Stimulasi Membaca Anak Usia Dini dengan Media Poster

Authors

  • Andhy Akbar Asmara Putra Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Wili Astuti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4887

Keywords:

anak usia dini, kemampuan membaca, poster

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media poster bergambar dalam peningkatan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di TK Putri Serang pada tahun 2022, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa TK Putri Serang, sedangkan sampel penelitian adalah 30 siswa kelas TK B. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi. Instrumen obseryang digunakan adalah tes kemampuan membaca anak usia dini dengan indikator yang meliputi: 1) mandiri dalam membaca, 2) membaca kata sederhana, 3) memahami bacaan, 4) mengucapkan huruf vokal dan konsonan. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,780 > 1,701 maka diperoleh kesimpulan media poster efektif digunakan dalam penignkatan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan poster sebagai media untuk merangsang kemampuan berbicara anak efektif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M., Andayani, A., Nurkamto, J., Setiawan, B., & Ngadiso, N. (2019). The Development of Video Compact Disk Media Using a Scientific Approach for Expository Writing: A Case in Indonesian Senior High Schools. Anatolian Journal of Education, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.29333/aje.2018.311a

Anggraeni, V. G. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan media poster terhadap kemampuan berbicara anak kelompok b tk mekarsari. JUrnal Nasional Paud, 1(4), 1–5.

Ardiana, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 20–27. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.47

Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. 4(1), 103–111. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.117

Ardiyanti, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2), 26–44. https://doi.org/10.47006/er.v6i2.13166

Baiti, N., & Zulkarnaen, M. (2022). Pelatihan Stimulasi Keterampilan Literasi Awal Anak Usia Dini Melalui Media Poster Di Masa Pandemi. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 25. https://doi.org/10.24853/an-nas.1.2.25-32

Bulkani, Fatchurahman, M., Adella, H., & Andi Setiawan, M. (2022). Development of animation learning media based on local wisdom to improve student learning outcomes in elementary schools. International Journal of Instruction, 15(1), 55–72. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a

Cahyanti, I. N., & Katoningsih, S. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1269–1278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3925

Fauziah, S., Darmiyanti, A., & Putri, F. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Poster Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Permulaan Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun di Tkq An- Namlu Palumbonsari Karawang Syifa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 491–497. https://doi.org/10.5281/zenodo.7080625

Heryawan, T., Putro Widoyoko, E., & Yansaputra, G. (2022). Penggunaan Media Poster Berbasis Karakter Dalam Tema 5 Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2231

Jannah, A., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1 - 17. https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10

Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., & Na, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. 3, 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88

Maftuhah, A., & Ariyati, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Show And Tell Di TK Pertiwi 01 Cingebul. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 164–172. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13386

Maiyena,S. (2016). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter untuk Materi Global Warming. Jurnal materi dan pembelajaran fisika (JMPF), 3(1). https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/269

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Mediyawati, M. (2020). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu kata bergambar pada anak kelompok B4 di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 109–117. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31351

Megawati, M., Jamil, Z. A., & Musyaffa, A. A. (2022). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Di Raudhatul Athfal Kartini Bayung …. 1, 36–46. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/13956

Munirah, M., Rosdiana, & Hadmawati, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Poster Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 114–120. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a10.2022

Ningrum, R. S., & Wardhani, J. D. (2022). Persepsi Guru terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121

Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., Reswari, A., & Fauziddin, M. (2021). Media Daur Ulang (Recycle System) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1323–1330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1209

Nurfadhillah, S., Pertiwi, D., Pratiwi, D. I., Dewi, E. P., Saidah, M., & Nurhaliza, S. (2021). Pengembangan Media Poster dalam Pembelajaran IPA Kelas IVB SD Negeri Cikokol 3. Bintang, 3(2), 313-322. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1357. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1357.

Nurfadhillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda†Kelas V di SDN Sarakan II Tangerang. Nusantara, 3(1), 117-134. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1282. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1282.

Purwaningsih, F. A., & Astuti, W. (2019). Media Styrofoam Chart Dalam Meningkatan Kecerdasan Linguistik Anak TK A. University Research Colloquium (URECOL), 196–200. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/430

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Sari, L. K., Rizhardi, R., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5509

Setyowati, E., Subagyo, D., & Sari, W. N. I. (2021). Pendampingan Paud Di Tk Aisyiah Jetis Blulukan Colomadu Karanganyar. Abdi Psikonomi, 2(2), 68–72. https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/336

Slamet, S. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al Quran. Warta LPM, 24(1), 59–68. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.9917

Sugihartatik, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Lambat Belajar. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 32–38. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.276

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sulismiyati,E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Media Poster Pada Anak Kelompok b Ditunas Bhakti. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3096

Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40. https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3361

Udayani, L. M. (2021). Penggunaan Media Visual “POSTER BERGAMBAR†dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Lampuhyang, 12(2), 182–191. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.262

Yeni Lestari, N. G. A. M. (2019). Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.731

Yenti, Y., & Maswal, A. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2045–2051. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1218

Yulia, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/578https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/578

Zulianingsih, L., Khan, R. I., & Yulianto, D. (2020). Media putaran kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 115–122. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/627

Downloads

Published

22-09-2023

How to Cite

Putra, A. A. A., & Astuti, W. (2023). Stimulasi Membaca Anak Usia Dini dengan Media Poster. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5240–5248. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4887

Issue

Section

Articles