Penanaman Konsep Berhitung Anak melalui Permainan Pencocokkan Kepingan Buah

Eva Delfia(1Mail), Farida Mayar(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Eva Delfia

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.350

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-11-27
Published : 2019-12-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pelaksanaan permainan pencocokkan kepingan buah dalam menanamkan konsep berhitung kepada anak.Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Aktivitas dalam analisis datameliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini mengenai penerapan permainan pencocokkan kepingan buah dalam menanamkan konsep berhitung anak dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Membantu perkembangan kognitif anak dan mendorong pengembangan berbagai potensi intelektual seperti matematika yaitu kemampuan berhitung anak dalam mencocokkan, mengurutkan, membandingkan sehingga kemampuan berhitung berkembang secara optimal sesuai dengan tahap usia


Keywords


berhitung; permainan pencocokkan kepingan buah; taman kanak-kanak

References


Amaris, D. U., Rakimahwati, & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 8–17. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Fakhruddin, A. U. (2010). Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Jogjakarta:Bening.

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1), 2–20. https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3316

Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Inten, D. N., & Permatasari, A. N. (2019). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366–376. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188

Ismayani, A. (2010). Fun Math With Children. PT Elex Media: Jakarta.

Isnaningsih, A., & Rohman, A. (2019). Participation of Mothers Who Work in Religious Activities Towards Child Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.157

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283–293. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Mirawati. (2017). Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 1–8.

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222

Pradana, P. H. (2016). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal paud tambusai, 2(2), 18–25.

Reswita, & Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 43–51. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.927

Smith, S. S. (2009). Early Childhood Mathematics. Pearson: America.

Sujiono, Y. N. (2009). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Indek: Jakarta, 6(1), 56–67.

Suprapti, E. (2016). Peningkatan Pembelajaran Matetika Anak Usia Dini dengan Microsoft Powerpoint Ispring pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Pedagogi, 2(1), 27–33.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. (n.d.). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Waspodo, M. (2012). Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Guru PAUD. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1), 77–81.

Yanti, S. D., Turdjai, & Kurniah, N. (2017). Penerapan Metode Bermain Sensorimotor untuk Meningkatkan Kognitif dan Motorik Halus Anak (Studi Pada Anak Kelompok A1 PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 71–77.


Article Metrics

 Abstract Views : 41 times
 PDF Downloaded : 20 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.