Pendidikan Akhlak dalam Keluarga (Studi Kasus Pola Asuh Orang Tua dalam Internalisasi Akhlak Anak Usia Dini)

Authors

  • Dahrul Safitri Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Raden Rachmy Diana Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3655

Keywords:

Pendidikan Akhlak dalam Keluarga (Studi Kasus Pola Asuh Orang Tua dalam Internalisasi Akhlak Anak Usia Dini)

Abstract

Pendidikan akhlak dimulai di lingkungan keluarga, di mana anak belajar bersosialisasi dengan lingkungan yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pola asuh orang tua, strategi pembentukan akhlak anak, dan dampak pola asuh terhadap akhlak anak di Desa Plalangan Jenangan, Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga pola asuh dominan: demokratis, permisif, dan otoriter, yang memiliki cara dan hasil yang berbeda dalam membentuk akhlak anak. Penting bagi orang tua untuk memperhatikan kebutuhan emosional dan perkembangan anak, serta menjaga komunikasi yang baik. Peran orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan pola asuh yang tepat. Pola asuh yang baik dan strategi internalisasi akhlak yang efektif akan membentuk perilaku positif pada anak, dengan fleksibilitas bagi orang tua untuk menggabungkan beberapa pola asuh sesuai dengan tujuan pembentukan akhlak yang diharapkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani, D. A. (2017). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga (Studi Kasus Pengembangan Karakter Kepribadian Anak di MI Al-Wasliyah Sumber Kabupaten Cirebon). Al-Ibtida’, 2(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1677

Ardiati, R. K. (2018). Peran orang tua dalam perkembangan kepribadian anak usia dini. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 73. https://doi.org/10.23916/08413011

Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget ( Studi Kasus : Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota ). 5, 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622

Arif, M. (2021). Akhlak Islami & Pola Edukasinya. Kencana.

Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1323

Atika, A. N. (2019). Enam Metode Pola Asuh Orang Tua Untuk Peningkatan Social Skills. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 18. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4772

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61. https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.178https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.178

Bahri Djamarah, S. (2004). Pola Asuh Orang tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Rineka Cipta.

Brantasari, M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 18–23. https://doi.org/10.24903/pm.v7i1.1016

Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Damayanti, L. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Anifa, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.32505/anifa.v1i1.2428

Dua Dhiu, K., Laba Laksana, D. N., & Dopo, F. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PT. Nasya Expanding Management.

Efiawati, E., Fauziyah, D. N., Syafrida, R., & Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676

Fadhillah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 183–188. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.163

Fuadi, S. I., Farida, N., Antika, R., & Priharti, D. (2020). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP AKHLAK ANAK(Studi Komparasi Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua). Paramurobi, 3(2), 64–79. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1577

Gilang Achmad Marzuki, & Agung Setyawan. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809

Idhar, I. (2022). Orang Tua Sebagai Basis Pendidikan Akhlak Anak Sejak Dini. Fashluna, 3(1), 93–105. https://doi.org/10.47625/fashluna.v3i1.379

Ilga, M., & Novianti, R. (2020). Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak. Jurnal Amal Pendidikan, 1(2), 96. https://doi.org/10.36709/japend.v1i2.13293

Ilham, L. (2022). Dampak pola asuh otoriter terhadap pekembangan anak. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 63–73. https://doi.org/10.20414/iek.v4i2.5976

Ilmiah, W. S., Azizah, F. M., & Amelia, N. S. (2017). Pentingnya Pengetahuan Ibu Tentang Pemantauan Perkembangan Masa Balita (Golden Period) Di Polindes Sambirampak Lor Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. J-PENGMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1(1), 37–42. https://ojshafshawaty.ac.id/index.php/jpengmas/article/view/7

Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221–228. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Istighfarrina, D. M. (2021). Penanaman Karakter Religius Anak Usia Dini dalam Film Animasi Nussa dan Rara. Golden Age, 5(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4023

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Jannatunisa, & Franita, R. (2022). Pendidikan Akhlak dalam Keluarga. 9(8), 2898–2902. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2898-2902

Khaidir, Kosilah, Kistian, A., Nur, D., Saputra, M., & Kholik, N. (2021). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

Mansur. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Puataka Pelajar.

Mardiana, N. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Interaksi Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 22. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i1.801

Masni, H. (2021). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v6i1.41

Massang, B., Manoppo, F. K., & Mamonto, H. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini Melalui Bahasa Cinta. Urnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 170–180. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.899

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mukti, F. D. (2018). Integrasi Literasi Sains Dan Nilai-Nilai Akhlak Di Era Globalisasi. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 318–338. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.18

Muttaqin, T. Z. (2014). Penerapan Teori Pembiasan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Dasar. Edutech, 13(3). https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3089

Ningsih, L., & Prasetya, B. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Buruh Tani dalam Pembinaan Akhlak Anak di Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. 6(2), 189–202. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.537

Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i2.5286

Pebriandini, N., & Ismet, S. (2021). Analisisi Karakter Anak Dalam Film Kartun Animasi Nusa dan Rara. Edukasi, 1(1). https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/19

Puspitasari, W. (2019). Pintar Bercerita. CV. Kekata Group.

Rahmadina, F. S., Rahmadina, F. S., & Firmiana, M. E. (2021). Bentuk Dukungan Orang Tua Pada Anak Usia Dini (Aud) Selama Belajar Dari Rumah (Bdr). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 18. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.629

Rahmi, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Pada Anak. Braz Dent J., 33(1), 1–12. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i1.179

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://www.sinestesia.pustaka.my.id/index.php/journal/article/view/44

Rizki, D., & Lestari, W. (2021). Komunikasi Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gaya Belajar Siswa Kelas V Sdn Sukamukti. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 36–48. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.162

Sarah Ayu Ramadhani, & Fitri Sari. (2022). Metode dan Strategi Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(2), 154–164. https://doi.org/10.55657/tajis.v1i2.50

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Subagja, I. N. (2019). Pola Asuh Orang Tua: Faktor,Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Nilacakra.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhartono, & Lina, R. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Islam. CV. Pilar Nusantara.

Susanty, F. (2021). Pola Pemberian Hadiah Dan Hukuman Dalam Mendidik Anak Menurut Pendidikan Islam (Studi Kajian Kepustakaan). Jurnal Tarbiyah Isamiyah, 6(1), 71–82. https://doi.org/10.48094/raudhah.v6i1.103

Syafril, & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Kencana. h

Syaikhon, M., & Saleh, N. R. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan pada Anak Usia Dini di RA TAAM ADINDA Kepatihan Menganti Gresik. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 9(1), 26–33. https://doi.org/10.36815/tarbiya.v13i1.2534

Tamsil, H. A. (2021). “Permasalahan Penggunaan Gadget Pada Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Jendela PLS, 6(1), 44–49. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3140

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. PT Elex Media Komputindo.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Pustaka Pelajar.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Pustaka Pelajar.

Widat, F., Tohet, M., & Nafi, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095

Widyastuti, S., Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemic Covid-19. 8(1), 70–76. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1446

Zulkifli. (2018). Akhlak Tasawwuf Jalan Meluruskan Diri. Kalimedia.

Downloads

Published

12-11-2023

How to Cite

Safitri, D., & Diana, R. R. (2023). Pendidikan Akhlak dalam Keluarga (Studi Kasus Pola Asuh Orang Tua dalam Internalisasi Akhlak Anak Usia Dini). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6439–6452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3655

Issue

Section

Articles