- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4326Keywords:
pola asuh, pembentukan karakter, anak usia diniAbstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan setelah kelahiran anak yang tidak boleh diabaikan karena anak usia dini dapat menjadi tempat dimana anak dapat berkembang secara optimal sesuai dengan karakteristik perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seperti apa pengaruh pola asuh orangtua terhadap pembentukan karakter anak. Metode penelitian ini menggunakan kajian litertur dengan pendekatan kualitatif tekstual. Data dikumpulkan secara dokumentasi, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara kritis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat dua tema mengenai pola asuh dalam menanamkan karakter anak, diantaranya: pentingnya pembentukan karakter dari keluarga dan dampak pola asuh pada karakter sosial anak. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan mengenai pemahaman pola asuh yang perlu digunakan sehingga dapat terhindarnya penggunaan atau penerapan pola asuh yang tidak sesuai pada karakteristik anak.
Downloads
References
Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/VE.V11I1.572
Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., Karyawati, L., & Singaperbangsa Karawang Koresponding, U. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104. https://doi.org/10.35568/EARLYCHILDHOOD.V5I2.1323
Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369~387-369~387. https://doi.org/10.33367/TRIBAKTI.V29I2.602
Fimansyah, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Era Globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31540/PEJS.V1I1.305
Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-Pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/KIDDO.V2I2.4797
Hasanah, U. (2017). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/pola-asuh-orangtua-dalam-membentuk-karakter-anak
Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.30996/PERSONA.V3I01.364
Jannah, H. (2012). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia di Kecamatan Ampek Angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2). https://doi.org/10.24036/1623
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Kusdi, S. S. (2018). Peranan Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–111. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/AL-USWAH/article/view/6253
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Lubis, M., & Suryana, D. (2022). Tingkat Pemahaman Terhadap Pola Asuh Orang Tua di Panyabungan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1003–1010. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2525
Miyati, D. S., Rasmani, U. E. E., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Kumara Cendekia, 9(3), 139. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219
Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.
Muthi, A., Nuryatmawati, & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 81–92. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/5286
Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022a). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054
Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022b). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054
Nurlaela, L. S., Pratomo, H. W., & Araniri, N. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Pembentukan Karakter Anak. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 226–241. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.35
Nursalikah, A. (2023). Murid Maki Guru, Ini 5 Adab Murid pada Guru yang Luput di Era Sekarang. Republika.
Pahlevi, R., Utomo, P., & Septian, M. R. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 4(1), 104–115. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/view/6888/3788
Puspitasari, R., Hastuti, D., & Tin, H. (2015). Pengaruh Pola Asuh Disiplin dan Pola Asuh Spiritual Ibu Terhadap Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan KArakter, 6(2), 208–218. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8624
Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520
Shochib, M. (1998). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta.
Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 23–29. https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.313
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717
Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Cahaya Paud: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2090