Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Ambariani Ambariani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rakimahwati Rakimahwati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4326

Keywords:

pola asuh, pembentukan karakter, anak usia dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan setelah kelahiran anak yang tidak boleh diabaikan karena anak usia dini dapat menjadi tempat dimana anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan karakteristik perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seperti apa pengaruh pola asuh orangtua terhadap pembentukan karakter anak. Metode penelitian ini menggunakan kajian litertur dengan pendekatan kualitatif tekstual. Data dikumpulkan secara dokumentasi, selanjutnya  data yang diperoleh dianalisis secara kritis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat dua tema mengenai pola asuh dalam menanamkan karakter anak, diantaranya: pentingnya pembentukan karakter dari keluarga dan dampak pola asuh pada karakter sosial anak. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan mengenai pemahaman pola asuh yang perlu digunakan sehingga dapat terhindarnya penggunaan atau penerapan pola asuh yang tidak sesuai pada karakteristik anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/VE.V11I1.572

Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., Karyawati, L., & Singaperbangsa Karawang Koresponding, U. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104. https://doi.org/10.35568/EARLYCHILDHOOD.V5I2.1323

Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369~387-369~387. https://doi.org/10.33367/TRIBAKTI.V29I2.602

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Era Globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31540/PEJS.V1I1.305

Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-Pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/KIDDO.V2I2.4797

Hasanah, U. (2017). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/pola-asuh-orangtua-dalam-membentuk-karakter-anak

Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/PERSONA.V3I01.364

Jannah, H. (2012). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia di Kecamatan Ampek Angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2). https://doi.org/10.24036/1623

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627

Kusdi, S. S. (2018). Peranan Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–111. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/AL-USWAH/article/view/6253

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

Lubis, M., & Suryana, D. (2022). Tingkat Pemahaman Terhadap Pola Asuh Orang Tua di Panyabungan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1003–1010. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2525

Miyati, D. S., Rasmani, U. E. E., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Kumara Cendekia, 9(3), 139. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219

Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.

Muthi, A., Nuryatmawati, & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 81–92. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/5286

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022a). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022b). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Nurlaela, L. S., Pratomo, H. W., & Araniri, N. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Pembentukan Karakter Anak. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 226–241. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.35

Nursalikah, A. (2023). Murid Maki Guru, Ini 5 Adab Murid pada Guru yang Luput di Era Sekarang. Republika.

Pahlevi, R., Utomo, P., & Septian, M. R. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 4(1), 104–115. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/view/6888/3788

Puspitasari, R., Hastuti, D., & Tin, H. (2015). Pengaruh Pola Asuh Disiplin dan Pola Asuh Spiritual Ibu Terhadap Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan KArakter, 6(2), 208–218. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8624

Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520

Shochib, M. (1998). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta.

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 23–29. https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.313

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Cahaya Paud: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2090

Downloads

Published

29-10-2023

How to Cite

Ambariani, A., & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6065–6073. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4326

Issue

Section

Articles