- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pendidikan Akhlak dalam Keluarga (Studi Kasus Pola Asuh Orang Tua dalam Internalisasi Akhlak Anak Usia Dini)
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3655Keywords:
Pendidikan Akhlak dalam Keluarga (Studi Kasus Pola Asuh Orang Tua dalam Internalisasi Akhlak Anak Usia Dini)Abstract
Pendidikan akhlak dimulai di lingkungan keluarga, di mana anak belajar bersosialisasi dengan lingkungan yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pola asuh orang tua, strategi pembentukan akhlak anak, dan dampak pola asuh terhadap akhlak anak di Desa Plalangan Jenangan, Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga pola asuh dominan: demokratis, permisif, dan otoriter, yang memiliki cara dan hasil yang berbeda dalam membentuk akhlak anak. Penting bagi orang tua untuk memperhatikan kebutuhan emosional dan perkembangan anak, serta menjaga komunikasi yang baik. Peran orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan pola asuh yang tepat. Pola asuh yang baik dan strategi internalisasi akhlak yang efektif akan membentuk perilaku positif pada anak, dengan fleksibilitas bagi orang tua untuk menggabungkan beberapa pola asuh sesuai dengan tujuan pembentukan akhlak yang diharapkan
Downloads
References
Alfiani, D. A. (2017). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga (Studi Kasus Pengembangan Karakter Kepribadian Anak di MI Al-Wasliyah Sumber Kabupaten Cirebon). Al-Ibtida’, 2(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1677
Ardiati, R. K. (2018). Peran orang tua dalam perkembangan kepribadian anak usia dini. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 73. https://doi.org/10.23916/08413011
Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget ( Studi Kasus : Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota ). 5, 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622
Arif, M. (2021). Akhlak Islami & Pola Edukasinya. Kencana.
Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1323
Atika, A. N. (2019). Enam Metode Pola Asuh Orang Tua Untuk Peningkatan Social Skills. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 18. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4772
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61. https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.178https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.178
Bahri Djamarah, S. (2004). Pola Asuh Orang tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Rineka Cipta.
Brantasari, M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 18–23. https://doi.org/10.24903/pm.v7i1.1016
Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Damayanti, L. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Anifa, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.32505/anifa.v1i1.2428
Dua Dhiu, K., Laba Laksana, D. N., & Dopo, F. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PT. Nasya Expanding Management.
Efiawati, E., Fauziyah, D. N., Syafrida, R., & Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676
Fadhillah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 183–188. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.163
Fuadi, S. I., Farida, N., Antika, R., & Priharti, D. (2020). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP AKHLAK ANAK(Studi Komparasi Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua). Paramurobi, 3(2), 64–79. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1577
Gilang Achmad Marzuki, & Agung Setyawan. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809
Idhar, I. (2022). Orang Tua Sebagai Basis Pendidikan Akhlak Anak Sejak Dini. Fashluna, 3(1), 93–105. https://doi.org/10.47625/fashluna.v3i1.379
Ilga, M., & Novianti, R. (2020). Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak. Jurnal Amal Pendidikan, 1(2), 96. https://doi.org/10.36709/japend.v1i2.13293
Ilham, L. (2022). Dampak pola asuh otoriter terhadap pekembangan anak. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 63–73. https://doi.org/10.20414/iek.v4i2.5976
Ilmiah, W. S., Azizah, F. M., & Amelia, N. S. (2017). Pentingnya Pengetahuan Ibu Tentang Pemantauan Perkembangan Masa Balita (Golden Period) Di Polindes Sambirampak Lor Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. J-PENGMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1(1), 37–42. https://ojshafshawaty.ac.id/index.php/jpengmas/article/view/7
Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221–228. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Istighfarrina, D. M. (2021). Penanaman Karakter Religius Anak Usia Dini dalam Film Animasi Nussa dan Rara. Golden Age, 5(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4023
Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460
Jannatunisa, & Franita, R. (2022). Pendidikan Akhlak dalam Keluarga. 9(8), 2898–2902. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2898-2902
Khaidir, Kosilah, Kistian, A., Nur, D., Saputra, M., & Kholik, N. (2021). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Mansur. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Puataka Pelajar.
Mardiana, N. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Interaksi Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 22. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i1.801
Masni, H. (2021). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v6i1.41
Massang, B., Manoppo, F. K., & Mamonto, H. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini Melalui Bahasa Cinta. Urnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 170–180. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.899
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mukti, F. D. (2018). Integrasi Literasi Sains Dan Nilai-Nilai Akhlak Di Era Globalisasi. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 318–338. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.18
Muttaqin, T. Z. (2014). Penerapan Teori Pembiasan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Dasar. Edutech, 13(3). https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3089
Ningsih, L., & Prasetya, B. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Buruh Tani dalam Pembinaan Akhlak Anak di Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. 6(2), 189–202. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.537
Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i2.5286
Pebriandini, N., & Ismet, S. (2021). Analisisi Karakter Anak Dalam Film Kartun Animasi Nusa dan Rara. Edukasi, 1(1). https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/19
Puspitasari, W. (2019). Pintar Bercerita. CV. Kekata Group.
Rahmadina, F. S., Rahmadina, F. S., & Firmiana, M. E. (2021). Bentuk Dukungan Orang Tua Pada Anak Usia Dini (Aud) Selama Belajar Dari Rumah (Bdr). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 18. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.629
Rahmi, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Pada Anak. Braz Dent J., 33(1), 1–12. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i1.179
Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://www.sinestesia.pustaka.my.id/index.php/journal/article/view/44
Rizki, D., & Lestari, W. (2021). Komunikasi Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gaya Belajar Siswa Kelas V Sdn Sukamukti. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 36–48. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.162
Sarah Ayu Ramadhani, & Fitri Sari. (2022). Metode dan Strategi Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(2), 154–164. https://doi.org/10.55657/tajis.v1i2.50
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Subagja, I. N. (2019). Pola Asuh Orang Tua: Faktor,Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Nilacakra.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhartono, & Lina, R. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Islam. CV. Pilar Nusantara.
Susanty, F. (2021). Pola Pemberian Hadiah Dan Hukuman Dalam Mendidik Anak Menurut Pendidikan Islam (Studi Kajian Kepustakaan). Jurnal Tarbiyah Isamiyah, 6(1), 71–82. https://doi.org/10.48094/raudhah.v6i1.103
Syafril, & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Kencana. h
Syaikhon, M., & Saleh, N. R. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan pada Anak Usia Dini di RA TAAM ADINDA Kepatihan Menganti Gresik. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 9(1), 26–33. https://doi.org/10.36815/tarbiya.v13i1.2534
Tamsil, H. A. (2021). “Permasalahan Penggunaan Gadget Pada Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Jendela PLS, 6(1), 44–49. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3140
Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. PT Elex Media Komputindo.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Pustaka Pelajar.
Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Pustaka Pelajar.
Widat, F., Tohet, M., & Nafi, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
Widyastuti, S., Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemic Covid-19. 8(1), 70–76. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1446
Zulkifli. (2018). Akhlak Tasawwuf Jalan Meluruskan Diri. Kalimedia.