Inovasi Pembelajaran PAI bagi Anak Usia Dini berdasarkan Nilai Pendidikan Finlandia menurut Timothy D. Walker

Authors

  • Krisna Wijaya Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Mhd Miftachuddin Rasyid Nasution Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Muhammad Affan Wahyudi al-Fattah Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor,
  • Umrodi Umrodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Jaziela Huwaida Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5240

Keywords:

timothy d walker, nilai pendidikan finlandia, anak usia dini

Abstract

Pelajaran PAI sering menjadi pelajaran yang dianggap membosankan karena model metode konvensioal yang telah menjadi budaya di dalamnya. Penelitian ini berfokus untuk menguraikan konsep pendidikan di Finalndia berdasarkan kacamata Timothy D. Walker dan menerapkannya pada pelajaran PAI bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan data-data primer dapat ditemukan melalui buku, majalah, dan jurnal yang tersedia secara online ataupun offline. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan teori Milles dan Huberman dalam tahap mengumpulkan, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari penelitian. hasil dari penelitian ini didapati bahwa dalam asas kesejahteraan peserta didik, inovasi dilakukan dalam aspek tempat duduk di kelas, menyederhanakan tempelan di dinding-dinding kelas, mengkreasikan bentuk PR, melakukan kegiatan brain breaks, dan memperluas makna ruang kelas. pada asas hubungan seorang guru dengan murid, inovasi dalam hal formasi guru PAI dan hubungan guru dan murid. Adapun asas terakhir adalah inovasi pembelajaran berdasar prinsip kecerdasan majemuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Absawati, H. (2020). Telaah Sistem Pendidikan Finlandia : Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementary : Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 64–70. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2136.

Adiputri, R. (2019). Sistem Pendidikan Finlandia: Catatan dan Pengalaman Seorang Ibu. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Affandi, L. H., Saputra, H. H., & Husniati, H. (2020). Apakah Tingkat Kebahagiaan Bisa Menjelaskan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar? Progres Pendidikan, 1(3), 168–176. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.21

Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2100–2109. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234

Alfi Suciyati. (2019). Penerapan Proses Pembelajaran Di Finlandia Pada Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 13(Mi), 5–24. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.25675

Andriana. FA, A., & Eliza, D. (2021). Perbandingan Pendidikan di Indonesia dan Pendidikan di Finlandia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 828–833. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.354

Anwar, F., Taqiyuddin, M. F., Wijaya, K., Azmi, M. C. Y., & Izharman, I. (2022). Implementation of Talaqqi, Sima’i, Wahdah, Talqin and Kitabah Methods in Memorizing The Qur’an: How Do Teachers Guide Students. Khalifa: Journal of Islamic Education, 6(2), 152. https://doi.org/10.24036/kjie.v6i2.151

Armstrong, T. (2004). Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligence di Dunia Pendidikan. Bandung: Kaifa.

Atikasari, F. et al. (2021). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis Dimediasi Oleh Kebahagiaan Siswa Fitri. Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, 1(Tis 14), 15–27. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpsikologiunimuda/article/view/1060

Babang, M. P. I. (2020). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Pernapasan terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA di SMA St. Gabriel Maumere. Spizaetus : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 21–26. http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i1.43.http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i1.43.

Bagir, H. (2019a). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Bandung: Mizan.

Bahar, H., Iswan, I., Sundi, V. H., & Fitri, N. L. (2020). Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (Bcct) Berbasis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 145–155. https://doi.org/10.24853/yby.4.2.145-155.https://doi.org/10.24853/yby.4.2.145-155.

Chatib, M. (2008). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligence di Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Daud, R. M. (2020). Sistem pendidikan Finlandia suatu alternatif sistem pendidikan Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 21–36. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6226

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Fadillah, R. A., Masripah, & Amirudin, J. (2023). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI (Penelitian Eksperimen di Kelas X MAN 2 Garut). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02(01), 84–95. http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v2i1.2838

Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter siswa. Nuansa Cendekia.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Gardner, H. (2013a). Multiple Intelligence. Daras Books.

Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia Itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 265. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.265-276.2020

Hasibuan, A. T., Wulan, W., Simatupang, S., Rudini, R., & Ani, S. (2023). Dasar Telaah Sistem Pendidikan Finlandia Implementation Of The World ’ S Best Education System In The Early Childhood Level : A Study Of The Finnish Education System. Jurnal Pembelajaran Dan MatematiKA SIGMA (JPMS), 9(1), 133–136. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4383

Hatip, A. (2022). Eksplorasi Pendidikan Finlandia Sebagai Lesson Learnt untuk Pendidikan Indonesia . CEJou : Center of Education Journal, 3(1), 7–8. https://doi.org/10.55757/cejou.v3i01.83.

Hutagaluh, O. (2022). Pendidikan Di Finlandia: Kemajuan Dan Contoh Untuk Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 2(4), 188–198. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3929.

Kern, F., Lingnau, B., & Paul, I. (2015). The construction of “academic language†in German classrooms: Communicative practices and linguistic norms in “morning circles.†Jurnal Linguistics and Education, 31, 207–220. https://doi.org/10.1016/j.linged.2014.10.005

Larosa, S. (2021). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Mawar Saron: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, 4, 45–66. https://doi.org/10.52879/didasko.v1i2.22

Montessori, M. (2016). Rahasia Masa Kanak-Kanak. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146–1156. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696

Muslim, A. Q., Suci, I. G. S., & Pratama, M. R. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Di Jepang, Finlandia, China Dan Indonesia Dalam Mendukung Sustainable Development Goals. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 170. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2827

Ndaru, W. A. P. (2019). Mengenal Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4(5), 9–25. https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66377

Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303

Pramudia, J. R. (2006). Orientasi Baru Pendidikan: Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik Dan Peserta Didik. Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.459

Putra, I. E. D., Rusdinal, Ananda, A., & Gistituati, N. (2023). Perbandingan Kurikulum Pendidikan Dasar Antara Indonesia dan Finlandia. Journal on Education, 06(1), 1–15. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4010

Rafliyanto, M., & Mukhlis, F. (2023). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Formal. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 121–142. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v7i1.1853

Sari, I. K. (2019). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Peserta Didik Kelas 5 Sdn Salatiga 05 Terhadap Nilai Raport. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 53–56. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1445

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 131–138. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.375

Siswadi, G. A. (2023). Konsep Kebebasan Dalam Pendidikan Perspektif Rabindranath Tagore Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(02), 97–108. https://doi.org/10.53977/ps.v2i02.809

Wahid, A. H., Mundiri, A., Najiburrahman, Baharun, H., & Muali, C. (2020). Anti radicalism education; amplification of islamic thought and revitalization of the higher education in indonesia. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Issue August).

Walker, T. D. (2017). Teach like Finland: 33 simple strategies for joyful classrooms. WW Norton & Company.

Wijaya, K. (2023a). Epistemologi islam sebagai worldview asas ilmu, iman, dan amal bagi seorang pendidik. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 286–296. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i3%20Juni.202

Wijaya, K. (2023). ICT Integration in Islamic Education for Elementary Schools. EL-TARBAWI, 16(1). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol16.iss1.art5. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol16.iss1.art5.

Wijaya, K., & Sari, S. P. (2023). Penerapan konsep triple helix pendidikan berbasis komunikasi profetik di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 319–333. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.14573

Downloads

Published

03-11-2023

How to Cite

Wijaya, K., Nasution, M. M. R., al-Fattah, M. A. W., Umrodi, U., & Huwaida, J. (2023). Inovasi Pembelajaran PAI bagi Anak Usia Dini berdasarkan Nilai Pendidikan Finlandia menurut Timothy D. Walker. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6195–6208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5240

Issue

Section

Articles