Keintiman Komunikasi Keluarga saat Social Distancing Pandemi Covid-19

Andalusia Neneng Permatasari(1Mail), Dinar Nur Inten(2), Wiliani Wiliani(3), Kelik Nursetiyo Widiyanto(4),
(1) Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia
(3) Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia
(4) Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Andalusia Neneng Permatasari

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577

Download Full Text:   [File Size  : 809KB]  Language : ID
Received : 2020-06-02  |  Published : 2020-06-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keintiman keluarga yang dibangun pada masa social and physical distancing akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini juga memperlihatkan perbedaan keintiman ketika sebelum social and physical distancing dan ketika masa social and physical distancing akibat pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah kuantitas waktu yang dimiliki untuk keluarga karena kebijakan social and physical distancing jadi lebih banyak dibanding sebelum social and physical distancing. Waktu belajar dan bermain dengan anak lebih banyak. Namun, sering juga terjadi bentrok dengan anak. Keintiman dibangun oleh durasi waktu yang panjang. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa keintiman keluarga dibangun dari kemampuan memahami peran masing-masing, memahami diri sendiri, dan menyampaikan serta menerjemahkan pesan dengan baik. Baik itu ayah atau suami, ibu atau istri, dan anak. Keintiman tidak berpatokan pada waktu yang banyak.

Keywords


komunikasi keluarga; komunikasi antarpersona; keintiman; social distancing,; covid-19

References


Baloran, E. T. (2020). Knowledge, Attitudes, Anxiety, and Coping Strategies of Students during COVID-19 Pandemic. Journal of Loss and Trauma, 0(0), 1–8. https://doi.org/10.1080/15325024.2020.1769300

BBC Indonesia. (2020). Virus corona: Jokowi umumkan langkah pengendalian Covid-19, tapi tanpa “komando nasional” - BBC News Indonesia. BBC News, 1–9. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51897307

CNN Indonesia. (2020). Cegah Penyebaran Corona, Jabar Liburkan Sekolah Dua Pekan. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com

De Vito, J. (2013). The Interpersonal Communication Book 4th edition. USA: Pearson.

DeVito, J. a. (2008). The Interpersonal Communication Book. PsycCRITIQUES, 32, 2009. https://doi.org/10.1037/026727

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712

Inten, D. N., Permatasari, A. N., Mulyani, D., Komunikasi, F. I., & Bandung, U. I. (2016). Literasi dini melalui teknik bernyanyi 1&3. 3(2013), 70–91.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

John, A., Halliburton, A., & Humphrey, J. (2013). Child-mother and child-father play interaction patterns with preschoolers. Early Child Development and Care, 183(3–4), 483–497. https://doi.org/10.1080/03004430.2012.711595

Johnson, M. D. (2016). Great Myths of Intimate Relationships. In Great Myths of Intimate Relationships. https://doi.org/10.1002/9781118817469

Kurniadi, O. (2001). Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Anak. Mediator, 2(2), 267–290. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/mediator.v2i2.736

Masters, W. H., Johnson, V. E., dan K. R. C. (1992). Human Sexuality. New York: Harper Collins Publisher.

Muftie, Z. (2017). Pengaruh Komunikasi Orang Tua dalam Rumah Tangga terhadap Akhlak Anak Sehari-Hari. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(1). https://doi.org/10.15575/ath.v2i1.2725

Nafi, M. (2020). Melawan Virus Corona dari Rumah. Katadata.Co.Id. Retrieved from https://katadata.co.id/berita/2020/03/17/melawan-virus-corona-dari-rumah

Permatasari, A. N., Inten, D. ., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2019). Literasi Dini. Bandung: Mediamore.

Qomaruddin, Q. (2018). Pendampingan Orangtua terhadap Pendidikan Anak. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.41

Rakhmat, J. (1999). Psikologi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Media Rekatama.

Ratnasari, A. (2007). Komunikasi Harmonis Orang Tua dengan Anak. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(2), 345–352. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i2.1247

Sari, A. (2014). Komunikasi dan Pola Asuh Anak Balita - Remaja dalam Keluarga Betawi Jakarta dan Bekasi. Jurnal ASPIKOM, 2(2), 63. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i2.60

Seifert, A. (2020). The Digital Exclusion of Older Adults during the COVID-19 Pandemic. Journal of Gerontological Social Work, Vol. 00, pp. 1–3. https://doi.org/10.1080/01634372.2020.1764687

Sloane-Seale, A. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Canadian Journal of University Continuing Education, 35(2). https://doi.org/10.21225/d54s3d

Su, L., Ma, X., Yu, H., Zhang, Z., Bian, P., Han, Y., … Gai, Z. (2020). The different clinical characteristics of corona virus disease cases between children and their families in China–the character of children with COVID-19. Emerging Microbes and Infections, 9(1), 707–713. https://doi.org/10.1080/22221751.2020.1744483

Sumitra, B. (2015). Keintiman Komunikasi Interpersonal Termediasi melalui New Media. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Talidong, K. J. B., & Toquero, C. M. D. (2020). Philippine Teachers’ Practices to Deal with Anxiety amid COVID-19. Journal of Loss and Trauma, 1–7. https://doi.org/10.1080/15325024.2020.1759225

Trenholm, Sarah & Jensen, A. (2004). Interpersonal Communication. New York: Oxford University Press.

Triwardhani, I. J. (2006). Komunikasi Persuasif pada Pendidikan Anak. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 77–84. https://doi.org/10.29313/mediator.v7i1.1220

Triwardhani, I. J., & Chaerowati, D. L. (2019). Interpersonal communication among parents and children in fishermen village in cirebon Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(2), 277–292. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3502-17

Yarımkaya, E., & Esentürk, O. K. (2020). Promoting physical activity for children with autism spectrum disorders during Coronavirus outbreak: benefits, strategies, and examples. International Journal of Developmental Disabilities, 0(0), 1–6. https://doi.org/10.1080/20473869.2020.1756115


Article Metrics

 Abstract Views : 2847 times
 PDF Downloaded : 1052 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.