi%0AKearifan

Sugiyono. (2024). Metodepenelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Alfabeta.

Syafnita, T., & Muhammad, A. (2023). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Syahrul, H. (2020). Makna Simbolik dalam Gambar Anak Usia Dini: Pendekatan Psikologi Humanistik. Jurnal Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini.

Ummi, M. (2024). Seni Rupa Sebagai Alat Komunikasi?: Membangun Bahasa Visual pada Anak Usia Dini. Widya Sundaram?: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 02(02), 159–170.

Yuliani, N. (2018). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Terhadap Ekspresi Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Terpadu.

Downloads

Published

30-05-2025

How to Cite

Qomariah, N. F., Na'imah, N., Sari, R., & Suhendro, E. (2025). Seni Rupa sebagai Media Komunikasi Emosional untuk Anak Usia Dini: Studi Kualitatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1298–1305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7055

Issue

Section

Articles