Panduan Bermain Berisiko untuk Stimulasi Motorik Anak Usia Dini: Sebuah Pengembangan Inovatif dengan Pendekatan ADDIE

Authors

  • Jazariyah Jazariyah Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Yayu Mega Purnamasari Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Ayu Rissa Atika Pai Chai University, Korea, Republic of
  • Ulfah Karimah Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6495

Keywords:

Bermain Berisiko, Motorik, Anak Usia Dini

Abstract

Implementasi permainan berisiko seringkali dikecualikan, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan orang tua dan guru dalam mengelola permainan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah panduan pengelolaan bermain berisiko untuk stimulasi motorik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Produk melalui proses uji kelayakan dengan dilakukan validasi oleh ahli media dan materi, selanjutnya produk yang disudah dinyatakan layak diuji efektivitas melalui uji respon pengguna yakni 28 orang tua dan guru di Kabupaten Cirebon, data dikumpulkan melalui angket terbuka dan tertutup serta dianaliasis mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil uji kelayakan oleh ahli media memperoleh hasil pada tahap II dengan kategori Sangat layak, adapun hasil ahli materi dengan kategori sangat layak. Selanjutnya, hasil uji respon pengguna memperoleh kategori sangat layak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk panduan bermain berisiko merupakan produk yang layak dan efektif dalam stimulasi motorik anak usia dini.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, Y. R. P., Komalasari, D., Ningrum, M. A., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan Buku Panduan Konsep Pola untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 155–172. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172

Back, J., Heeffer, C., Paget, S., Rau, A., Pysander, E. L. S., & Waern, A. (2016). Designing for children’s outdoor play. DIS 2016 - Proceedings of the 2016 ACM Conference on Designing Interactive Systems: Fuse, 28–38. https://doi.org/10.1145/2901790.2901875

Briggs, F. (2020). Child protection: A guide for teachers and child care professionals. Routledge.

Buahana, B. N. (2020). Persepsi Orangtua Tentang Bermain Beresiko Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 7(1), 23–31. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6834

Bulu Baan, A., Sardiman, S., & Purwanto, D. (2023). The effect of bocce games on manipulative movement skills of children with intellectual disabilities. Jurnal SPORTIF?: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(1), 135–145. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v9i1.19956

Elfiadi, E. (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 7(1), 51–60.

Emilie, B., & Suzzane, B. (2024). Healthy childhood development through outdoor risky play: Navigating the balance with injury prevention. Paediatrics and Child Health, 29(4), 255–261. https://doi.org/10.1093/pch/pxae016

Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Fleer, M. (2021). Conceptual playworlds: The role of imagination in play and learning. Early Years, 41(4), 353–364.

Fyffe, L., Sample, P. L., Lewis, A., Rattenborg, K., & Bundy, A. C. (2024). Entering Kindergarten After Years of Play: A Cross-Case Analysis of School Readiness Following Play-Based Education. Early Childhood Education Journal, 52(1), 167–179. https://doi.org/10.1007/s10643-022-01428-w

Hansen Sandseter, E. B. (2007). Categorising risky play—how can we identify risk-taking in children’s play? European Early Childhood Education Research Journal, 15(2), 237–252. https://doi.org/10.1080/13502930701321733

Hayati, S. N., Zarkasih Putro, K., dan Permainan Anak Usia Dini, B., Nur Hayati, S., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Usia Dini, 4 nomor 1, 1–13. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Hidayatulloh, A. (2023). Persepsi Orang Tua terhadap Aktivitas Bermain Anak Usia Dini di RA Miftahul Huda Langkaplancar. Jurnal Pelita Nusantara, 1(1), 39–43. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.108

Iskandar, B. (2021). Bermain Sambil Belajar: Konsepsi Guru dalam Mengelola Permainan Anak Usia Dini di PAUD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 461–466. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.242

Karmila, D. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar di TK. 8(6), 1577–1590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6068

Khasanah, I., & Prasetyo, S. A. (2022). Kegiatan Neurokinestetik Sebagai Bentuk Persiapan Motoric dan Literacy Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3911–3920. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2341

