Studi Etnografi tentang Integrasi Kearifan Lokal dalam Permainan Bubu Gile sebagai Media Pembelajaran Ethnomathscience

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6905

Keywords:

bubu gile, ethnoscience, ethnomathematics, local wisdom values, elementary school learning.

Abstract

Permainan tradisional Bubu Gile dari Suku Lembak memiliki potensi sebagai media pembelajaran Ethnomathscience. Permainan ini tidak hanya memperkuat pemahaman konsep sains dan matematika tetapi juga melestarikan budaya lokal, karena mencerminkan perpaduan antara nilai budaya, sosial, serta konsep sains dan matematika, khususnya dalam aspek fisika dan geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam permainan Bubu Gile sebagai media pembelajaran berbasis Ethnomathscience di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 20 siswa, 3 guru, serta 2 tokoh budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Bubu Gile mengandung nilai kebersamaan, gotong royong, dan penghormatan terhadap leluhur, serta unsur Ethnomathscience, seperti getaran dan resonansi, gaya dan gerak, material alami, interaksi dengan lingkungan, pola simetri, pola ritme dan frekuensi, serta geometri. Permainan ini dapat diintegrasikan dalam pembelajaran konsep IPAS dan Matematika di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Atika Susanti, atikasusanti@unib.ac.id

Dosen S1 PGSD UNIB

Dalifa Dalifa, Universitas Bengkulu

Dosen S1 PGSD Unib

References

Albantani, A. M., & Madkur, A. (2018). Think globally, act locally: the strategy of incorporating local wisdom in foreign language teaching in indonesia. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(2), 1–8.

Ali, A., Bektiarso, S., Walukow, A. F., & Narulita, E. (2025). Ethnoscience-Based Learning in Elementary Schools: A Systematic Literature Review. TWIST, 20(1), 209–216.

Barokah, N. (2025). Konstruksi Pengetahuan Siswa SD Tentang Gerhana Melalui Integrasi Sains dan Kearifan Lokal: Studi Kasus Bancakan Gerhono di Desa Boja Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 345-359.

Bean, J. C., & Melzer, D. (2021). Engaging ideas: The professor’s guide to integrating writing, critical thinking, and active learning in the classroom. John Wiley & Sons.

Brown, B. A., Boda, P., Lemmi, C., & Monroe, X. (2019). Moving culturally relevant pedagogy from theory to practice: Exploring teachers’ application of culturally relevant education in science and mathematics. Urban Education, 54(6), 775–803.

D’Ambrosio, U. (2003). Ethnomathematics, the nature of mathematics and mathematics education. In Mathematics Education and Philosophy., 232–244.

De Freitas, S. (2018). Are games effective learning tools? A review of educational games. Journal of Educational Technology & Society, 21(2), 74-84.

Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai upaya belajar secara kontekstual dan lingkungan pada peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337-4345.

Gee, J. P. (2008). Learning and games. Chicago, IL: MacArthur Foundation Digital Media and Learning Initiative.

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada.

Harefa, D. (2024). Strengthening Mathematics and Natural Sciences Education based on The Local Wisdom of South Nias: Integration of Traditional Concepts in Modern Education. HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 63–79.

Hassani, F., & Afazeli, Z. (2024). Be More Active with Traditional Games: Traditional Review. Turkiye Klinikleri Journal of Sports Sciences, 16(1).

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. In Corwin Press.

Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Ananta Vidya.

Kabuye Batiibwe, M. S. (2024). The role of ethnomathematics in mathematics education: A literature review. Asian Journal for Mathematics Education, 3(4), 383–405. https://doi.org/10.1177/27527263241300400

Karisan, D., & Zeidler, D. L. (2017). Contextualization of nature of science within the socioscientific issues framework: A review of research. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 5(2), 139–152.

Khadijah, & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 8(5), 1151–1166.

Khoiriyah, Z., & Qosyim, A. (2021). Efektivitas pendekatan etnosains dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi kalor. Pensa: e-Jurnal Pendidikan Sains, 9(3), 433-442.

Klopfer, E., & Thompson, M. (2020). 16 Game-Based Learning in Science, Technology, Engineering. Handbook of Game-Based Learning, 387.

Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.

Laksana, D. N. L., Awe, E. Y., Sugiani, K. A., Ita, E., Rawa, N. R., & Noge, M. D. (2021). Desain pembelajaran berbasis budaya. Penerbit NEM.

Lidyasari, A. T., Purwanta, E., Maryatun, I. B., Anggito, A., Ningrum, D. S. C., & Utami, S. U. P. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru PAUD dalam Pelatihan Pengembangan Kurikulum berbasis Local Wisdom. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 905–914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6099

Mahendra, A., Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). “Metode Etnografi Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 159–170.

Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri Kartikasari, H. S. (2017). Pembelajaran literasi berbasis sastra lokal. Grafika, Cv. Ae Media.

Marpaung, D. N., Retnawati, H., & Arianingrum, R. (2024). Implementation of Ethnoscience Based Science Learning Through Local Wisdom to Improve Science Process Skills and Critical Thinking: A Literature Study. Musamus Journal of Primary Education, 7(1), 1-7.

Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., Sukestiyarno, Y. L., Herawaty, D., Anggoro, A. F. D., & Anggoro, S. D. T. (2025). Problematika Dan Solusi Dalam Pembelajaran Geometri Non-Euclide. Feniks Muda Sejahtera. Feniks Muda Sejahtera.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I)?: The State of Learning and Equity in Education. PISA, OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Othman, M. K., & Ching, S. K. (2024). Gamifying science education: How board games enhances engagement, motivate and develop social interaction, and learning. Education and Information Technologies, 1–37.

Piaget, J. (1972). The Psychology of Intelligence. Littlefield,. Adams & Co.

Putra, J. Y., Sari, R. P., Yusuf, M. A., Fadjar, M., Wahyuni, R., Ardita, R., & Rampasi, I. (2024). Pelestarian Permainan Tradisional Luko Gile (Bubu Gile) di Desa Dusun Baru 1 Kecamatan Pondok Kubang. Pelayanan Unggulan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 1(3), 124-136.

Riyanto, R., Ferdhianzah, H. J., & Trilaksono, H. (2024). Culture-Based Education Innovation for Children’s Character Building in the Context of Educational Tourism Destinations. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2134-2147.

Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing local wisdom within character education through ethnopedagogy apporach: A case study on a preschool in Yogyakarta. Heliyon.

Sari, D. A. M., & Kurniawan, D. (2024). Pentingnya Pengenalan Permainan Tradisional dalam Menanamkan Nilai Karakter dan Budaya. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 83–92.

Sari, D. R., & Murdiono, M. (2021). Culture-based education improves national insight. In ISTED 2021: Proceedings of the 1st International Seminar on Teacher Training and Education, ISTED 2021, 17-18 July 2021, Purwokerto, Indonesia (Vol. 302). European Alliance for Innovation.

Snively, G., & Corsiglia, J. (2001). Discovering indigenous science: Implications for science education. Science Education, 85(1), 6–34.

Suryawati, E., & Osman, K. (2017). Contextual learning: Innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61–76.

Susanti, A., Darmansyah, A., & Aulia, N. (2022). Permainan Tradisional: Upaya Pewarisan Budaya dan Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(01), 40–51.

Susanti, A., Yuliantini, N., Prabowo, A., Melisa, M., Andini, T., & Darmansyah, A. (2023). The Development of Totor Gala Traditional Game Learning Video Using Nearpod Application for 4th Grade Elementary School Students. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(1), 248–257.

Susanti, A., & Ariffiando, N. F. (2024). Pendidikan nilai dan moral (Vol. 1). Kota Padang: Hei Publishing.

Susanti, A., & Kurniawati, I. (2025). Analisis penerapan culturally responsive teaching pada konsep bangun ruang dengan media miniatur rumah adat Bengkulu. Prosandika, 6(1), 26-38.

Sofiana, S. N. A., & Fakhriyah, F. F. (2022). Dampak penggunaan gadget pada perkembangan emosional dan kognitif siswa kelas IV sekolah dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53-59.

Vygotsky, L. S., & Cole, M. (1978). Mind in society: Development of higher psychological processes. Harvard university press.

Warli, D., & Musa, S. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dan Etnosains (Etnomathsains) Pada Batik Bomba. Koordinat Jurnal MIPA, 3(1), 33–38.

Wati, R., & Dewi, S. L. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal di SDN Gugus Tiga Kecamatan Babussalam Aceh Tenggara. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1959-1971.

Wibowo, A. M. (2022). Changing the Concept of Prospective Primary Education Teachers through Ethnoscience-based Critical Thinking. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 382–391.

Widyananti, T., & Winanto, A. (2024). Improving Socio-Emotional Competence of Grade IV Elementary School Students by Implementing Traditional Games in Learning. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 76–83.

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2021). Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Di Sd Melalui Etnomatematika Dan Etnosains ( Ethnomathscience ). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 335–341.

Zeng, J., Parks, S., & Shang, J. (2020). To learn scientifically, effectively, and enjoyably: A review of educational games. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 186–195.

Downloads

Published

25-05-2025

How to Cite

Susanti, A., & Dalifa, D. (2025). Studi Etnografi tentang Integrasi Kearifan Lokal dalam Permainan Bubu Gile sebagai Media Pembelajaran Ethnomathscience. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1285–1297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6905

Issue

Section

Articles