Author
Desty Citra Sari(1), Muthmainnah Muthmainnah(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-10-28
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 849 times PDF Downloaded: 370 timesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan membatik ecoprint pada anak usia dini dengan rentang usia 4-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap peserta didik mulai dari sosialisasi hingga pelaksanaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian dari kegiatan ecoprint ini adalah mengenalkan kepada peserta didik teknik dalam membatik dengan memanfaatkan bahan-bahan alam. Kegiatan ini merupakan bagian dari struktur kurikulum kokuler yaitu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya penghayatan nilai-nilai Pancasila dengan menghargai dan melestarikan kebudayaan Indonesia salah satunya melalui pengenalan teknik membatik ecoporint. Melalui kegiatan membatik ecoprint nilai-nilai pada elemen berkebhinekaan global muncul karakter Mengenali identitas diri dan kebiasaan-kebiasaan budaya dalam keluarga, Mengenal identitas orang lain dan kebiasaan-kebiasaannya, Membiasakan untuk menghormati budaya-budaya yang berbeda dari dirinya.
Keywords
References
Arika, & Munawarah, S. (2023). Meningkatkan kreativitas melalui kegiatan membatik ecoprint anak usia 5-6 tahun. Journal of Early Childhood Education, 6(2). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v%vi%i.11287
Astini, Baik. N., Suarta, I. N., Habibi, M., & Fitrianingsih, Y. (2021). Pengembangan kegiatan membatik dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Eductaion, 2(1), 225–229. https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/678
Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan; Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif (5th ed.). Pustaka Pelajar.
Dewi, Fani. C., & Yuniarsih, T. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan kerjasama pada anak kelompok b tanamn kanak-kanak. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 261–271. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15184
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2022). Pelaksanaan keputusan mendikbudristek nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudkan Pelajar Pancasila dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keagamaan , 1(1). https://doi.org/10.58569/ilma.v1i1.457
Harahap, N. (2020). Buku metodologi penelitian kualitatif (H. Sazali, Ed.; 1st ed.). Wal ashri Publishing.
Irianingsih, N. (2018). Eco print motif kain dari daun dan bunga. Gramedia.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/388
Jamaludin, Alanur, S. N., Amus, S., & Hasdin. (2022). Penerapan nilai profil pelajar pancasila melalui kegiatan kampus mengajar di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553
Jariah, A., Astini, B. N., Fahruddin, & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas penerapan teknik ecoprint untuk mengembangkan motorik halus anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 75–79. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2646
Jatiningsih, O., Habibah, S. M., Wijaya, R., & Sari, M. M. K. (2021). Peran orang tua dalam pemenuhan hak pendidikan anak pada masa belajar dari rumah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1), 147. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.29943
Kementerian Riset dan Teknologi. (2022). Dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka.
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman karakter gotong royong berbasis p5 di smp muhammadiyah 8 batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420
Kharunissa, S. N., Munawar, Sutini, & Santoso, G. (2023). Kebermaknaan (P5) proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui dimensi kebhinekaan global di kelas 1 sdn jati pulo 05 pagi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(02), 127–140. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i2.289
Lemanski, C. (2019). Infrastructural citizenship: The everyday citizenships of adapting and/or destroying public infrastructure in Cape Town, South Africa. Transactions of the Institute of British Geographers, 45(3), 589–605. https://doi.org/10.1111/tran.12370
Maghfirani, R. T., & Romelah, S. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 100–108. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.327
Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Nurcahyanti, D., Sachari, A., & Destiarmand, A. H. (2020). Peran Kearifan Lokal Masyarakat Jawa untuk Melestarikan Batik Tradisi di Girilayu, Karanganyar, Indonesia. Jurnal Seni Budaya, 35(2), 145–153. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i2.816
Nurwardani, P., Saksama, H. Y., Kuswonjono, A., Munir, M., Mustansyir, R., Nurdin, E. S., Mulyono, E., Prawatyani, S. J., Anwar, A. A., Evawany, Priyautama, F., & Festanto, A. (2016). Pendidikan pancasila untuk perguruan tinggi (T. dan P. T. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Ed.; Cetakan 1).
Purnamasari, M., & Na’imah. (2020). Peran pendidik dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 295–303. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.990
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Putri, M. R., Wahyuningsih, S., & Djaelani. (2016). Peningkatan kemampuan mengurutkan pola melalui media bahan alam pada anak kelompok a1 tk desa wonolopo tasikmadu karanganyar. Jurnal UNS, 6(1). https://doi.org/10.20961/kc.v6i1.34999
Raharja, A. D., Selvia, M., & Hilman, C. (2022). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan yang Relevan d alam Mengatasi Permasalahan Global. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 85–89. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.215
Ramadani, F., & Desyandri. (2022). Konsep kurikulum merdeka belajar terhadap pandangan filsafat progresivisme. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1239–1251. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6863
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306
Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6182–6195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472
Saputri, P. C., & Katoningsih, S. (2023). Analisis pengaruh permainan tradisional dalam penguatan kebhinekaan global. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 392–405. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.230
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2021). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran.
Setiawan, R., & Pradhikta, D. (2021). Pengenalan batik pada anak sebagai wujud cinta budaya indonesia. Jurnal ABDI, 7(1), 125–129. https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p125-129
Siwi, A. M. A. (2019). Implementasi nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler membatik di sd negeri gadingan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 8(15), 1474–1481. http://eprints.uny.ac.id/64586/
Suryana, D. (2016). Stimulasi & aspek perkembangan anak (1st ed.). Kencana.
Sutiyono, S. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.39
Syafi, F. F. (21021). Merdeka belajar sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 39–49. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1049/743
Uno, Hamzah. B., & Mohamad, N. (2012). Belajar dengan pendekatan pailkem: embelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik (2nd ed.). PT Bumi Aksara.
Utamy, D., Afiati, E., & Conia, P. D. D. (2021). Pengembangan modul bimbingan kelompok dengan teknik Permainan kolaboratif untuk meningkatkan perilaku empati anak usia dini. Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 3(2), 73–91. https://doi.org/10.46799/jequi.v3i2.44
Vembrianto, A., & Fauzanafi, M. Z. (2022). (bukan) Batik Papua. Lembaran Antropologi, 1(1), 99–107. https://doi.org/10.22146/la.3802
Widya, R., Rozana, S., & Putri, R. E. (2023). Implementasi Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Dalam Keluarga Sebagai Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila di kota Pari. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2744–2750. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13719
Refbacks
- There are currently no refbacks.