Dampak Penggunaan Permainan Ludo dan Motivasi Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Authors

  • Endang Yustika Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Farida Mayar Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Setio Utoyo Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rahkimawati Rahkimawati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6960

Keywords:

anak usia dini, permainan ludo, motivasi belajar, kemampuan berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan ludo dan motivasi belajar untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini lebih terfokuskan pada kajian pengaruh kedua variabel terhadap kemampuan berhitung anak. Novelty dari penelitian ini adalah media permainan ludo yang telah dimodifikasi dan didesain sendiri oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment, sampel pada penelitian ini adalah anak di Taman Kanak-kanak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan kemudian dilakukan uji t (t-test) dan uji prasyarat uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan bahwa permainan ludo dan motivasi belajar anak mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak (p = 0.018 < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan Ludo dan motivasi belajar terbukti berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak. Penggunaan permainan Ludo sebagai media pembelajaran tidak hanya meningkatkan keterampilan numerik anak, tetapi juga menjadikan proses belajar lebih menyenangkan dan interaktif. Motivasi belajar yang tinggi juga berperan penting dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep angka dan operasi hitung sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amni, S. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Raja Ludo Terhadap Kemampuan Membaca Aksara Jawa (Penelitian pada siswa kelas IV Desa Banjarejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Etd.Umm.Ac.Id, 6(89), 1–8. http://repositori.unimma.ac.id/2339/

Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. In Adjie Media Nusantara (p. 90). https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/2495/Bermain-dan-Permainan-Anak-Usia-Dini-Sebuah-kajian-teori-dan-Praktek.pdf

Dalimunthe, H. A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika pada anak usia dini (6-10 tahun) Komunitas Kampung Aur. Jurnal Social Library, 1(2), 49–53. https://doi.org/10.51849/sl.v1i2.34

Diana Hirva, M. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf (pp. 59–60). http://repository.uinsu.ac.id/8133/1/2.%20DASAR-DASAR%20PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI.pdf

Fatmaningsih, S. (2022). Pengaruh Permainan Papan Flanel dan Ludo Geometri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Islam An-Nur Tanjung Morawa. https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/19243/1/181804103%20-%20Sri%20Fatmaningsih%20Fulltext.pdf

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa dan perancangan game edukasi sebagai motivasi belajar untuk anak usia dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Fu’adah, A. (2022). Pembelajaran Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Anak. Penerbit P4I.

Garini, S. P. A. (2023). Efektivitas Permainan Ludo Nusantara Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-5 Tahun. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/97507/NTgwMzEw/Efektivitas-Permainan-Ludo-Nusantara-Untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Motorik-Kasar-Pada-Anak-Usia-4-5-Tahun-LAMPIRAN.pdf

Harahap, S. Z. H., & Naibaho, M. (2023). Pengaruh Media Permainan Ludo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Lintong Nihuta Kecamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir. Jurnal Curere, 7(2), 348–355. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1021

Herni. (2020). Stimulasi Motorik Kasar Dan Kognitif MelaluHerni. 2020. “Stimulasi Motorik Kasar Dan Kognitif Melalui Inovasi Permainan Engklek Dan Dadu.” Tesis, 1–236.i Inovasi Permainan Engklek Dan Dadu. Tesis, 1–236. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/145/

Juniarti, Y. (2019). Pengembangan Media Ludo Geometri (DORI) Pada Fisik Motorik Anak Usia Dini. Al-Athfal?: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 169–182. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-04

Kore, D., & Wondal. (2020). Peran Permainan Ludo Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 106–116. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2068

M.Samsul. (2024). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri ISSN, 615–624. https://doi.org/10.47353/bj.v4i3.342

Mayasari, N. johar A. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Vol. 14, Issue 5). https://repository.uinsaizu.ac.id/23705/1/Buku%20Strategi%20Motivasi%20Siswa-1-97%20%281%29.pdf

Melodyana, P. A. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung anak usia 4-5 Tahun dengan permainan ular tangga di PAUD Dahlia Tahun Ajaran 2018/2019. 208. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46349

Palullu, C. (2023). Penerapan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. http://eprints.unm.ac.id/33023/

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076/773

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi profesionalisme guru pendidikan anak usia dini dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Saputri, nurshafilla. (2024). Upaya Preventif Perilaku Bullying Dengan Media Permaian Ludo Edukasi Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas X7 SMA Negeri 14 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 88–101. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6102

Sardi, M., & Mayar, F. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini pada masa pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9809–9813. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2235

Schmitt, F., Christopher, S. M., Tumanov, K., Weiss, G., & Möckel, R. (2018). Evaluating the adoption of the physical board game ludo for automated assessments of cognitive abilities. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 11243 LNCS(2018), 30–42. https://doi.org/10.1007/978-3-030-02762-9_5

Setianingsih, A., & Handayani, I. N. (2022). Implementasi Media Loose Parts untuk Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.301

Siti, M., Saputri, D. F., & Sukadi, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasi (JPSA), 4(1), 30–35. https://journal.upgripnk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2422

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Ulfah, M., & Felicia, L. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council of Teachers of Mathematics (Nctm) Pada Anak. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 127. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5642

Widodo, L. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Celengan Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Trisunar Oku. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03), 335–344. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i03.244

Yuliantin, S. (2019). Permainan dan Bermain di PAUD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, II(2), 200–2012. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/84

Downloads

Published

09-04-2025

How to Cite

Yustika, E., Mayar, F., Utoyo, S., & Rahkimawati, R. (2025). Dampak Penggunaan Permainan Ludo dan Motivasi Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(4), 949–960. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6960

Issue

Section

Articles