Kleppe, R., Melhuish, E., & Sandseter, E. B. H. (2017). Identifying and characterizing risky play in the age one-to-three years. European Early Childhood Education Research Journal, 25(3), 370–385. https://doi.org/10.1080/1350293X.2017.1308163

Masyunita Siregar, Devit Fajarwati, Mutiara Maeisa Putri, Arda Surya Reida Savitri, & Shisilia Putri Ayu Ningsih. (2023). Persepsi Orang Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Melalui Kegiatan Bermain Di Kota Jambi. Al-Abyadh, 6(2), 51–62. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i2.693

Natsir, T. A. L. (2020). Validitas Panduan Permainan Kontekstual Untuk Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 61. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.17997

Nimah, F. (2020). Pengembangan Buku Panduan Membatik Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 123–146. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.123-146

Nurhayani, N., Yuanita, S. K. S., Permana, A. I., & Eliza, D. (2021). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Basicedu, 6(1), 179–190. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1852

Oman Farhurohman. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 37–36.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02. https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i2.2913

Qonita, Mulyana, E. H., Loita, A., & Aprily, N. M. (2022). Pengembangan Science Didactical Book Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5–24. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2010

Sando, O. J., Kleppe, R., & Sandseter, E. B. H. (2021). Risky Play and Children’s Well-Being, Involvement and Physical Activity. Child Indicators Research, 14(4), 1435–1451. https://doi.org/10.1007/s12187-021-09804-5

Sandseter, E. B. H. (2009). Characteristics of risky play. Journal of Adventure Education & Outdoor Learning, 9(1), 3–21. https://doi.org/10.1080/14729670802702762

Utoyo, S., & Putri, S. Y. (2023). Permainan Aquatik Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 205. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52565

Vail, C. O., & Elmore, S. R. (2011). Tips for Teachers Selecting Toys to Facilitate Social Interaction. NHSA Dialog, 14(1), 37–40. https://doi.org/10.1080/15240754.2010.541298

Van Rooijen, M., & Newstead, S. (2020). Influencing factors on professional attributes towards risk-taking in children’s play: a narrative review. Reconsidering The Role of Play in Early Childhood, 68–79.

Wardani, A., Widayanti, W., Nisa, A., & Salamah, N. (2020). Persepsi Guru Prasekolah Tentang Permainan Berisiko Pada Anak Usia Dini. 61–68.

Wardani, A., Widayanti, W., Nisa, A., & Salamah, N. (2024). Persepsi Guru Prasekolah Tentang Permainan Berisiko Pada Anak Usia Dini. Urnal Pendidikan Modern, 10(1), 61–68. https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/1052/402

Washfiyah, S. (2023). Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Sebagai Media Untuk Menumbuhkan Dan Meningkatkan Fungsi-Fungsi Kognitif, Psikomotior Dan Afektif Di Kelas I a Min 1 Yogyakarta. Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengembangan (JHPP), 1(4), 260–264. https://doi.org/10.61116/jhpp.v1i4.212

Yulinawati, C., Ismail, D., Haksari, E. L., & Rokhanawaty, D. (2020). Penerapan Metode Bermain Sebagai Stimulasi Untuk Meningkatkan Perkembangan Anak. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(2), 147–152. https://doi.org/10.26714/jkj.8.2.2020.147-152

Yurt;, Ö., & Sadiye Kele?. (2021). How about a risky play? Investigation of risk levels desired by children and perceived mother monitoring. Early Child Development and Care, 191(5), 749–759. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1646740

Zakaria, M. M., & Janan, D. (2022). Penggunaan Buku Teks dan Penerimaan Ilustrasi dalam kalangan guru dan murid: Pendekatan Kualitatif dan kuantitatif. Journal of Research, Policy & Practice of Teachers & Teacher Education, 12(1), 80–98. https://doi.org/10.37134/jrpptte.vol12.1.6.2022

Downloads

Published

01-04-2025

How to Cite

Jazariyah, J., Purnamasari, Y. M., Atika, A. R., & Karimah, U. (2025). Panduan Bermain Berisiko untuk Stimulasi Motorik Anak Usia Dini: Sebuah Pengembangan Inovatif dengan Pendekatan ADDIE. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 767–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6495

Issue

Section

Articles